Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEKHNIK MENJAHIT JARINGAN

TEKHNIK MENJAHIT JARINGAN

Ratings: (0)|Views: 992|Likes:
Published by fitria_ningsih66

More info:

Published by: fitria_ningsih66 on Dec 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
Medical Doctor | Minako Creation1
TEHNIK MENJAHIT JARINGAN
Author: Julian Mackay-Wiggan, MD; Chief Editor: Dirk M. Elston, MD. MEDSCAPETranslated By Fitria Ningsih, MD
OVERVIEW
Sebagai sebuah metode dalam penutupan luka, tehnik menjahit jaringan telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun saat ini, tehnik dan bahan dalam melakukan penjahitantelah mengalami perubahan, tujuan tindakan ini tetap sama yakni menutup ruang mati,mendukung dan memperkuat luka sampai terjadi penyembuhan dan meningkatkan kekuatankerenggangan luka sampai kira-kira mendapatkan hasil estetika dan fungsional yangmemuaskan, serta meminimalkan resiko perdarahan dan infeksi.Tehnik menjahit yang sesuai dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik dalampembedahan kulit. Hasil postoperasi dengan desain tertutup yang cantik dapatmembahayakan jika tehnik jahitan yang dipilih tidak benar atau jika jahitannya terlalu sedikit.Sebaliknya, jika jahitannya terlalu banyak juga tidak bisa dibenarkan. Selain itu, insisi yangkurang baik pada kulit dengan tujuan untuk meregangkan garis tegangan kulit danpengangkatan jaringan yang terlalu banyak serta perkiraan batas yang tidak adekuat dapatmembatasi tindakan ahli bedah dalam penutupan luka dan penjahitan. Pegang jaringan secarahati-hati dan lembut karena dapat mengoptimalkan penyembuhan luka.Pemilihan tehnik jahitan tergantung pada jenis dan lokasi anatomi luka, ketebalan kulit,derajat ketegangan, dan hasil kosmetik yang diinginkan. Penempatan jahitan yang baik membutuhkan perkiraan batas luka yang tepat, yang membantu meminimalkan danmenyebarkan tegangan kulit. Eversi luka penting dilakukan untuk memaksimalkan perkiraanbagian epidermal kulit. Eversi ini dilakukan untuk meminimalkan resiko pembentukan scarsekunder dan kontraksi jaringan selama penyembuhan. Biasanya, inversi tidak dilakukan danhal ini tidak menurunkan resiko hipertrofi scar pada pasien yang rentan dengan resiko ini.Eliminasi ruang mati, pemulihan bentuk anatomi alami, dan meminimalkan bekas jahitan juga penting dalam mengoptimalkan hasil kosmetik dan fungsional luka.Pada artikel ini, tehnik menjahit yang dipaparkan merupakan tehnik penjahitan padakulit. Selain itu, artikel ini juga menjelaskan mengenai tehnik penempatan jahitan, indikasipemilihan satu tehnik yang dibandingkan dengan tehnik lainnya, serta keuntungan dankerugian tiap jenis jahitan. Umumnya lebih dari satu jenis jahitan yang digunakan untuk penutupan luka. Setelah membaca artikel ini, pembaca akan memahami bagaimana danmengapa suatu tehnik jahitan dipilih dan pengetahuan metode dasar mengenai penempatantiap jahitan.
PRINSIP DASAR MENJAHIT JARINGAN
Beragam material benang dan needle telah tersedia saat ini. Pilihan benang dan needleini dibedakan berdasarkan lokasi lesi, ketebalan kulit, dan jumlah tegangan pada luka (dapatdibaca pada artikel pengenalan instrumen bedah minor dasar). Untuk semua jenis benang danneedle, tehnik pemegangan needle holder, pergerakan needle, dan penempatan jahitansemuanya sama.1.
 
Needle
 
Needle terdiri atas 3 bagian. Ujungnya berbentuk tajam dan berfungsi untuk penetrasi jaringan. Bodi merupakan bagian tengah needle. Bagian bawah merupakan bagianpaling tebal yang merupakan tempat menempelnya benang.
 
Pada pembedahan kulit, terdapat 2 jenis needle yang digunakan, yakni needle pemotongdan needle pemotong terbalik. Kedua jenis needle ini memiliki badan berbentuk segitiga. Needle pemotong memiliki batas tajam pada bagian dalam lengkungannya
 
Medical Doctor | Minako Creation2
yang berhubungan langsung ke batas luka. Needle pemotong terbalik, memiliki batastajam pada lengkungan luarnya yang berhubungan langsung dengan batas luka, yangmenurunkan resiko tarikan benang pada jaringan. Untuk alasan ini, needle pemotongterbalik lebih sering digunakan pada pembedahan kulit jika dibandingkan denganneedle pemotong. (Lihat Gambar di bawah)Gambar 1: Diagram Needle2.
 
Penempatan Jahitan
 
Needle holder digunakan untuk menggenggam pada bagian distal badan needle, dengan jarak ½ - ¾ dari ujung needle, tergantung pada kenyamanan dokter. Needle holderditekan dengan rapat sampai pada ratchet pertama. Needle holder jangan terlaludirapatkan terlalu kuat, oleh karena dapat merusak needle dan needle holdernya. Needledipegang secara vertikal dan longitudinal tegak lurus terhadap needle holder (lihatgambar di bawah).Gambar 2: Needle dipegang secara vertikal dan longitudinal tegak lurus terhadapneedle holder
Badan NeedleUjungNeedleBagian BawahNeedleMaterial Benang
 
Medical Doctor | Minako Creation3
 
Penempatan needle yang salah pada needle holder dapat menyebabkan needlemenekuk, susah dalam penetrasi kulit, serta sudut yang terbentuk saat penusukan jaringan tidak memuaskan. Needle holder digunakan dengan menggunakan ibu jari dan jari manis pada lubang handlenya dan dengan menempatkan jari telunjuk pada titik needle holder untuk mendapatkan stabilitas (lihat gambar di bawah). Peganganalternatif, needle holder dipegang dengan menggunakan telapak tangan untuk meningkatkan keterampilan (lihat gambar yang dibawahnya).Gambar 3: Needle holder dipegang dengan menggunakan ibu jari dan jari manis, dan jari telunjuk diletakkan pada titik istirahat instrumen.Gambar 4: Needle Holder dipegang dengan menggunakan telapak tangan, untuk meningkatkan keterampilan.
 
Saat penjahitan dilakukan, jaringan harus distabilisasi. Stabilisasi ini dapat mengunakanberagam alat misalnya klem jaringan baik yang bergigi maupun yang tidak atau skinhook yang dapat menggenggam jaringan dengan lembut. Pilihan penggunaan ini,tergantung pada kenyamanan dokter yang melakukan tindakan. Trauma yang besarharus bisa dihindari untuk mengurangi kemungkinan strangulasi jaringan atau nekrosis.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
arienofariyandi liked this
azis_fan liked this
223344okedeh liked this
Muhammad Hericos liked this
doktergigikoe liked this
Bowo New liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->