Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perdarahan & Perforasi Sinus-Makalah

Perdarahan & Perforasi Sinus-Makalah

Ratings: (0)|Views: 565 |Likes:
Published by Hendry C R Ulaen

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hendry C R Ulaen on Dec 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
1 |Page 
BAB IPENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Dalam prosedur Bedah mulut, kita bisa menemukan berbagai macam komplikasi yangdapat mengancam jiwa pasien jika tidak bisa kita tangani dengan baik. Komplikasi-komplikasiini dapat berupa fraktur, luka pada jaringan, dislokasi TMJ, emfisema, perdarahan, perforasisinus, kerusakan saraf, trismus, hematoma, ekimosis, edema, infeksi, dan lain-lain.Salah satu komplikasi yang mungkin dapat terjadi pasca ekstraksi gigi adalah perdarahan.Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa perdarahan pasca ekstraksi dapat terjadi karenafaktor lokal maupun karena faktor sistemik. Sebagai seorang dokter gigi, kita dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang memadai dalam melakukan pencegahan danpenatalaksanaannya.Komplikasi lainnya yang penting untuk kita ketahui adalah perforasi sinus sehinggaterbuka hubungan oroantral antara sinus dan rongga mulut. Dalam makalah ini kami akanmembahas mengenai kedua komplikasi ini, agar supaya kita bisa lebih waspada dan hati-hatidalam melakukan prosedur Bedah mulut, serta tahu cara penatalaksanaannya jika komplikasi initerjadi.
 
2 |Page 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Perdarahan (Hemorrhage)
Perdarahan merupakan komplikasi umum dalam bedah mulut dan dapat muncul saatpencabutan gigi yang simpel ataupun prosedur bedah lainnya. Dalam semua kasus, perdarahandapat dikarenakan trauma pembuluh darah di daerah tersebut seperti masalah-masalah yangberkaitan dengan pembekuan darah. Perdarahan ini muncul sebagai akibat cedera atauterpotongnya pembuluh darah alveolaris inferior atau arteri palatal.Perdarahan yang parah harusdipastikan melalui pengambilan riwayat medis secara menyeluruh dan perawatan harusdirencanakan sebelum prosedur pembedahan.
Perdarahan pasca ekstraksi umumnya disebabkan oleh faktor lokal, seperti :
- trauma yang berlebihan pada jaringan lunak - mukosa yang mengalami peradangan pada daerah ekstraksi- tidak dipatuhinya instruksi pasca ekstraksi oleh pasien- tindakan pasien seperti penekanan soket oleh lidah dan kebiasaan menghisap-hisap- kumur-kumur yang berlebihan- memakan makanan yang keras pada daerah ekstraksi
Faktor lokal
 Setelah tindakan ekstraksi gigi yang menimbulkan trauma pada pembuluh darah,hemostasis primer yang terjadi adalah pembentukan platelet plug (gumpalan darah) yangmeliputi luka, disebabkan karena adanya interaksi antara trombosit, faktor-faktor koagulasi dandinding pembuluh darah. Selain itu juga ada vasokonstriksi pembuluh darah. Luka ekstraksi jugamemicu clotting cascade dengan aktivasi thromboplastin, konversi dari prothrombin menjadithrombin, dan akhirnya membentuk deposisi fibrin.Perdarahan pasca ekstraksi gigi biasanya disebabkan oleh faktor lokal, tetapi kadangadanya perdarahan ini dapat menjadi tanda adanya penyakit hemoragik.
Beberapa penyakit sistemik yang mempengaruhi terjadinya perdarahan
 
1. Penyakit kardiovaskuler
Pada penyakit kardiovaskuler, denyut nadi pasien meningkat, tekanan darah pasien naik menyebabkan bekuan darah yang sudah terbentuk terdorong sehingga terjadi perdarahan.
 
3 |Page 
2. Hipertensi
 Bila anestesi lokal yang kita gunakan mengandung vasokonstriktor, pembuluh darah akanmenyempit menyebabkan tekanan darah meningkat, pembuluh darah kecil akan pecah, sehinggaterjadi perdarahan. Apabila kita menggunakan anestesi lokal yang tidak mengandungvasokonstriktor, darah dapat tetap mengalir sehingga terjadi perdarahan pasca ekstraksi.Penting juga ditanyakan kepada pasien apakah dia mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti obatantihipertensi, obat-obat pengencer darah, dan obat-obatan lain karena juga dapat menyebabkanperdarahan.
3. Hemofilli
Pada pasien hemofilli A (hemofilli klasik) ditemukan defisiensi factor VIII. Pada hemofilli B
(penyakit Christmas) terdapat defisiensi faktor IX. Sedangkan pada von Willebrand’s disease
terjadi kegagalan pembentukan platelet, tetapi penyakit ini jarang ditemukan.
4. Diabetes Mellitus
 Bila DM tidak terkontrol, akan terjadi gangguan sirkulasi perifer, sehingga penyembuhan lukaakan berjalan lambat, fagositosis terganggu, PMN akan menurun, diapedesis dan kemotaksis juga terganggu karena hiperglikemia sehingga terjadi infeksi yang memudahkan terjadinyaperdarahan.
5. Malfungsi Adrenal
 Ditandai dengan pembentukan glukokortikoid berlebihan (Sindroma Cushing) sehinggamenyebabkan diabetes dan hipertensi.
6. Pemakaian obat antikoagulan
Pada pasien yang mengkonsumsi antikoagulan (heparin dan walfarin) menyebabkan PT danAPTT memanjang. Perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan internist untuk mengaturpenghentian obat-obatan sebelum pencabutan gigi.Jika terjadi perdarahan, maka ada beberapa golongan obat-obatan dan hal-hal yang perluuntuk diingat dan diperhatikan, antara lain :1.
 
Antikoagulan. Beberapa pasien menggunakan obat antikoagulan karena berbagai alas an;pada wanita muda untuk thrombosis vena dalam yang berulang, pria usia pertengahanuntuk infark miokardium atau penggantian katup jantung, orang tua untuk menghindaristroke. Periksa riwayatnya.2.
 
Aspirin adalah antikoagulan ringan. Beberapa pasien mendapat dosis aspirin yang teraturuntuk mengurangi agregasi platelet dan menghindari thrombosis. Dosis ini demikiankecil sehingga tidak membuat perbedaan yang nyata pada pendarahan dari lesi di dalammulut. Contohnya, dosis besar yang diberikan pada penderita arthritis rumatoid, akanmemberikan efek yang nyata dalam memperpanjang waktu bekuan. Pasien yang

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahmatul Aini liked this
Ima Diah liked this
Slvn liked this
Slvn liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->