Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pengelolaan Pendidikan

Makalah Pengelolaan Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 606 |Likes:

More info:

Published by: Pradikta Selallu Damierr on Dec 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2012

pdf

text

original

 
BAB IPendahuluan1.1
 
Latar Belakang
Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yangsecara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan.Hal tersebut lebih terasa lagi dalam implementasi Manajemen BerbasisSekolah (MBS) yang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkanpengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah.Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaanmerupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan. Komponen keuangan danpembiayaan pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yangmenentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar di sekolah bersamadengan komponen-komponen yang lain. Dengan kata lain setiap kegiatanyang dilakukan sekolah memerlukan biaya, baik itu disadari maupun yangtidak disadari. Komponen keuangan dan pembiayaan ini perlu dikelolasebaik-baiknya, agar dana-dana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimaluntuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Hal ini penting, terutamadalam rangka MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), yang memberikankewenangan kepada sekolah untuk mencari dan memanfaatkan berbagaisumber dana sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah karena padaumumnya dunia pendidikan selalu dihadapkan pada masalah keterbatasandana, apa lagi dalm kondisi krisis pada sekarang ini.Sekolah adalah lembaga formal yang dibuat pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat. Program sekolah hanya dapat berjalanlancar apabila mendapat dukungan masyarakat. Oleh karena itu pimpinansekolah perlu terus menerus membina hubungan yang baik antara sekolah danmasyarakat. Sekolah perlu banyak memberi informasi kepada masyarakattentang program-prgoram dan problem-problem yang dihadapi agar
 
masyarakat mengetahui dan memahami masalah-masalah yang dihadapisekolah. Dari pemahaman dan pengertian ini dapat dihadapkan adanya umpanbalik yang sangat berguna bagi pengembangan program sekolah lebih lanjutdan diharapkan pula tumbuhnya rasa simpati masyarakat terhadap program-program sekolah, yang dapat mengundang partisipasi yang aktif masyarakat.Kebijakan Direktur Pendidikan Menengah Umum tentang ManajemenPeningkatan Mutu Berbasis Sekolah menekankan agar sekolah mampumengkoordinasikan dan menyerasikan segala sumber daya yang adadisekolah dan di luar sekolah untuk mewujudkan sekolah yang bermutu.Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kesiapan dan kemampuan agar bisamemberdayakan semua komponen di sekolah dan di luar sekolah agarberpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaraan pendidikan.
1.2
 
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, perencanaan dalammanajemen keuangan dan humas sangat dibutuhkan demi kelancaran kegiatansuatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.Fokus dari penelitian ini adalah :a.
 
Bagaimanakah sekolah mampu menggunakan dana yang tersediasesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan demi mencapai tujuanpendidikan ?b.
 
Bagaimana keterkaitan hubungan pihak sekolah dengan masyarakatuntuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif?
1.3
 
Tujuan
Berdasarkan perumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitian iniyaitu :1.
 
Mengetahui mengenai proses perencanaan keuangan sekolah agarsesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah demimeningkatkan mutu pendidikan sekolah tersebut, dan sesuai dengan
 
manajemen berbasis sekolah dan tidak adanya penyelewengan danaoleh pihak-pihan yang tidak bertanggungjawab.2.
 
Untuk Mengetahui Upaya dan hasil pelaksanaan Manajemen Humasdalam membangun hubungan antara pihak sekolah denganMasyarakat.
1.4
 
Metode
Metode yang akan kita gunakan adalah metode observasi dan studiliterature. Dalam metode ini kita terjun langsung ke sekolah yang akan diobservasi untuk mengetahui apa dan bagaimana perkembangan tentangmanajemen keuangan dan humas di sekolah tersebut. Selain observasi Kitapun mencari bahan di beberapa studi literature yang lainnya.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->