Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PGL1

PGL1

Ratings: (0)|Views: 290|Likes:
Materi ini merupakan revisi dari materi persamaan garis lurus sebelumnya yang diambil dari sumber BSE karya Nuniek Avianti Agus.
Materi ini merupakan revisi dari materi persamaan garis lurus sebelumnya yang diambil dari sumber BSE karya Nuniek Avianti Agus.

More info:

Published by: Asma' Khalifah Al-Khaulah on Dec 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/06/2012

pdf

text

original

 
1. Koordinat Cartesius
Perhatikan gambar di bawah ini dengan cermat. Gambar tersebut merupakan bidangkoordinat Cartesius. Dalam bidang koordinat Cartesius terdapat dua sumbu utama, yaitusumbu mendatar yang biasa kita sebut dengan sumbu-x dan sumbu vertikal yang biasa kitasebut dengan sumbu-y. Kemudian titik potong antara kedua sumbu tersebut kita namakan titik asal koordinat O (0,0).
a. Menggambar Titik pada Koordinat Cartesius
Setiap titik yang terdapat pada bidang koordinat terdiri dari nilai yang terdapat padasumbu-x dan sumbu-y. Penulisan titik ini selalu berurutan setelah nilai x (
absis
) barulahditulis nilai y (
ordinat 
) nya. Bentuk penulisan titik pada bidang koordinat, misal A (4,3)Pada gambar bidang koordinat Cartesius di bawah ini, terlihat ada 6 buah titik koordinat. Sesuai dengan aturan penulisan titik koordinat maka penulisan keenam titik tersebut adalah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
xy
 
 
b. Menggambar Garis pada Koordinat Cartesius
Sekarang kita akan menggambar garis lurus pada bidang yang sama. Perhatikangambar di bawah ini.Yang perlu diperhatikan adalah bahwa garis lurus merupakan kumpulan titik-titik yangletaknya sejajar.. Dari Gambar 3.3(a), dapat dilihat bahwa titik-titik 
 A, B, C, D,
dan
 E 
memiliki letak yang sejajar dengan suatu garis lurus, misalkan garis
a,
seperti yangdigambarkan pada Gambar 3.3(b). Syarat terbentuknya sebuah garis lurus pada bidangkoordinat Cartesius adalah dibutuhkan sedikitnya dua titik.
(a) (b)xxyy

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->