Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENYESUAIAN SIKLUS AKUNTANSI

PENYESUAIAN SIKLUS AKUNTANSI

Ratings: (0)|Views: 117 |Likes:
Published by Iptha Anjhanie

More info:

Published by: Iptha Anjhanie on Dec 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2012

pdf

text

original

 
Kolom-kolom penyesuaian
Penyesuaian yg di jelaskan dan di diilustrasikan untuk netsolution pada bab 3 di masukan kekolom penyrsuaian seperti diperlihatkan pada tampilan 3 .Acuan silang dengan menggunakan huruf atas debit dan kredit untuk setiap penyesuaian akanbermanfaat dalam mengkaji ulan g neraca lajur tersebut .Sebagai penyegar ingatan , ayat2 jurnal pada kolom penyesuaian ke neraca lajur tersebutadalah :
 
PERLENGKAPAN
: akun perlengkapan mempunyai saldo debit sebesar$2.000 .biaya atau harga perolehan perlengkapan yang dimiliki pada akhir periodeadalah $760 . karena itu beben perlengkapan untuk bulan desember adalahselisih diantara dua jumlah tsb .
 
ASURANSI DI BAYAR DIMUKA
: akun asuransi dibayar dimuka meliki debitsebesar $2.500 yang merupakan uang muka asuransi selam 4bulan di mulai sejak1 desember .
 
SEWA DITERIMA DIMUKA : akun sewa diterima dimuka mempunyai saldo kreditsebesar $350 yang merupakan penerimaan sewa selama tiga bulan desember .
 
UPAH
: upah akrual upah yang telah timbul sejalan dengan berlalunya waktu.tetapi belum dibayarakan pada akhir desember berjumlah $250 ini merupakanpertambahan beban dan kewajiban .
 
PENDAPATAN JASA AKRURAL
: pendapatan jasa akrural pada akhir deseber yangbelum dicatat sejumlah $500 .ini merupakan pertambahan asset dan jugapendapatan
 
 
PENYUSUTAN
: penyusutan peralatan kantor berjumlah $50 pada bulandesember. Masukan penyesuaian dengan mencatat (1) $50 pada kolom debitpenyesuaian pada garis beben penyesuaian dan .Kolom-kolom neraca saldo yang disesuaikan .Data penyesuiaian di tambahkan atau dikurangkan dari jumlah yang di dapat padakolom neraca saldo yang disesuaikan .jumlah-jumlah yang telah disesuaiaikan dicantumkanpada kolom neraca saldo yang disesuaiakan , seperti pada tampilan 3. Misalnya jumlah kassebesar $2.065 dicantumkan kembali pada debit neracda saldo yang disesuaikan , karena tidakada yng penyesuaian yang mengurangi kas . piutang usaha pada awalnya mempunyai saldosebesar $2.220 dan terdapat penyesuaian kenaikan sebesar $500 . jumlah yang akan di catatseperti saldo debit pada kolom debit neraca saldo yang disesuaikan menjadi$2.720 . proseduryang sama dilakukan hingga seluruh saldo yang ada dicatat dengan benar kelolom neraca saldoyang disesuaikan . jumlah kan kolom neraca saldo yang disesuaikan untuk memeriksa kesamaandebit dan kredit .Kolom-kolom laporan laba rugi dan neraca saldo .Neraca lajur disesuaikan dengan meneruskan jumlah-jumlah pada neraca saldo yangdisesuaikan ke kolom-kolom laporan laba rugi dan neraca. Jumlah-jumlah untuk pendapatandan beben diteruskan ke kolom laporan labar rugi . jumlah-jumlah untuk aset, kewajiban,modal pemilik dan penarikan diteruskan ke kolom neraca .Dalam neraca lajur netsolution , akun yang dicantumkan paling awal adalah kas, dansaldo kas diperhatikan dalam kolom debit neraca saldo yang disesuIKn sebesar $2.065 . kasmempengaruhi asset sehingga dimasukan di neraca dan saldo nya terdapat disisi debit karenaitu jumlah $2.065 tsb diteruskan ke kolom debit neraca . saldo pendapatan jasa terbesar$16.840 diteruskan ke kolom kredit laporan laba rugi prosedur yang tepat diperhatikan padatampilan 4 .
 
Setelah semua saldo diteruskan kedalam keempat kolom laporan tersebut , jumlahkan masing-masing kolom pada tampilan 5 . selisih diantara penjumlahahn kedua kolomlaporan laba rugi merupakan laba atau rugi bersih untuk periode tersebut . begitu juga selisihdiantara hasil penjumlahan kedua kolom neraca merupakan laba atau rugi bersih dalamperiode bersangkutan .
MENJURNAL DAN MEMPOSTING AYAT JURNAL PENUTUP .
Ada empat jurnal ayat penutup yang diperlukan pada akhir periode akuntansi sepertidiperlihatkan pada tampilan 8 . nama-nama akun serta saldonya yang dilakukan untukpembuatan ayat jurnal ini bisa diperoleh dari neraca lajur, laporan laba rugi serta laporanekuitas pemilk, atau dari buku besar. Jika neraca lajur digunakan, data untuk kedua ayat jurnalpertama terdapat pada kolom Laporan Laba Rugi. Jumlah untuk ayat jurnal keempat adalahsaldo dari akun penarikan yang terdapat pada kolom Debit Neraca dalam neraca lajur.Bagan arus untuk ayat jurnal penutup NetSolutions diperlihatkan pada Tampilan9. Saldoakun tersebut sama dengan jurnal yang tercantum pada kolom Neraca Saldo yang Disesuaikandari neraca lajur di Tampilan 3.Ayat jurnal penutup untuk NetSolutions diperlihatkan pada Tampilan 10. Setelah ayat jurnal penutup diposting ke buku besar, seperti pada Tampilan 11, saldo akun modal akan samadengan jumlah yang dilaporkan pada laporan ekuitas pemilik dan neraca. Di samping itu, akunpendapatan, beban, dan penarikan akan mempunyai saldo nol.Setelah ayat jurnal penyesuaiandiposting ke buku besar NetSolutions, yang dilaporkan pada Tampilan 11 ( di halaman 167-172), buku besar akan sesuai dengan data yang dilaporkan pada laporan keuangan. Saldo akunyang tercantum di neraca dibawa terus dari tahun ke tahun. Karena akun-akun tersebut relativepermanen, maka hal itu disebut
akun riil
( real accounts ). Saldo akun yang tercantum padalaporan laba rugi tidak diakumulasikan dari tahun ke tahun. Begitu juga saldo akun penarikanpemilik yang dilaporkan pada laporan ekuitas pemilik, tidak dibawa ke periode berikutnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->