Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hubungan Iman Kristen Dengan Kesehatan Jasmani

Hubungan Iman Kristen Dengan Kesehatan Jasmani

Ratings: (0)|Views: 185 |Likes:
http://gnibot.blogspot.com
http://gnibot.blogspot.com

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Rikardo Ladesman Lumbantobing on Dec 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Dalam penelitian yang pernah dilakukan di Amerika serikat, orang Amerikatelah mengenal adanya kuasa kesembuhan oleh iman dan doa. Faktanya, 82persen dari orang Amerika percaya dengan adanya kuasa kesembuhan oleh doa,64 persen percaya seorang dokter harus berdoa untuk pasien yang memintanya,dan 63 persen pasien ingin dokternya berdiskusi mengenai iman untuk kesembuhannya. Hampir 99 persen dokter di Amerika Serikat mengakui bahwakehidupan iman dapat berkontribusi positif pada proses
 penyembuhan
.
1
 Iman adalah faktor yang terlupakan oleh penyedia layanan kesehatan danmelimpahkannya kepada para pemuka agama. Syukurlah hal ini telah mulaiberubah, para ilmuwan mulai melihat adanya suatu hubungan yang erat denganTuhan dapat menolong seseorang untuk mengalami kesembuhan.
1
 Menurut penelitian, iman dapat meningkatkan sistem imun, mempercepatproses
 penyembuhan
, mengurangi komplikasi penyakit, dan lain sebagainya.Revolusi ini berpengaruh pada bagaimana pelayanan kesehatan yang diterima olehmasyarakat, pelatihan dokter, dan bagaimana isu spiritual dimasukkan pada prosespenyembuhan.
1
 Iman Kristen adalah iman yang berlandaskan kasih. Kita mengasihi karenaAllah terlebih dahulu mengasihi manusia. Walaupun demikian, kasih Allahtersebut bukan hanya untuk orang Kristen saja, melainkan untuk semua orang.
2
 Dengan adanya iman, orang Kristen tidak bisa disamakan begitu saja denganorang yang tidak beriman. Seseorang yang benar-benar mengasihi Allah harusmelakukan apa yang seturut dengan kehendak Allah (Yoh. 14:15).Kesehatan adalah salah satu bukti bahwa manusia mengasihi dirinya sendiri.Di dalam Alkitab, kata
sehat 
ini diulang dalam 37 ayat yang berbeda. Walaupunhanya diulang sedikit saja, bukan berarti kesehatan tidak begitu penting bagiorang Kristen. Di dalam ke-37 ayat tersebut bahkan ditekankan pentingnyakesehatan tubuh, jiwa, dan roh manusia sebagai suatu kesatuan yang utuh.
 
2
Seperti halnya iman, kesehatan itu sendiri adalah karunia. Setiap orangberiman yang diberi kesehatan oleh Tuhan, tidak boleh memegahkan diri. Karenaitu bukanlah hasil usaha kita, melainkan karunia dari Tuhan (Ef. 2:9). Akan tetapibukan berarti dengan demikian orang Kristen tidak boleh berusaha, hanyaberharap saja, serta meminta kesehatan jatuh dari langit, padahal ada tertulis, imantanpa perbuatan adalah mati (Yak. 2:17; 2:26).
3
Kesehatan tubuh manusia, sepertihalnya keselamatan, adalah janji Tuhan bagi setiap orang yang benar-benarmampu mengasihi (1 Kor 2:9).Tuhan Yesus Kristus mengajarkan tiga jenis kasih yang harus dilakukanoleh orang percaya, yakni mengasihi Tuhan Allah, mengasihi diri sendiri, danmengasihi sesama manusia (Mat. 22:38-40). Maka dari itu makalah ini akandisusun bertolak dari hukum kasih ini. Makalah ini akan membahas hubunganiman Kristen, yang didasari oleh kasih, dengan kesehatan jasmani.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti darisegala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibr. 11:1). Iman Kristen bukan didasarkanoleh ketakutan terhadap segala sesuatu yang ada di hadapan manusia, melainkandidasarkan oleh kasih Tuhan kepada manusia.
4
 Bila kita beriman kepada Yesus Kristus, maka kita harus mengasihi diri,orang lain, masyarakat dan dunia (Mat. 22:38-40). Kasih Allah yang kita respon,diwujudkan dengan iman dan harus mewujud nyata dalam segala aspek hidupkita. Ukuran kasih kita kepada Allah menjadi tolok ukur kita untuk mengasihisesama.
2
 Buklet yang diterbitkan oleh U.S.Department of Health and Human Servicesmenyebutkan beberapa hal yang dapat dilakukan setiap orang untuk tetap sehat.Beberapa hal diantaranya antara lain adalah dengan cara mengontrol berat badan,mengurangi konsumsi produk-produk yang dapat meningkatkan risiko penyakitkronis, makan secukupnya, olahraga teratur, menghindari tempat-tempatberbahaya untuk mencegah cedera, menggunakan obat-obatan dengan benar, dll.
6
 Dalam kesemua syarat tersebut, jelas terkandung prinsip-prinsip kesehatansebagai bukti iman atas dasar kasih manusia kepada Allah, dirinya sendiri, dansesamanya.
1.
 
Kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih kepada Allah
Salah satu ayat yang penting dalam membahas pentingnya kasih kepadaAllah dalam hubungannya dengan kesehatan jasmani terlihat pada 2 Tawarikh16:12. Ilmu
 pengobatan
merupakan karunia Allah, namun hanya Allah sendiri,sebagai Pencipta obat, yang dapat memberikan kesembuhan.
7
Tuhan tidak inginmanusia mengandalkan pikirannya sendiri, Tuhan mau agar manusia hidup selalubersandar kepadaNya (Mzm 40:5).

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mona Fatia liked this
Andris Tapa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->