Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tenis meja

tenis meja

Ratings: (0)|Views: 447 |Likes:
Published by Ahmad Subbanul
sejarah tenis meja indonesia
sejarah tenis meja indonesia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ahmad Subbanul on Dec 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2013

pdf

text

original

 
Terdapat berbagai jenis permainan yang menggunakan raket yang dimainkandewasa ini dan tenis merupakan salah satu permainan yang paling disukai.Menurut beberapa catatan sejarah, permainan menggunakan bola dan raketsudah dimainkan sejak sebelum Masehi, yaitu di Mesir dan Yunani. Pada abadke-11 sejenis permainan yang disebut jeu de paume, yang menyerupaipermainan tenis kini, telah dimainkan untuk pertama kali di sebuah kawasandi Perancis. Bola yang digunakan dibalut dengan benang berbulu sedangkanpemukulnya hanyalah tangan.Permainan ini kemudian diperkenalkan ke Italia dan Inggris pada abad ke-13dan mendapat sambutan hangat dalam waktu yang singkat. Banyak peminatnyaternyata di antara rakyat setempat terhadap permainan ini. Sejak ituperkembangan tenis terus meningkat ke negara-negara Eropa yang lain.Raket bersenar diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15 oleh Antonio daScalo, seorang pastur berbangsa Italia. Ia menulis aturan umum bagi semuapermainan yang menggunakan bola, termasuk tenis. Majalah Inggris "SportingMagazine" menamakan permainan ini sebagai 'tenis lapangan' (lawn tennis).Dalam buku "Book of Games And Sports", yang diterbitkan dalam tahun 1801,disebut sebagai "tenis panjang". Tenis pada mulanya merupakan permainanmasyarakat kelas atas. Tenis lapangan rumput yang terkenal di zaman RatuVictoria lalu ditiru oleh golongan menengah, yang menjadikannya sebagaipermainan biasa.
SEJARAH TENIS MEJASEJARAH INTERNASIONALPermainan tenis meja mulanya dikenal sebagai hiburan ringan bagimasyarakat.namun dari mana asal permainan ini kapan dan siapa yang mula-mulamenciptakannya, diperoleh keterangan dari beberapa sumbr sebagai berikut :1.Pada zaman purbakala, di Iran permainan ini menggunakan kayu untuk memukul bola dari usus binatang yang di isi angin.2.Bangsa Prancis pada abad ke XII, bolanya terbuat dari kertas diktat dan dipukuldengan tangan.3.Bangsa India, menggunakan bola bersayap bulu dan pemukulnya kayu yangdibungkus dengan kulit binatang menjangan.4.Beberapa sumber mengatakan bahwa permainan ini berasal dari inggris.berasaldari permainan tenis kuno pada abad pertengahan seperti ’gossima dan whiff whaff” dikembangkan oleh angkatan bersejata Inggris yang berkedudukan diIndia sebagai rekreasi di waktu senggang. Meja yang di gunakan belum adaukuran dan net terbuat dari tali sepatu boat, alat pemukulnya terbuat dari serpihankayu yang menyerupai raket seperti yang di gunakan untuk bermain tenis.5.Pada abad ke 19 sudah digemari di Inggris dan Eropa. Di Amerika serikat sudahmulai banyak dilakukan. Pada waktu di beri nama “gossima” atau “ping-pong”.
 
Pada tahun 1990 permainan tenis meja disempurnakan oleh negara-negara EropaBarat. Permainan ini menjadi popular pada tahun 1905 E.C. Goode dari Londonmemperkenalkan raket dengan permukaan karet. Tanggal 15 januari 1926 atas perkasaDr. Georg Lehnman dari Jerman di bentuk satu organisasi tenis meja tingkat internasionaldengan singkatan ITTF (International Table Tennis Federation) dengan presiden nya HonIvor Montagu dari Inggris. Negara –negara anggotanya pada waktu itu adalah :1.Inggris.2.Jerman3.Polandia4.Perancis5.Cekoslavia6.Swedia7.India8.JepangPada tahun (1926) diadakan kejuaraan Eropa bertempat di Memorial Hall Street dengan peserta :1.Austria2.Cekoslowakia3.Denmar4.Inggris5.Jerman6.Hungaria7.India8.Swedia9.WalesTanggal 12 Desember 1926 negara-negara Eropa dianggap atau dijadikan sebagaikejuaraan dunia pertama. Tahun 1939 terdaftar 28 Asosiasi/Negara sebagai anggotaITTF. Selajutnya kejuaraan dunia diadakan setahun sekali hingga ke 13 tahun 1938,sampai tahun 1945 tidak dapat di lanjutkan karna perang dunia. Baru pada tahun 1946kejuaraan dunia yang ke 14 di Paris (Perancis) sampai 1955. Sejak itu terjadi perubahanmenjadi 2 tahun sekali hingga ke 41 tahun 1991 di Chiba, Jepang. Pada tahun 1991
 
terjadi perubahan dalam system pertandingan untuk beregu putra yang biasanyamempertandingan 9 partai menjadi 5 partai. Rencana perubahanya sendiri dilakukan padatahun 1989, yaitu pada kongres ITTF, setelah final kejuaraan dunia pada waktu itu antaracina dan Swedia yang berlansung hamper 6 jam.
SEJARAH TENIS MEJA DI ASIA
 Permainan tenis meja memasuki asia melalui RRC, Jepang dan Korea. Permainan inimasuk ke asia selain India tahun 1910. Namun usaha – usaha terorganisir untuk memperkokoh kepentingan tenis meja baru berakar pada waktu diselenggarakannyakejuaraan dunia di Bombai pada bulan februari tahun 1952. Negara – Negara asiamemutuskan untuk membentuk Federasi Tenis Meja Asia yang dalam bahasa inggrislebih dikenal dengan The Table Federation of Asia. Federasi ini telah menyelenggarakandengan sukses 10n kejuaraan Asis yaitu :
Ke 1 di singapura tahun 1952
Ke 2 di Tokyo tahun 1953
Ke 3 di singapura tahun 1954
Ke 4 di manila tahun 1957
Ke 5 di Bombay tahun 1960
Ke 6 di manila tahun 1963
Ke 7 di seoul tahun 1964
Ke 8 di singapura tahun 1967
Ke 9 dijakarta tahun 1069
Ke 10 di Nagoya tahun 1970Pada bulan maret 1972 perwakilan dari asosiai tenis meja cina, DPR Korea dan jepang bertemu khusus untuk mengamil inisiatif mengadakan pertemuan pendahuluandilakukan dan dihadiri oleh delegasi dari 16 negara yaitu : kamboja, Cina, DPR Korea,Iran, Irak, Jepang, Kuwait, Lebanon, Malaysia, Nepal, Pkistan, palestina, singapura,srilanka, siria dan Vietnam.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
murianda liked this
Feroy Feriyanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->