Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
artikel bawang putih

artikel bawang putih

Ratings: (0)|Views: 2,126|Likes:
Published by Echa Herma

More info:

Published by: Echa Herma on Dec 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/15/2014

pdf

text

original

 
ILMU BAHAN MAKANANArtikel Umbi : Bawang Putih
Dosen Pembimbing : Fitriyono Ayustaningwarno S.TP, M.SiDisusun oleh :
Eka Hermawati(22030111120016
Program Studi Ilmu GiziFakultas Kedokteran Universitas Diponegoro SemarangTahun Ajaran 2011/2012
 
BAWANG PUTIH
ASAL USUL dan PENYEBARAN BAWANG PUTIH
Bawang putih berasal dari kata gar dan lic.Gar berasal dari Inggris Kunoyang artinya adalah tombak atau ujung tombak,sedangkan lic berarti umbi ataubakung.Garlic sendiri dinamakan
 Allium sativum.
Kata tersebut berasal dari kataAll yang dalam bahasa Celtic berarti bau tak sedap
(smelly),
sedangkan sativumberate tumbuh
(grown,cultivated)
.
[1]
Botani bawang putih sendiri mempunyai nama latin
 Alliumsativum
.
Sativum
yang berarti dibudayakan ,karena
allium
yang satu itu didugamerupakan keturunan dari bawang liar 
 Allium longicurpis
Regel.Keluarga ataugenus
 Allium
yang sebenarnya ada sekitar 500 jenis dan lebih dari 250 jenislainnya adalah termasuk bawang-bawangan.
 Allium sativum L.
termasuk familydari
 Amaryllidaceae
, yang termasuk dalam golonganSpermatophyta,subgolongannya adalah Angiospermae,ordo dari Lilliflorae, dandidalam kelas Monocotyldone(tanaman yang berkeping satu).
[4]
Bawang putih diperkirakan berasal dari Kirgiz yang berada di daerahpadang pasir Siberia.
[2]
Namun banyak sumber yang berpendapat bahwabawang putih berasal dari Asia Tengah (daerah yang beriklim sedang) kemudiantersebar ke daerah-daerah Laut Tengah dan Negara-negara disekitarnya.
[3]
Tepatnya pada tahun 1665,terjadi wabah pes di Inggris dan mewabah sampaike beberapa Negara-negara Eropa.Dan menurut catatan sejarah, bawangputihlah yang bisa mengobatinya.Lalu pada masa Perang Dunia I maupunPerang Dunia II,bawang putih menjadi obat yang sangat penting saat itu.Dibangsa Roma sendiri, bawang putih dipercaya sebagai sumber kekuatan.Hyppocrates sendiri yang hidup selama 460 tahun SebelumMasehi(SM), memandang bahwa bawang putih dijadikan sebagai obatperangsang perspirasi untuk obat laksatif dan pelancar pengeluaran air seniyang manjur.Didalam catatan sejaarah Mesir Kuno yaitu sekitar 5000-6000 tahunyang lalu digunakan para budak pembuat Sphynx sebagai daya tahan tubuhmereka
.[2]
Di China sendiri,bawang putih merupakan komponen kunci padamakanan oriental.Didalam dunia kedokteran tradisional China sendiri, bawangputih merupakan bahan obat-obatan yang kompleks atau harus ada.Umur panjang rakyat China sendiri dipercaya karena khasiat bawang putih.
[1]
 
Di Indonesia, penyebaran bawang putih berawal dari pedagang China danArab yang membawa ke Indonesia.Seiring jalannya waktu, bawang putihsemakin akrab dimata rakyat Indonesia karena sudah sampai maramah kedaerah pedalaman.
[4]
Di berbagai daerah di Indonesia, bawang putihmempunyai beberapa nama sebutan.
[2]SOSOK DARI BAWANG PUTIH
Bawang putih ditemukan dalam bentuk terna(bergerombol), tumbuh tegak,dan bias mencapai ketinggian hingga 30-60 cm
[4]
dan membentuk rumpun
.[2]
Sistem perakaranya yang serabut dan juga tidak panjang serta tidak terlaludalam berada di dalam tanah.Bawang putih tidak tahan dalam kekeringan karenasistem perakaran yang sedemikian rupa tersebut.
[2]
 Berikut bagian-bagian dari tanaman bawang putih:
Daun
Daun dari bawang putih berbentuk pipih,kecil,rata,tidak berlubang, danagak melipat kedalam. Struktur daunnya agak malipat kedalam(ke arah panjangatau membujur) dan dapat membentuk sudut di permukaan bawahnya. Jumlahdaunnya sendiri lebih dari 10 helai.Daun bawang putih tidak seperti pada jenisbawang yang lain, perbedaannya pangkal daun bawang putih tidak menyimpanmakanan, tetapi berbentuk sisik-sisik yang mongering dan menipis jika umur bawang putih sudah dewasa.Pelepah daunnya sendiri,kebanyakan berbentukpanjang sampai kedalam tanah yang pada dasarnya itu adalah kelopakdaunnya.Pelepah atau kelopak daunnya ini sangat tipis namun kuat, yangberfungsi untuk membungkus kelopak daun yang lebih muda yang berada tepatdibawahnya, sehingga hal tersebut dapat membentuk batang semu yangpanjang.
[4]Batang
Batang dari bawang putih merupakan batang semu yang panjang(bisamencapai 30 cm) dan batangnya tersebut tersusun dari pelepah daun yang tipisnamun kuat.Seperti yang sudah diketahui bahwa pelepah daun bawang putihmerupakan kelopak daunnya juga, kelopak ini dapat membungkus kelopak-kelopak daun yang lain yang lebih muda yang berada dibawahnya hingga pusatbatang pokok dan membentuk batang semu yang muncul keluar tanah.Batangpokok dari bawang putih,sebenarnya merupakan batng pokok yang tidaksempurna(rundimeter) dengan pangkal atau bagian dasarnya yang menyerupaibentuk cakram.
[4]

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ayu Jembar Sari liked this
Cuya Pumpunk liked this
Ramadhan Fachri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->