Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No 12 Tahun 1992 Sistem Budidaya Tanaman

UU No 12 Tahun 1992 Sistem Budidaya Tanaman

Ratings: (0)|Views: 213|Likes:
Published by Tolib Sutrisno
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 12 TAHUN 1992
TENTANG
SISTEM BUDIDAYA TANAMAN
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 12 TAHUN 1992
TENTANG
SISTEM BUDIDAYA TANAMAN

More info:

Published by: Tolib Sutrisno on Dec 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2011

pdf

text

original

 
 
1
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 12 TAHUN 1992TENTANGSISTEM BUDIDAYA TANAMANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa sumber daya alam nabati yang jenisnya beranekaragam dan mempunyai peranan penting bagi kehidupanadalah karunia Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena ituperlu dikelola dan dimanfaatkan secara lestari, selaras,serasi dan seimbang bagi sebesar-besar kemakmuranrakyat;b.
 
bahwa sistem pembangunan yang berkelanjutan danberwawasan lingkungan perlu ditumbuhkembangkandalam pembangunan pertanian secara menyeluruh danterpadu;c.
 
bahwa pertanian maju, efisien dan tangguh mempunyaiperanan yang penting dalam pencapaian tujuanpembangunan nasional, yaitu terciptanya masyarakat adildan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-UndangDasar 1945;d.
 
bahwa sistem budidaya tanaman yang merupakan bagiandari pertanian perlu dikembangkan sejalan denganpeningkatan kualitas sumber daya manusia untukmewujudkan pertanian maju, efisien, dan tangguh;e.
 
bahwa peraturan perundang-undangan yang saat ini masihberlaku, baik yang merupakan produk hukum warisanPemerintah kolonial maupun produk hukum nasional,sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan hukum dankepentingan nasional sehingga perlu dicabut;f.
 
bahwa sehubungan dengan hal-hal tersebut di atasdipandang perlu menetapkan ketentuan tentang sistembudidaya tanaman dalam suatu Undang-undang;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2), Pasal 20 ayat (1), dan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945;2.
 
Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang PeraturanDasar Pokok-pokok Agraria (Lembaran Negara Tahun 1960Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2043);
 
 
2
3.
 
Undang-undang Nomor 5 Tahun 1967 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kehutanan (Lembaran Negara Tahun1967 Nomor 8, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2823);4.
 
Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokokPemerintahan Di Daerah (Lembaran Negara Tahun 1974Nomor 38, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3037);5.
 
Undang-undang Nomor 11 Tahun 1974 tentang Pengairan(Lembaran Negara Tahun 1974 Nomor 65, TambahanLembaran Negara Nomor 3046);6.
 
Undang-undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup(Lembaran Negara Tahun 1982 Nomor 12, TambahanLembaran Negara Nomor 3215);7.
 
Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang KonservasiSumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (LembaranNegara Tahun 1990 Nomor 49, Tambahan LembaranNegara Nomor 3419);Dengan persetujuanDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG SISTEM BUDIDAYATANAMAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 11.
 
Sistem budidaya tanaman adalah sistem pengembangan danpemanfaatan sumber daya alam nabati melalui upaya manusia yangdengan modal, teknologi, dan sumberdaya lainnya menghasilkan barangguna memenuhi kebutuhan manusia secara lebih baik;2.
 
Plasma nutfah adalah substansi yang terdapat dalam kelompok makhlukhidup, dan merupakan sumber sifat keturunan yang dapat dimanfaatkandan dikembangkan atau dirakit untuk menciptakan jenis unggul ataukultivar baru;3.
 
Pemuliaan tanaman adalah rangkaian kegiatan untuk mempertahankankemurnian jenis dan/atau varietas yang sudah ada atau menghasilkan jenis dan/atau varietas baru yang lebih baik;4.
 
Benih tanaman yang selanjutnya disebut benih, adalah tanaman ataubagiannya yang digunakan untuk memperbanyak dan/ataumengembangbiakkan tanaman;
 
 
3
5.
 
 Varietas adalah bagian dari suatu jenis yang ditandai oleh bentuktanaman, pertumbuhan, daun, bunga, buah, biji, dan sifat-sifat lain yangdapat dibedakan dalam jenis yang sama;6.
 
Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat benih tanaman setelahmelalui pemeriksaan, pengujian, dan pengawasan serta memenuhipersyaratan untuk diedarkan;7.
 
Perlindungan tanaman adalah segala upaya untuk mencegah kerugianpada budidaya tanaman yang diakibatkan oleh organisme pengganggutumbuhan;8.
 
Organisme pengganggu tumbuhan adalah semua organisme yang dapatmerusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematiantumbuhan;9.
 
Eradikasi adalah tindakan pemusnahan terhadap tanaman, organismepengganggu tumbuhan, dan benda lain yang menyebabkan tersebarnyaorganisme pengganggu tumbuhan di lokasi tertentu;10.
 
Pupuk adalah bahan kimia atau organisme yang berperan dalampenyediaan unsur hara bagi keperluan tanaman secara langsung atautidak langsung;11.
 
Pestisida adalah zat atau senyawa kimia, zat pengatur dan perangsangtumbuh, bahan lain, serta organisme renik atau virus yang digunakanuntuk melakukan perlindungan tanaman;Pasal 2Sistem budidaya tanaman sebagai bagian pertanian berazaskan manfaat,lestari, dan berkesinambungan.Pasal 3Sistem budidaya tanaman bertujuan:a.
 
meningkatkan dan memperluas penganekaragaman hasil tanaman, gunamemenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, industridalam negeri, dan memperbesar ekspor;b.
 
meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani;c.
 
mendorong perluasan dan pemerataan kesempatan berusaha dankesempatan kerja.Pasal 4Ruang lingkup sistem budidaya tanaman meliputi proses kegiatan produksisampai dengan pasca panen.BAB IIPERENCANAAN BUDIDAYA TANAMANPasal 5

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->