Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
4. Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar

4. Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar

Ratings: (0)|Views: 2,701|Likes:
Published by Mhd Yunus

More info:

Published by: Mhd Yunus on Dec 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/11/2012

pdf

text

original

 
PENILAIAN HASIL DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR1.Hakikat penilaian
a)Peilaian tidak hanya diarahkan pada tujuan-tujuan pendidikanyang telah ditetapkan, tetapi juga terhadap tujuan-tujuan yangtersembunyi , termasuk efek sampping yang mungkin timbulb)Penilaian tidak hanya melalui pengukuran perilaku siswa, tetapi juga melakukan pengkajian terhadap komponen-komponenpendidikan baik masukan, proses, dan keluaran.c)Penilaian tidak hanya dimaksudkan untuk mengetahui tercapaitidaknya tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga untukmengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut penting bagi siswa danbagaimana siswa mencapainya.d)Mengingat luasnya tujuan dan objek penilaian, alat yangdigunakan dalam penilaian sangat beraneka ragam, tidak hanyaterbatas pada tes tetapi juga alat penilaian bukan tes.Atas dasar inilah lingkup sasaran penilaian mencakup tiga sasaranpokok, yaitu:1)Program pendidikan2)Proses belajar mengajar3)Hasil-hasil belajarPenilaian program pendidikan atau penilaian kurikulummenyangkut penilaian terhadap tujuan pendidikan, isi program, strategipelaksanaan program, dan sarana pendidikan. Penilaian proses belajarmengajar menyangkut penilaian terhadap kegiatan guru, kegiatansiswa, pola interaksi guru-siswa, dan keterlaksanaan program belajarmengajar. Sedangkan penilaian hasil belajar menyangkut hasil belajar jangka pendek dan hasil belajar jangka panjang.
 
2.Pengertian penilaian hasil dan proses belajar mengajar
Belajar dan mengajar sebagai suatu proses mengandung tigaunsur yang dapat dibedakan. Tujuan pengajaran (instruksional),pengalaman (proses) belajar mengajar, dan hasil belajar hubungan dariketiga unsur tersebut yaitu:Kegiatan penilaian dinyatak oleh garis (c), suatu tindakan untukmelihat sejauh mana tujuan-tujuan instruksional telah dapat dicapaiatau dikuasai oleh siswa dalam bentuk hasil belajar yangdiperlihatkannya setelah mereka menempuh pengalaman belajar. Garis(b) merupakan kegiatan penilaian untuk mengetahui keefektifanpengalaman belaar dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuan instruksional pada hakikatnya adalah perubahan tingkahlaku yang diinginkan pada diri siswa. Sebab itu, hendaknya di dialampenilaian dilakukan pemeriksaan sejauh mana perubahan tingkah lakusiswa telah terjadi melalui proses belajarnya. Dengan mengetahuitercapai atau tidaknya tujuan instruksional, dapat diambil tindakanperbaikan pengajaran dan perbaikan siswa yang bersangkutan.Dari segi bahasa, penilaian diartikan sebagai prosesmeneneutukan nilai suatu objek. Untk menentukan suatu nilai suatuobjek diperlukan adanya ukuran atau kriteria. Dengan demikian dapatdikatan bahwa ciri penilaian adalah adanya objek atau program yangdinilai dan adanya kriteria sebagai dasar untuk memb andingkan antarakenyataan dengan kriteria atau apa harusnya.Inti penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilaikepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Prosespemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yangdiakhiri dengan judgment.
Pengalaman belajar(proses belajar mengajar)Hasil belajar Tujuan instruksionalabc
 
Penilaian hasil belajar yaitu proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu. Hasil inimengisyaratkan bahwa objek yang dinilainya adalah hail belajar siswa.Hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkahlaku. Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang luasmencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotoris. Sebab itu, dalampenilaian hasil belajar, peranan tujuan instruksional yang berisirumusan kemampuan dan tingkah laku yang diinginkan dikuasai siswamenjadi unsur penting sebagai dasar acuan penilaian.
3.Fungsi penilaian hasil dan proses belajar mengajar
Sejalan dengan pengertian di atas, penilaian berfungsi sebagai:a)Alat untuk mengetahui tercapai-tidaknya tujuan instruksional.Penilaian harus mengacu kepada rumusan-rumusan tujuaninstruksional.b)Umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar. Perbaikanmungkin dilakukan dalam hal tujuan instruksional, kegiatan belajarmengajar, strategi m engajar guru, dan sebagainya.c)Dasar dalam menysun laporan kemajuan belajar siswa kepadaorang tuanya. Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuandan kecakapan belajar siswa dalam berbagai bidang studi dalambentuk nilai-nilai prestasi yang dicapainya. 
4.Tujuan penilaian hasil dan proses belajar mengajar
a)Mendeskripsikan kecakapan belajar para siswa sehingga dapatdiketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studiatau mata pelajaran yang ditempuhnya. Melalui pendeskripsiankecakapan tersebut dapat diketahui pula posisi kemampuan siswadibandingkan siswa lainnya.b)Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran disekolah, yakni seberapa jauh keefektifannya dalam mengubahtingkah laku para siswa ke arah tujuan pendidikan yang diharapkan.Keberhasilan pendidikan dan pengajaran penting artinya mengingat

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
A'ang Taslim liked this
Abdul Wahid liked this
Suhud Aris liked this
A'la Aprilia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->