Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Awal Batuan Metamorf

Laporan Awal Batuan Metamorf

Ratings: (0)|Views: 447 |Likes:

More info:

Published by: Muhammad Arief Kurniawan on Dec 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dari segi bahasa metamorf diartikan sebagai ubahan dari bentuk yangsebelumnya. Demikian juga dengan batuan metamorf yang berarti batuan yangterbentuk hasil dari ubahan batuan sebelumnya. Batuan yang asalnya batuansedimen atau batuan beku dapat berubah menjadi batuan metamorf. Perubahanitu diakibatkan adanya tekanan dan suhu secara terus menerus. Suhu dantekanan yang terjadi akibat adanya gaya endogen dari dalam bumi.
1.2 Maksud dan Tujuan
Maksud dari praktikum mengenai Batuan Metamorf ini adalah agar praktikan mampu mengaplikasikan materi praktikum petrologi, mineralogi, dankristalografi sebagai kegiatan pertambangan yang sesungguhnya.Tujuan dari praktikum Petrologi, Mineralogi, dan Kristalografi kali ini yangmengenai Batuan Metamorf yaitu :1. Praktikan diharapkan dapat memahami batuan metamorf.2. Praktikan diharapkan dapat mengetahui klasifikasi batuan metamorf.3. Praktikan diharapkan dapat mengetahui tekstur batuan metamorf.4. Praktikan diharapkan mampu mengetahui struktur batuan metamorf.
 
BAB IILANDASAN TEORI
1. Pengertian Batuan Metamorf 
Batuan metamorf adalah hasil dari perubahan-perubahan fundamentalbatuan yang sebelumnya telah ada. Panas yang intensif yang dipancarkan olehsuatu massa magma yang sedang menginstrusi menyebabkan metamorfosakontak. Metamorfosa regional yang meliputi daerah yang sangat luas disebabkanoleh efek tekanan dan panas pada batuan yang terkubur sangat dalam.Namun harus dipahami bahwa proses metamorfosa terjadi dalamkeadaan padat, dengan perubahan kimiawi dalam batas-batas tertentu saja danmeliputi proses-proses rekristalisai,reorientasi dan pembentukan mineral-mineralbaru dengan penyusunan kembali elemen-elemen kimia yang sebelumnya telahada.Batuan metamorf dapat dibagi menjadi :1. Metamorf kontak (termal), dipengaruhi oleh suhu yang lebih tinggidibandingkan tekanan.2. Metamorf dynamo, dipengaruhi oleh tekanan yang lebih tinggidibandingkan suhu.3. Metamorf regional, dimana kedua efek tekanan dan suhu sama.
2.2 Klasifikasi Batuan Metamorf 
Batuan metamorf dapat diklasifikasikan menjadi :1. Batuan Metamorf Dynamo, yaitu batuan yang mengalami metamorfosisdisebabkan oleh pengaruh tekanan (P) lebih dominan daripada temperature(T). Contoh Gneiss.2. Batuan Metamorf Thermal, yaitu batuan yang mengalami metamorfosisdisebabkan oleh pengaruh temperature (T) yang lebih dominan daripadatekanan (P) dengan temperature antara 400° - 800°C. Contoh : Hornfels.3. Batuan Metamorf Regional, yaitu batuan yang mengalami metamorfosisdisebabkan oleh pengaruh tekanan (P) dan temperature (T) dimana kedua ±
 
duanya sangat dominan terhadap terjadinya batuan tersebut. Contoh Sekismika.
2.3
 
Tekstur Batuan Metamorf 
Tekstur dari batuan metamorf dapat dikelompokkan menjadi 2 tekstur yaitu :1. Heteroblastik, yaitu suatu tekstur batuan metamorf yang memperlihatkanlebih dari satu macam bentuk tekstur metamorf, seperti : Lepidoblastik,Nematoblastik dan Granoblastik.2. Homeoblastik, yaitu suatu tekstur batuan metamorf yang hanyamemperlihatkan satu macam bentuk tekstur metamorf, seperti : Lepidoblastik,Nematoblastik dan Granoblastik.
2.4 Struktur Batuan Metamorf 
Struktur pada batuan metamorf secara umum dibagi menjadi 2 macamstruktur, yaitu :1. Foliasi, yaitu struktur paralel yang timbul oleh mineral-mineral pipih sebagaiakibat proses dari metamorfisis. Foliasi ini bisa diperlihatkan oleh mineral ±mineral prismatik yang menunjukkan orientasi tertentu.2. Non Foliasi, yaitu struktur yang dibentuk oleh mineral yang equidimensional,terdiri dari granular yang dapat dijumpai pada batuan metamorf hornfelsdihasilkan oleh metamorfosa thermal.
2.5 Klasifikasi Berdasarkan Komposisi Kimia
Klasifikasi ini di tinjau dari unsur-unsur kimia yang terkandung di dalambatuan metamorf yang akan mencirikan batuan asalnya. Berdasarkan komposisikimianya batuan metamorf terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu :1.
Calcic Metamorphic Rock
 adalah batuan metamorf yang berasal dari batuan yang bersifat kalsik (kayaunsur Al), umumnya terdiri atas batulempung dan serpih. Contoh: batusabak danPhyllite.
2. Quartz Feldsphatic Rock
 adalah batuan metamorf yang berasal dari batuan yang kaya akan unsur kuarsa

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Sabar Itu Agus liked this
Zustila liked this
Ams Jumrotin liked this
Happy Arsyad liked this
Givandi Aditama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->