Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mekanisme Jejas Sel

Mekanisme Jejas Sel

Ratings: (0)|Views: 1,672|Likes:
Published by Nita Andriyani

More info:

Published by: Nita Andriyani on Dec 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
Mekanisme Jejas Sel
Ada banyak cara yang berbeda yang menyebabkan jejas sel. Selain itu, mekanisme biokimiayang berkaitan dengan jejas dan menghasilkan manifestasi pada sel dan jaringan sangatlahkompleks dan berkaitan erat dengan intracellular pathway. Meskipun demikian beberapaprinsip umum yang relevan untuk membentuk jejas sel adalah :
y
 
R
espon selular terhadap stimulus jejas tergantung pada tipe jejas, durasinya, dan tingkatkeparahannya. Jadi, racun yang sedikit atau durasi yang cepat dari ischemia bisamenyebabkan jejas sel reversible, sedangkan racun yang banyak atau ischemi yang lebihpanjang bisa menyebabkan jejas sel irreversible dan kematian sel.
y
 
K
onsekuensi dari stimulus jejas tergantung pada tipe, status, kemampuan adaptasi, dankomponen genetic dari sel yang terkena jejas.
y
 
E
mpat system intraselular yang rentan terhadap jejas antara lain : (1) integritas membranesel, sangat penting untuk homeostasis selular ionic dan osmotic; (2) pembentukanadenosine triphosphate (ATP), secara besar melalui respirasi aerobic di mitokondria; (3)sintesis protein; dan (4) integritas dari komponen genetic.
y
 
K
omponen structural dan biokimia dari sel saling berhubungan yang menghiraukanpermulaan tempat terjadinya jejas, efek kedua yang berlipat secara cepat terjadi. Sebagaicontoh, keracunan respirasi aerobic oleh sianida menghasilkan gangguan aktivitas Na-
K
 ATPase yang penting untuk mempertahankan keseimbangan osmotic intraselular, sebagaiakibatnya sel dapat dengan cepat membengkak da pecah.
 
 
y
 
F
ungsi sel telah hilang jauh sebelum kematian sel terjadi, dan perubahan morfologi dari jejas sel (atau kematian sel) tertinggal jauh dibelakang keduanya.
K
ekurangan ATP
B
erkurangnya sintesis ATP adalah frekuensi yang diikuti oleh hipoksik (kekurangan O2) dan jejaskimia (racun). ATP diproduksi dengan cara phosphorilasi oksidative yang merubah ADP menjadiATP dari hasil reaksi reduksi O2 dengan transfer electron di mitokondria. Atau dengan glycolyticpathway dimana produksi ATP tanpa menggunakan O2 dengan menghidrolisis glikogen ataupunglukosa darah.
 
 
y
 
Aktivitas membrane plasma ATP-driven pompa natrium menurun, dengan akumulasinatrium di intraselular dan difusi kalium keluar sel. Meningkatnya zat terlalur sodium diikutiisosmotik air, menghasilkan pembengkakan sel akut. Pada nantinya hal ini akanmeningkatkan pemenuhan osmotic dari akumulasi dari hasil metabolism lain, sepertiinorganic phosphate, asam laktat, dan nukleotida purine.
y
 
G
likolisis anaerob meningkat karena penurunan ATP dan diikuti meningkatnya adenosinemonophosphat (AMP) yang menstimulasi enzim phosphofructokinase. Jalur inimeningkatkan asam laktat yang menurunkan ph intraselular.
y
 
Penurunan ph intraselular dan level ATP menyebabkan ribosom lepas dari reticulumendoplasma kasar dan polysome berpisah menjadi monosome, dengan menghasilkanreduksi dari sintesis protein.
K
erusakan Mitokondria
Mitokondria dapat rusak oleh karena meningkatnya kalsium sitosolik, oksidative stress, danlipid peroxidasi.
K
erusakan mitokondria sering dihasilkan dalam pembentukan high-

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Meilano Setiawan liked this
Qhi Maulian liked this
amrulabe liked this
21586 liked this
Adela Brilian liked this
Devi Van Mulyadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->