Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1 auguste comte

1 auguste comte

Ratings: (0)|Views: 2,730|Likes:

More info:

Published by: Kuning Telur Bogardus on Jan 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH TEORI SOSIOLOGI KLASIK LAHIRNYA POSITIVISME DAN EVOLUSI CARA BERPIKIR MANUSIA
Dosen Pengampu: Nur Hidayah, M.SiDisusun Oleh:1.Nurul Farhan(10413244006)
2.
Riva Rizal Filosuf(10413244008)3.Resti Nur Laila(10413244024)4.Nurul Azizah(10413244025)5.Muchammad Azmi S.(10413244031)
FAKULTAS ILMU SOSIALUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA2011
 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Sebelum tahun 1300 manusia selalu mengaitkan fenomena yang terjadi disekitarnya baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial dengan kehendak roh, dewa atau tuhan. Halini menjadi dasar pemikiran mutlak manusia. Hingga akhirnya berkembang pada tahapmetafisik yang menggeser kekuatan supranatural dengan kekuatan abstrak seperti “alam”,“nasib” dan sebagainya, sehingga kekuatan supranatural bukan lagi alasan yang mendominasiuntuk menjelaskan kejadian atau fenomena disekitar manusia. Sampai akhirnya, pada tahun1800 berakhirlah cara berpikir teologis dan metafisik. Positivisme yang digagas oleh AugustComte muncul dan menjadi dasar berdirinya sosiologi dan ilmu pengetahuan lainnya. Dalammakalah ini, kami mengkaji mengenai lahirnya teori positivisme dan evolusi cara berpikir manusia.
B.Rumusan Masalah
1.
Bagaimana biografi singkat dari August Comte serta tokoh atau teori apa yangmempengaruhi pemikiran August Comte?
2.
Bagaimana perkembangan konsep positivisme dan evolusi cara berpikir manusiayang dikemukakan oleh August Comte?
C.Tujuan Penulisan
 
1.Mengetahui biografi singkat dari August Comte serta tokoh atau teori yangmempengaruhi pemikiran August Comte.2.Mengetahui perkembangan konsep positivisme dan evolusi cara berpikir manusiayang dikemukakan oleh August Comte.
BAB IIPEMBAHASANA.Biografi August Comte
August comte memiliki nama panjang Isidore Marie Auguste François Xavier Comte,lahir pada tanggal 19 januari 1798 di kota Montpeller di baagian selatan Prancis. Beliauadalah filsuf dan ilmuan sosial terkemuka yang sangat berjasa dalam perkembangan ilmukemasyarakatan atau sosiologi.Comte sebagai mahasiswa di ecole Politechnique Paris. Ecole Politechnique saat ituterkenal dengan kesetiaannya kepada idealis republikanisme dan filosofi proses. Pada tahun1818, politeknik ttersebut ditutup untuk 
re-organisasi.
Comte pun mmeninggalkan Ecole danmelanjutkan pendidikannya di sekolah kedokteran di Montpellier. Tak lama kemudian, iamelihat sebuah perbedaan yang mencolok antara agama katolik yang ia anut dengan pemikiran keluarga monarki yang berkuasa sehingga ia terpaksa meninggalkan Paris.Kemudian pada bulan Agustus 1817 dia menjadi murid sekaligus sekertaris dariClaude Henride Rouvroy, Comte de Saint-Simon, yang kemudian membawa Comte masuk ke dalamlingkungan intelek. Namun pada tahun 1824, Comte meninggalkan Saint-Simon karena lagi-lagi ia merasa ada ketidakcocokan dalam hubungannya.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sylvester Riang liked this
Setiati Yunisar liked this
Zaenal Fanani liked this
Yuyen Azreen liked this
Novia Rezkiantii liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->