Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH AKUNTANSI KOPERASI , an Perkiraan , Dan Manfaat Akuntansi Koperasi

MAKALAH AKUNTANSI KOPERASI , an Perkiraan , Dan Manfaat Akuntansi Koperasi

Ratings: (0)|Views: 5,057|Likes:
Published by erick_genduut
tugas akuntansi
tugas akuntansi

More info:

Published by: erick_genduut on Jan 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2014

pdf

text

original

 
1
MAKALAHAkuntansi KoperasiPersamaan, Perkiraan, dan Manfaat Akuntansi Koperasi
BAB IPendahuluan
Persamaan akuntansi merupakan dasar dari suatu kegiatan akuntansi. Dari persamaan akuntansi,kita dapat membuat sebuah neraca yang terdiri dari sisi aktiva dan sisi pasiva. Kedua sisi tersebutmenginformasikan kepada kita harta (harta lancar,tetap maupun tidak berwujud) , Utang ( Jangka Pendek dan Jangka Panjang) dan Modal.Selain menginformasikan tentang sisi harta,utang dan modal akibat transaksi,persamaan akuntansimemperlihatkan pengaruh transaksi pendapatan, pengeluaran beban ataupun SHU (Sisa Hasil Usaha) yangdilakukan suatu koperasi. Intinya persamaan akuntansi digunakan untuk mekihat semua pengaruh akibatsuatu transaksi pada koperasi.Dalam mencatat transaksi, perlu menggunakan suatu perkiraan sebagai media untuk mencatattransaksi-transaksi tersebut. Dalam persamaan akuntansi kita mengenal berbagai macam bentuk rekeningyang dapat membantu pencatatan transaksi. Selain bentuk rekening, dalam akuntansi juga dikenal dengan pengelompokkan rekening yang terdiri dari rekening riil dan nominal.Apabila transaksi-transaksi tersebut telah masuk ke dalam rekening masing-masing, kita dapatmembuat neraca percobaan pada akhir suatu periode akuntansi tertentu.Setelah neraca saldo dibuat kitadapat menyusun laporan laba-rugi,perubahan ekuitas dan neraca.
 
2
BAB IIPembahasan
2.1. Neraca
 Neraca merupakan laporan keuangan yang menunjukkan posisi sumber daya yang dimiliki koperasi beserta infomasi asal sumber dana.Neraca disusun pada awal pendirian suatu koperasi. Neraca memilikidua sisi, yakni :
a. Aktiva
Adalah daftar kekayaan koperasi. Dalam Aktiva terdapat akun-akun, seperti :-Uang tunai-Piutang.-Peralatan kantor.-Mesin-mesin.-Tanah, dan lain-lain.
b. Pasiva
Pasiva memiliki dua kelompok utama rekening, yakni :-
Utang
adalah kewajiban koperasi untuk membayar kepada pihak lain karena transaksi masalalu, contohnya : Utang bank, Utang usaha, dan lain-lain.-
Ekuitas
adalah bukti penyertaan dan kepemilikan dari pihak-pihak yang menanam modal dikoperasi, seperti :
Simpanan pokok.
Simpanan wajib.
Donasi.
Sisa Hasil Usaha (SHU) yang belum dibagikan.
Cadangan.
 
3
2.2 Persamaan Akuntansi
Adalah nilai total aktiva yang selalu sama sengan jumlah total pasiva. Secara sistematis persamaanakuntansi tersebut dalam dituliskan dalam rumus :
Aktiva (Harta)= Kewajiban (Utang) + EkuitasAktiva (Harta)Kewajiban (Utang) = Ekuitas
Dengan persamaan akuntansi, ada beberapa manfaat maupun kegunaannya, seperti :a.Untuk mengetahui pergerakan kondisi keuangan koperasi akibat adanya transaksi b.Digunakan untuk melihat pengaruh transaksi pendapatan, pengeluaran beban, atau pembagian SisaHasil Usaha (SHU) Koperasi.Pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi dapat dilihat pada tabel berikutini :
Jenis TransaksiPengaruh Terhapa Ekuitas
Setoran Modal oleh anggotaMenambahPembagian Sisa Hasil Usaha (SHU)MengurangiPendapatanMenambahPengeluaran BiayaMengurangiUntuk menyusun laporan keuangan (khususnya neraca) suatu koperasi ada beberapa akun yangsering digunakan, yakni :a.
Kas,
untuk menampung alat pertukaran siap pakai yang dimiliki koperasi. b.
Piutang
merupakan hak koperasi yang masih dibawa oleh pihak lain.c.
Perlengkapan Kantor,
untuk menampung barang atau bahan pelengkap aktivitas koperasiyang biasanya berumur pendek. Contohnya : pulpen, tinta, kertas, dan lain-lain.d.
Peralatan Kantor,
untuk menampung alat-alat yang dimiliki koperasi untuk jangka panjang.Contohnya : meja, kursi, komputer, dan lain-lain.e.
Utang Usaha,
untuk menampung jumlah pinjaman yang timbul akibat transaksi yang dilakukankoperasi.f.
Ekuitas atau Modal
adalah kekayaan bersih koperasi dari setoran harta anggota kepadakoperasi, baik Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib serta Sisa Hasil Usaha(SHU) yang belumdibagi.g.
Partisipasi Bruto
adalah nilai total penjualan produk perusahaan, barang dan jasa kepadaanggota koperasi.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
Dedi Setyabudi added this note
good
Dedi Setyabudi liked this
Manao liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Sohib Hidayat liked this
Tito Aloysius liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->