Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pelayanan prima

pelayanan prima

Ratings: (0)|Views: 1,982|Likes:
Published by Unhie ANzar

More info:

Published by: Unhie ANzar on Jan 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/25/2013

pdf

text

original

 
Pelayanan adalah proses membantu orang lain dengan cara-cara tertentu dimana sensitivitas dankemampuan interpersonal dibutuhkan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas yang ditentukan olehkeakraban, kehangatan, penghargaan, kedermawanan, dan kejujuran yang dilakukan oleh penyedia jasa.Sebuah budaya yang kuat, yang mewarnai sifat hubungan perusahaan dengan pelanggannya merupakanidentitas yang sangat baik dalam memenangkan perhatian pelanggan pengguna produk.Budaya dibentuk dari kumpulan sikap setiap karyawan dan manajemen dari suatu perusahaan. Bilasetiap orang yang bekerja di perusahaan itu mengutamakan kepuasan pelanggan, tanpa mengabaikancitra perusahaan yang bersangkutan, maka secara kolektif akan tampil sebuah lembaga dengan budayayang mengutamakan kepuasan pelanggan, dan akan maju karenanya. Apa yang bisa membuatpelayanan menjadi spesial? Berikut adalah hal-hal yang bisa membuat pelayanan menjadi spesial yangdiambil dari akronim SERVICE.1. Smile for everyone, senyum adalah simbol universal dari keramahtamahan.2. Eye contact that shows we care, kontak mata akan memperlihatkan ketulusan dan ketertarikan kitakepada pelanggan.3. Reaching out to everyone with hospitality, berinteraksi dengan keramahtamahan akan membantumengembangkan repeat business.4. Viewing each customer as special, perlakukan setiap pelanggan sebagai tamu yang diundang kerumah, sehingga pelanggan akan merasakan suatu nilai dari setiap rupiah yang dikeluarkannya.5. Inviting customer to return with a sincere, kata magis yang kita berikan akan mendorong pelangganuntuk kembali dan menyampaikan kepada orang-orang terdekat tentang keramahtamahan perusahaan.6. Creating a warm atmosphere of hospitality, kepedulian kepada pelanggan akan menimbulkan suasanayang hangat dan nayaman.7. Excellence in everything we do, mempertahankan sikap ini merupakan asset untuk mengembangkansikap profesional.Keuntungan penerapan budaya pelayanan prima bagi perusahaan di antaranya adalah pelangganmampu membedakan pelayanan perusahaan dengan kompetitor, meningkatkan produktivitas,menghargai loyalitas pelanggan, menciptakan promosi dari mulut ke mulut dan mengedepankan win-win solution dalam menangani semua masalah. Untuk menjaga kesinambungan budaya pelayananprima diperlukan perhatian dari setiap individu terhadap kemampuan berkomunikasi yang baik,memiliki kompetensi yang diperlukan, memberikan respon yang cepat, aksesibilitas yang mudah,integritas, konsistensi, dan sopan santun.
BAB I
 
PEND
AHULUA
N
 
A. LATAR B
E
LAKA
NG
 Pelayanan kesehatan merupakan produk yang bersifat jasa. Saat ini, jasa kesehatan sebagai pelayanan sosial telah berubah menjadi komoditi jasa yang di perdagangkan . Di kota-kota besar,
 
 jasa kesehatan telah menjadi produk industri yang hampir tidak berbeda dengan produk barangmaupun jasa non kesehatan.Pada sektor non kesehatan, mekanisme pasar dapat menjadi sempurna karena kedua belah pihak yang bertransaksi ( produsen dan konsumen ) mempunyai pengetahuan yang relatif samaterhadap produk dan jasa yang di tawarkan. posisi konsumen relative kuat ketika membeli jasanon kesehatan karena objek yang di tawarkan telah di ketahui, baik mutu maupun harganya.Sebagai contoh, bila kita ingin membeli kemeja dengan tingkat kompetensi yang tinggi di antara produsen, kita dapat memilih barang dengan merk tertentu dengan tingkat harga yang kitainginkan. Artinya, konsumen mempunyai pengetahuan yang baik terhadap barang dan jasa yangakan mereka beli atau butuhkan.Namun, kondisi di atas tidak dapat pada pasar jasa kesehatan.Kita mengenal yang di sebut market failure. Pasien berada pada posisi lemah, tidak mempunyaicukup informasi dan pengetahuan tentang jasa kesehatan itu sendiri.Hal yang tidak lazim terjadi pada jasa kesehatan adalah semakin banyaknya produsen ternyatatidak ber efek pada mutu dan tingkat harga jasa kesehatan. Boleh dikatakan bahwa pasar jasakesehatan. Hanya di ketahui oleh produsen, sedangkan konsumen berada pada pihak yang lemahdan hampir tidak terlindungi. Konsumen Jasa kesehatan hanya dapat berharap semoga pemberi jasa kesehatan dapat memberikan jasa berdasarkan kebenaran, kebaikan, estetika dan moralitas.Oleh karena itu penulis membahas tentang pelayanan prima jasa kesehatan di Rumah Sakit.Sebagai tugas akhir profesi untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan. Perlu sayatekankan bahwa penyusunan tugas akhir ini tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan pelayanankesehatan di negri sendiri. Namun lebih memberikan aware dan instight kepada pembaca tentangwajah pelayanan kesehatan kita yang masih berantakan sana-sini.
B. RUMUSA
N
MASALAH
 Dari latar belakang di atas penulis memberi rumusan masalah yaitu :1. Apa pengertian dari pelayanan prima pada jasa kesehatan«««««««««.?2. Bagai manakah realita pelayanan kesehatan kita««««««««««««... ?3. Apakah penyebab rendahnya pelayanan kesehatan kita««««««««««.?4. Bagai manakah solusi yang tepat bagi para bembeli pelayanan kesehatan kita«.?
C. TUJUA
N
 Dari rumusan masalah di atas penulis membuat tugas akhir profesi ini dengan tujuan :1. Mengetahui pengertian dari pelayanan prima pada jasa kesehatan.2. Mengetahui realitas pelayanan kesehatan kita.3. Mengetahui penyebab rendahnya pelayanan kesehatan kita.4. Memberikan solusi ( kiat- kiat ) yang tepat bagi pembeli pelayanan kesehatan.
BAB II
 
LA
ND
ASA
N
T
EO
RI
 
A.
DEF
I
N
ISI
 
 
Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsungdengan manusia atau mesin secara fisik untuk menyediakan kepuasan konsumen. ( Lehtinen1987 p.21 ). Pelayanan adalah suatu yang dapat di perjual belikan dan bahkan tidak dapat dihilangkan ( Gumehsoson Th. 1987 p. 22 )Pelayanan umum adalah segala bentuk kegiatan pelayanan umum yang di laksanakan olehinstansi pemerintah di pusat, di daerah dan lingkungan BUMN / BUMD, dalam bentuk barangdan jasa baik, baik dalam rangka pelaksanan ketentuan peraturan perundangan, ( SK Menpad No.81 / 1993 Tentang pedoman tata laksana pelayanan umum ) maupun dalam proses interaksisocial masarakat luas. Berarti pelayanan umum dapat di artikan memproses pelayanan kepadamasyarakat / customer, baik berupa barang maupun jasa melalui tahapan, prosedur persyaratan ±  persyaratan, waktu dan pembiayaan yang di lakukan secara transparan untuk ,mencapai kepuasansebagai mana visi yang telah di tetapkan dalam organisasi.Pelayanan prima adalah sebagai mana tuntutan pelayanan yang memuaskan pelanggan ataumasyarakat maka di perlukan persyaratan agar dapat di rasakan oleh setiyap pelayanan memilikikualitas kompetensi yang professional, dengan demikian kualitas kompetensi profesionalismemenjadi sesuatu aspek penting dan wajar dalam setiap transaksi.Pemberi pelayanan adalah pejabat atau pegawai instantsi pemerintah atau suasta yangmelaksanakan tugas dan fungsi dibidang pelayanan. Sedangkan penerima pelayanan adalahorang atau badan hukum atau yayasan yang menerima pelayanan umum.Tata kerja adalah cara - cara pelaksanaan kerja seefektif dan seefisien mungkin tentang suatautugas untuk mencapai tujuan yang di tetapkan lebih dahulu yang menggunakan peralatan,fasilitas, tenaga, waktu, ruang, metode dan biaya yang tersedia.Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkanadanya urutan tahapan secara jelas dan pasti serta cara ± cara yang harus di tempuh dalam rangka penyelesaian suatu bidang tugas. ( wikipedia. www.pelayanan_prima.com ) Sedangkan,Jasa menurut ilmu ekonomi adalah aktivitas ekonomi yng melibatkan sejumlah interaksi dengankonsumen atau dengan barang ± barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.Jasa menurut Phillip Kother adalah setaip tindakan atau unjuk kerja yang di tawarkan oleh salahsatu pihak ke pihak lain yang secara fisik intabgibel dan tidak menyebabkan perpindahankepemilikan apapun. Produknya bias terkait atau tidak terkait pada suatu produk fisik.(wikipedia. www.Jasa.com )Karkteristik jasa1.
 
Tidak berwujut, berarti tidak bias di rasakan, di lihat, di cicipi, atau di sentuh seperti yangdirasakan pada barng.2.
 
Bervariasi, artinya karena jasa merupakan unjuk kerja, maka tidak ada hasil yang samawalaupun di kerjakan oleh satu orang. Karena interaksi konsumen dengan karyawan akan berbeda harapan dan persepsi yang menyertai interaksi tersebut.3.
 
Tidak tahan lama, bahwa jasa tidak mungkin di simpan dalam persediaan. Artinya jasatidak bias di simpan, di jual kembali pada orang lain, atau di kembalikan paeda produsen jasa di mana ia membeli jasa.
B. R 
E
ALITAS
PE
LAYA
N
A
N
E
S
E
HATA
N
KITA
 

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
septa_eni liked this
Muhammad Baiquni liked this
Muhammad Baiquni liked this
Aresa Al Rasyid liked this
Ayi Iskandar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->