Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perubahan Psikologi pada Ibu Hamil

Perubahan Psikologi pada Ibu Hamil

Ratings: (0)|Views: 1,288|Likes:
Published by Dewi Umami
Tutorial Perubahan Psikologi pada Ibu Hamil
Tutorial Perubahan Psikologi pada Ibu Hamil

More info:

Published by: Dewi Umami on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/19/2013

pdf

text

original

 
1
ASUHAN DAN PENATALAKSANAA PADA PERUBAHANPSIKOLOGI IBU HAMIL
Prinsip Dasar
Kehamilan merupakan episode dasar dramatis terhadap kondisi biologis,perubahan psikologis dan adaptasi dari seorang wanita yang pernah mengalaminya.Perubahan kondisi fisik dan emosional yang kompleks, memerlukan adaptasiterhadap penyesuaian pola hidup dengan proses kehamilan yang terjadi.Hubungan episode kehamilan dengan reaksi psikologi yang terjadi yaitu :1.
 
T
rimester pertama : sering terjadi fluktuasi lebar aspek emosional sehinggaperiode ini mempunyai risiko tinggi untuk terjadinya pertengkaran atau rasatidak nyaman.2.
 
T
rimester kedua : fluktuasi emosional sudah mulai mereda dan perhatian wanitahamil lebih berfokus pada berbagai perubahan tubuh yang terjadi selamakehamilan, kehidupan seksual, keluarga dan hubungan batiniah dengan bayiyang dikandungnya.3.
 
T
rimester ketiga : berkaitan dengan bayangan risiko kehamilan dan prosespersalinan sehingga wanita hamil sangat emosional dalam upaya mempersiapkanatau mewaspadai segala sesuatu yang mungkin akan dihadapi.Kehamilan bagi keluarga dan khususnya seorang wanita merupakanperistiwa yang penting, meskipun demikian kehamilan juga merupakan saat ² saatkrisis bagi keluarga di mana terjadi perubahan identitas dan peran ibu, ayah, sertaanggota keluarga lainnya.
T
ugas ibu pada masa kehamilan :1.
 
Menerima kehamilannya.2.
 
Membina hubungan dengan janin.3.
 
Menyesuaikan perubahan fisik.4.
 
Menyesuaikan perubahan hubungan suami istri.
 
2
5
.
 
Persiapan melahirkan dan menjadi orang tua.Kehamilan dapat sebagai :A.
 
KrisisKrisis merupakan ketidakseimbangan psikologis yang dapat disebabkanoleh situasi atau oleh tahap perkembangan.B.
 
StresorModel konseptual menyatakan bahwa krisis psikologis dan sosialdipertimbangkan, sebagai kejadian yang kritis tapi tidak selalu ditunjukkandengan masalah psikologis dan interpersonal yang nyata. Setiap perubahan yangterjadi pada seseorang dapat merupakan stressor. Kehamilan membawaperubahan yang signifikan pada ibu sehingga dapat dinyatakan sebagai stressor,yang juga mempengaruhi psikologis anggota keluarga lainnya.C.
 
T
ransisi Peran
T
erjadi perubahan interaksi rutin dalam keluarga, dengan adanya anggotakeluarga yang baru sehingga terjadi perubahan peran masing-masing anggotakeluarga ; ayah, ibu, dan anggota keluarga yang lainnya.
S
iklus Kehidupan & Transisi Peran Dalam Kehamilan ( Reeder,1994 )
1.
 
Anticipatory Stage
T
ahap sosialisasi atau latihan untuk penampilan peran yang diasumsikanpasangan ( suami/istri ), berkaitan dengan fantasi.2.
 
Honeymoon StageMengasumsikan peran yang harus ditampilkan, melakukan pendekatan daneksplorasi terhadap sikap yang dibutuhkan untuk penampilan peran, mulaimelakukan latihan peran.3.
 
Plautau Stage
 
3
Pada fase ini pasangan memvalidasikan apakah peran yang akanditampilkan adekuat/tidak, yang semuanya tergantung pada bagaimana merekaatau yang lainnya membentuk peran yang harus ditampilkan.4.
 
D
isengagement atau
T
ermination Stage
T
ahap ini merupakan tahap terminasi/pengakhiran peran. Peran pasanganpada kehamilan berakhir setelah terjadi proses persalinan, dan selanjutnyapasangan memasuki tahap peran yang lainnya.
C
aplan ( 1964 ) & Donalson ( 1981
Stressor
p
 
n
Stressortidak terantisipasiKE
TID
AKSE
I
MBANGANFaktor Penyokong baik Faktor Penyokong kurangPersepsi Realistik Persepsi
T
idak RealistikKoping adaftif Koping maladaftifKeseimbangan Ketidakseimbangan
AyahIbuJanin

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->