Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EVALUASI PENGAJARAN

EVALUASI PENGAJARAN

Ratings: (0)|Views: 166 |Likes:

More info:

Published by: Novita Damayanti Quiñtana on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2012

pdf

text

original

 
 1
Evaluasi Program PembelajaranA) Apakah Evaluasi Program itu?
Program pengajaran merupakan suatu rencana pengajaran sebagai panduan bagi guru ataupengajar dalam melaksnakan pengajaran. Agar pengajaran bisa berjalan dengan efektif dan efisien,maka perlu kiranya dibuat suatu program pengajaran. Program pengajaran yang dibuat oleh gurutidak selamanya bisa efektif dan dapat dilaksanakan dengan baik, oleh karena itulah agar programpengajaran yang telah dibuat yang memiliki kelemahan tidak terjadi lagi pada program pengajaranberikutnya, maka perlu diadakan evaluasi program pengajaran.Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka yang menjadi permasalahan dalamtulisan ini adalah: Apakah yang dimaksud dengan evaluasi program? mengapa evaluasi programperlu dilaksanakan? Apakah yang menjadi objek atau sasaran dari evaluasi? dan Bagaimanakah caramelaksanakan evaluasi program?Menurut Arikunto (1999: 290) "Evaluasi program adalah suatu rangkaian kegiatan yangdilakukan dengan sengaja untuk melihat keberhasilan program". Ada beberapa pengertian tentangprogram itu sendiri, diantaranya program adalah rencana dan kegiatan yang direncanakan denganseksama. Jadi dengan demikian melakukan evaluasi program adalah kegiatan yang dimaksudkanuntuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan dari kegiatan yang direncanakan.Yang menjadi titik awal dari kegiatan evaluasi program adalah keingintahuan penyusunprogram untuk melihat apakah tujuan program sudah tercapai atau belum. Jika sudah tercapaibagaimana kualitas pencapaian kegiatan tersebut, jika belum tercapai bagaimanakah dari rencanakegiatan yang telah dibuat yang belum tercapai, apa sebab bagian rencana kegiatan tersebut belumtercapai, adakah factor lain yang mempengaruhi ketidakberhasilan program tersebut.Untuk menentukan seberapa jauh target program sudah tercapai, yang menjadikan tolak ukuradalah tujuan yang sudah dirumuskan dalam tahap perencanaan kegiatan sebelumnya.
B) Mengapa Guru Perlu Melakukan Evaluasi Program
Dalam Proses Belajar Mengajar Guru Perlu melakukan Evaluasi Program Pengajaran yaituuntuk :(a)
 
Dapat mengetahui siswa manakah yang menguasai pelajran dan siswa mana pula yangbelum. Dalam hal ini hendaknya guru memberikan perhatian kepada siswa yang belumberhasil sehingga pada akhirnya siswa mencapai keberhasilan yang diharapkan.
 
 2(b)
 
Dapat mengetahui apakah tujuan dan materi pelajaran yang telah disampaikan itu dikuasaioleh siswa atau belum.(c)
 
Dapat mengetahui ketepatan metode yang digunakan dalam menyajikan bahan pelajarantersebut.(d)
 
Bila dari hasil evaluasi itu tidak berhasil, maka dapat dijadikan bahan remidial. Jadi,evaluasi dapat dijadikan umpan balik pengajaran.
C) Objek atau Sasaran Evaluasi program
Sasaran evaluasi adalah untuk mengetahui keberhasilan suatu program. Sebagimana yangdikemukakan oleh Ansyar (1989: 134) bahwa ".evaluasi mempunyai satu tujuan utama yatu untuk mengetahui berhasil tidaknya suatu program" Guru adalah orang yang paling penting statusnya dalakegiatan belajar mengajar, karena guru memegang tugas yang amat penting, yaitu mengatur danmengemudikan kegiatan kelas. Untuk membuat proses belajar mengajar lebih efektif maka tugasguru adalah menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk pembelajara. Untuk menciptakansuasana kelas yang kondusif tersebut perlu dirancang program pengajaran. Berhasil tidaknya suatuprogram pengajaran, tentu tidak bisa diketahui begitu saja, tanpa adanya evaluasi program. Olehkarena itu evaluasi program perlu dilaksanakan oleh guru dalam rangka mengetahui seberapa jauhproram pengajaran telah berlangsung atau terlaksana, dan jika terlaksana seberapa baik pelaksanaanprogram tersebut. Pendek kata, evaluasi program dilaksanakan untuk mengetahui kelebihan dankekurangan dari program pengajaran.Pengajaran dan pembelajaran adalah merupakan suatu aktivitas yang dilaksanakan oleh seorangguru. Agar program pengajaran yang telah dilaksanakan itu baik atau tidak perlu dilaksanakan suatupenilaian, yang sering dikenal dengan evaluasi program pengajaran. Evaluasi program pengajaranini meliputi :a. InputSiswa adalah subjek yang menerima pelajaran. Ada siswa pandai, kurang pandai, dan tidak pandai. Setiap siswa mempunyai bakat intelektual, emosional, social yang berbeda. Oleh karena itudalam pembuatan program pengajaran hendaknya guru juga perlu memperhatikan aspek-aspek individu tersebut. Secara umum, hal-hal yang ada pada siswa berpengaruh terhadap keberhasilanbelajar.b. Materi atau kurikulumDi Indonesia, kurikulum berlaku secara nasional karena kita menganut system sentralisasi.
 
 3Meskipun penyusunan dan pengembangan kurikulum sekolah sudah dilakukan secara cermat danmelibatkan banyak pihak, namun tidak mustahil bahwa di lapangan masih juga dijumpai kelemahandan hambatan. Wilayah Indonesia yang sedemikian luas mengandung keragaman yang tidak sedikit.Itulah sebabnya guru perlu dibekali dengan kemampuan untuk melakukan evaluasi program,termasuk mengevaluasi materi kurikulum. Sasaran yang perlu dievaluasi dari komponen kurikulumini anatara lain, kejelasan pedoman untuk dipahami, kejelasan materi yang terantum dalam GBPP,urutan penyajian materi, kesesuaian antara sumber yang disarankan dengan materi kurikulum dansebagainya.c. GuruGuru merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Guru adalah orangyang diberi kepercayaan untuk meciptakan suasana kelas yang kondusif untuk pembelajaran. Guruadalah manusia biasa yang mempunyai banyak keterbatasan. oleh karena itu untuk menutupikelemahan guru perlu dilakukan pembinaan dan penataran dalmrangka melaksanakan pembelajarand. Metode atau pendekatan dalam mengajarBerbeda dengan evaluasi terhadap kurikulum, evaluasi terhadap metode mengajarmerupakan kegiatan guru untuk meninjau kembali tentang metode mengajar, pendekatan, ataustrategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kurikulum kepadasiswa. Metode mengajar adalah cara-cara atau teknik yang digunakan dalam mengajar. Sedangkanstrategi pembelajaran menunjuk kepada bagaimana guru mengatur waktu pemenggalan penyajian,pemilihan metoda, pemilihan pendekatan dan sebagainya.e. SaranaKomponen lain yang perlu dievaluasi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajarmengajar adalah sarana pendidikan, yanga meliputi alat pelajaran dan media pendidikan. Sebelumguru memulai kegiatan mengajar, bahkan sebelum atau sekurang-kurangnya pada waktu menyusunrencana mengajar, guru telah memilih alat yang kira-kira dapat membantu melancarkan danmemperjelas konsep yang diajarkan. Selain guru, mungkin siswa juga dapat dijadikan titik tolak dalam menentukan apakah sarana yang digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar sudah tepat.Mungkin saja pada waktu menentukan alat pelajaran guru berpikir bahwa pilihannya sudah tepat.Tetapi ternyata di dalam praktek pelaksanaan pengajaran, alat tersebut ternyata kurang atausama sekali tidak tepat. Proses pengajarannya tidak menjadi semakin lancar, tetapi mungkin bahkankacau balau. Apabila guru menjumpai dalam mengajar atau ketidak berhasilan siswa dengan nilairendah-rendah, ia dapat mecoba mengadakan evaluasi terhadap sarana yang digunakan. Sasaran

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->