Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sumber daya alam

sumber daya alam

Ratings: (0)|Views: 558|Likes:
Published by paricuk

More info:

Published by: paricuk on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
1
SUMBER DAYA ALAM
Oleh : Drs. Jupri, MT
I. PENDAHULUAN1. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atauunsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non fisik.Sumberdaya ada yang dapat berubah (berubah ke bentuk yang lain, baik menjadi semakin besar maupun hilang maupun ada pula sumberdaya yang kekal(selalu tetap). Sumberdaya hayati adalah salah satu sumberdaya dapat pulih(
renewable resources
) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumberdaya hayati secaraharfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapatmengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya hayati diantaranya adalah flora danfauna. Sumberdaya non hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdayayang tidak mempunyai kehidupan dan tidak dapat mengalami kematian. Jenis- jenis sumberdaya non hayati diantaranya adalah bahan mineral, air dan udara.
2. Macam-macam Sumber Daya Alam
Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
a. Berdasarkan sifat
Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut :1.
 
Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan,mikroba, air, dan tanah. Disebut ter barukan karena dapat melakukanreproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).2.
 
Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumf, batu tiara, dan bahan tambang lainnya3.
 
Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari,energi pasang surut, dan energi laut.
b. Berdasarkan potensi
Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam,antara lain sebagai berikut.1.
 
Sumber daya alam materi;
merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan
 
2
dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela,dan sebagainya.2.
 
Sumber daya alam energi;
merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkanenerginya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi,air terjun, sinarmatahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain.3.
 
Sumber daya alam ruang;
merupakan sumber daya alam yang beruparuangatau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan
 
angkasa.
 c. Berdasarkan jenis
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :1)
 
Sumber daya alam nonhayati (abiotik);
disebut juga sumber daya alam fisik,yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahantambang, tanah, air, dan kincir angin.2)
 
Sumber daya alam hayati (biotik);
merupakan sumber daya alam yangberupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.Uraian di sini hanya akan ditekankan pada sumber daya alam hayati,termasuk di dalamnya sumber daya manusia (SDM).
II. Sumber Daya LahanA. Pengertian Lahan1. Konsep Lahan
Lahan merupakan sumberdaya alam yang sangat penting dalam menunjangkehidupan manusia, karena di atas lahan inilah segala aktivitas manusiaberlangsung dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidupnya.Batas lahan yang dikemukakan oleh Sitorus (1986:132) adalah sebagai berikut:Lahan merupakan suatu daerah di pennukaan bumi dengan sifat-sifattertentu yang meliputi biosfer, atmosfer, lapisan geologi, hidrologi, populasitanaman dan hewan serta aktifitas manusia masa lalu dan masa sekarangsampai tingkat tertentu yang mempunyai pengaruh berarti terhadap
 
3
penggunaan lahan oleh manusia pada masa sekarang dan masa yang akandatang.Adapun pengertian lahan menurut Arsyad (1989) adalali sebagai berikut:Lahan merupakan lingkungan fisik yang terdiri dari iklim, relief, tanah, air danvegetasi serta benda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya terhadappenggunaan lahan. Termasuk di dalamnya juga hasil kegiatan manusia dimasalampau dan sekarang seperti hasil reklamasi laut, pembersihan vegetasi dan jugahasil merugikan seperti tanah yang tersalinitas. Dalam hal ini lalian jugamengandung pengertian ruang atau tempat.Pengertian lahan tersebut di atas sama dengan yang dikemukakan oleh FAO(1994) yang menyatakan baliwa "lalian merupakan lingkungan fisik yang terdiriatas iklim, relief, tanah, air dan vegetasi serta benda yang ada di atasnyasepanjang ada pengaruhnya terhadap penggunaan lalian. Termasuk di dalamnya juga hasil kegiatan manusia di masa lalu dan sekarang". Sedangkan Rafi'i(1994:9) mengemukakan bahwa lahan merupakan permukaan daratan dengankekayaan benda-benda padat, cair dan bahkan benda-benda gas. Sedangkanmenurut Mardjuki (1994:6) mengemukakan bahwa lahan adalah suatu hamparandari tanah, sedangkan tanah adalah produk dari pelapukan batuan bercampurdengan produk dari dekomposisi bahan organik dan merupakan media tumbuhbagi tanaman. Hal ini berarti tanah hanya merupakan salali saru unsur lahan.Dari beberapa pengertian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa lahanmerupakan suatu wilayah di permukaan bumi yang mempunyai karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh kondisi iklim, geologi, tanah, hidrologi,geomorfologi, vegetasi dan aktifitas manusia. Dan dalam penggunaannya lahan juga beragam disesuaikan dengan kondisi lahan itu sendiri.
2. Unsur-Unsur Lahan
Lahan tidak berdiri sendiri namun di dalamnya terdapat berbagai unsur yangsatu sama lain saling mempengaruhi dan memiliki sifat-sifat yang merupakanatribut atau keadaan unsur-unsur lahan yang dapat diukur atau diperkirakan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->