Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Omen Dan Jae

Omen Dan Jae

Ratings: (0)|Views: 62 |Likes:
Published by ayataja

More info:

Published by: ayataja on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2012

pdf

text

original

 
Pertanyaan Sidang Komprehensif dari:Nur Rochman (Fisika Material 2007)Dengan Penguji:1.
 
Dr. Budhy Kurniawan (Penguji 1/Ketua Sidang)2.
 
Dr. Imam Fachruddin (Penguji 2/Sekretaris Sidang)3.
 
Dr. Ariadne L. Juwono (Penguji 3)Pada sidang kompre ini, urutan pengujinya yaitu bu adne terus pak imam, terakhir itu pak budhy.Untuk materi uji ,
bu adne (Mekanika gerak)
,
Pak Imam (Optik dan Gelombang)
dan
Pak Budhy(Hukum Newton)
. Penentuan materi ujinya, untuk bu adne ditanya maunya apa, begitu juga dengan pakbudhy, sedangkan pak imam melihat materi yang kira-kira masih berhubungan dengan penguji lain(Biasanya ditanya dulu sama yang mau diuji, penguji yang lain ngasih apa).List Pertanyaan:
Dr. Ariadne L. Juwono
1)
 
Apa yang kamu ketahui mengenai gerak?Kasih tau aja apa yang lw ketahui tentang gerak, tentang apa itu jarak, perpindahan, kecepatan,kelajuan, percepatan dkk2)
 
Ada berapa jenis gerak?Gw cuman ngasih tau ttg gerak linier, gerak rotasi (melingkar) dan gerak vibrasi.Dan tiba-tiba pak imam nanya, “bukannya ada gerak random ya?”, dan jawaban gw, “sepertinyaiya pak, teman saya ada yang menyebutkan itu, tapi saya belum menemukan definisinya apa”3)
 
Gerak jatuh bebas termasuk gerak apa?Karena gw gak nyebutin ini, bu adne-pun nanya, gw jawab ini gerak lurus berubah beraturan bu(percepatan konstan)4)
 
Tuliskan persamaan gerak?Hati-hati terjebak disini (pengalaman pribadi, karena dari pertanyaan ini, banyak pertanyaandasar yang muncul).Untuk kasus 1 dimensi itu:
2
12
o
X X V t a
 
 
Untuk kasus 3 dimensi:
2
12
o
r r v a
 Salah satu yang ngebuat lama gw adalah r, yap,, notasi r disini melambangkan kalo r merupakanvektor perpindahan pada 3 dimensi, dan masalahnya karena gw awalnya nulis X dengan (x, y, z)dibawahnya X
(x,y,z)
dan ketiga penguji sepakat kalo gw harus menggunakan notasi yang umumdigunakan. Sayangnya, 15-20 menit gw habiskan untuk mengingat notasi r tersebut.Setelah itu makin banyak pertanyaan dasar yang membombardir gw, kayak suruhgambarin koordinat kartesian (sumbu X-nya ke arah kanan, maka sumbu y dan z-nya ke arahmana) terus suruh mengingat kembali masalah vektor satuan (x bertopi, cari sendiri ya,MathType gw kadaluarsa). Bener-bener dasar, tapi yang kayak gini gw lupa.5)
 
Ada grafik seperti ini, jenis gerak apakah ini?Hati-hati dengan grafik ini, karena gw terlalu menganggap enteng, akhirnya kejebak juga disini.Intinya sih lw bisa bagi grafik diatas jadi 3 bagian (coba intuisi sendiri, gimana pembagiannya).Bagian segitiga sebelah kiri merupakan GLB (kecepatan konstan), Kotak di tengah tidak bergerakatau diam, sedangkan segitiga sebelah kanan merupakan GLB (kecepatan konstan, tapi negatif arahnya).Terus ditanya berapa jaraknya, dan berapa perpindahannya. Dan jawaban gw,perpindahan = 0 dan jarak = 2 kali X1 – Xo (intuisi lagi ya).
Dr. Imam Fachruddin
 
6)
 
Gambar gelombang elektromagnet!Gw gambar seperti gambar dibawah, terus ditanya kenapa begitu, dan gw jawab kalo E X B itukan menghasilkan arah rambatnya.
 
 7)
 
Apa itu Gelombang?Gw jawab “ getaran yang merambat”, lalu dikomentarin, intinya dia minta definisi yang lebihmenggambarkan apa itu gelombang. Karena kosakata gw sedikit, akhirnya gw nyerah danmelambaikan tangan ke kamera “nyerah mas”.8)
 
Tuliskan persamaan gelombang!Hati-hati dengan definisi dari apa itu persamaan gelombang, apa itu fungsi gelombang. Karenagw salah menyamakan fungsi gelombang dan persamaan gelombang.Fungsi gelombang itu:
()
Y ASin wt k
 Persamaan gelombang gw jawab:
222
0
d w dt 
 Ingat!!! Persamaan gelombang yang gw tulis diatas juga ada yang salah, itu hanya untuk GHSkatanya. Jadi silahkan dicari yang bener gimana.Setelah gw gagal menjawab persamaan gelombang, gw kembali disuruh nulis fungsi gelombangsepert apa, beserta arah rambatnya. Gw jawab fungsi gelombang seperti di atas, dan gw bilangbahwa arah rambatnya ke sebelah kanan. Setelah itu pak imam nyuruh gw untuk membuktikanbahwa gerak rambat gelombang tersebut ke arah kanan. Gw bingung, gw pura-pura pingsan.Tapi ketahuan.Akhirnya gw nyerah lagi, gw lambaikan tangan lagi ke kamera, “nyerah mas”.9)
 
Apa itu interferensi?Gw menjawab sesuai dengan yang di Giancoli, dan gw lolos.10)
 
Apa itu difraksi?Ini juga gw jawab seperti yang di Giancoli dan Tipler, lolos lagi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->