Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Menopause pada wanita

Menopause pada wanita

Ratings: (0)|Views: 2,557|Likes:
Published by Dewi Umami
Kesehatan Reproduksi dengan Menopause
Kesehatan Reproduksi dengan Menopause

More info:

Published by: Dewi Umami on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
TUTORIAL KESEHATAN REPRODUKSI WANITADENGAN MENOPAUSE
DI SUSUN OLEH:Dewi Umami201010105050/IIIA4
KEBIDANANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ‘AISYIYAH YOGYAKARTA
 
2011
MENOPAUSE
1.PENGERTIAN
Menopause adalah suatu masa berakhirnya reproduksi wanita yang disebabkan berkurangnya hormon estrogen dan progesteron yang ditandai berhentinya haid. Keadaandimana seorang wanita berhenti haid untuk selamanya (mati haid). Diagnosis menopausedibuat bila seorang wanita sudah tidak haid sekurang- kurangnya 1 tahun. Saat ini dikenal3 macam menopause yaitu, menopause alami, menopause dini, dan menopause buatan.Menopause normal biasa terjadi pada wanita di usia 48 tahun-51 tahun.
Menopause Alami
Menopause alami ialah masa atau fase menopause yang normal terjadi pada setiapwanita karena faktor usia yaitu berkisar pada umur 48 tahun-51 tahun. Klasifikasinya :a.PerimenopausePerimenopause biasanya dimulai beberapa tahun sebelum menopause, ketika ovariumsecara bertahap memproduksi sedikit estrogen. Perimenopause berlangsung sampaimenopause, titik ketika ovarium berhenti melepaskan telur. Dalam satu sampai dua tahunterakhir perimenopause, penurunan estrogen mempercepat. Pada tahap ini, banyak wanitamengalami gejala menopause. b.MenopauseMenopause adalah titik ketika itu sudah setahun sejak seorang wanita memiliki periodeterakhir menstruasi. Pada tahap ini, ovarium telah berhenti mengeluarkan telur danmemproduksi sebagian besar estrogen mereka.c.PostmenopauseIni adalah tahun setelah menopause. Selama tahap ini, gejala menopause, seperti hotflashes, kemudahan bagi kebanyakan wanita. Namun, risiko kesehatan yang berkaitandengan hilangnya meningkatkan estrogen sebagai usia wanita.
 
Kegagalan ovarium prematur. Biasanya, ovarium menghasilkan estrogen dan progesteron.Perubahan tingkat kedua hormon terjadi ketika indung telur, untuk alasan yang tidak diketahui, prematur berhenti memproduksi telur. Ketika ini terjadi sebelum usia 40, makadianggap kegagalan ovarium prematur. Tidak seperti menopause dini, kegagalan ovarium prematur tidak selalu permanen.
Menopause Dini (
 premature menopause
)
Menopause Dini terjadi lebih awal dari fase yang seharusnya terjadi pada wanita.Kegagalan ovarium prematur adalah menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun.Penyebabnya tidak diketahui namun mungkin berkaitan dengan penyakit autoimun ataufaktor keturunan. Selain itu, menopause dini dapat terjadi karena obat-obatan atau operasi.Operasi pengangkatan indung telur (oophorectomy) akan mengakibatkan menopause dini.Apabila dilakukan operasi pengangkatan rahim (histerektomi) tanpa pengangkatan indungtelur maka gejala menopause dini tidak akan terjadi karena indung telur masih mampumenghasilkan hormon. Selain itu, terapi radiasi maupun kemoterapi dapat menyebabkanmenopause bila diberikan pada wanita yang masih berovulasi (mengeluarkan sel telur).Wanita yang mengalami menopause dini memiliki gejala yang sama denganmenopause pada umumnya seperti hot flushes (perasaan hangat di seluruh tubuh yangterutama terasa pada dada dan kepala), gangguan emosi, kekeringan pada vagina, danmenurunnya keinginan berhubungan seksual. Wanita yang mengalami menopause dinimemiliki kejadian keropos tulang lebih besar dari mereka yang mengalami menopause lebihlama. Kejadian ini meningkatkan angka kejadian osteoporosis dan patah tulang.
Menopause Buatan
Menopause buatan yaitu fase menopause yang secara sengaja dibuat atau dilakukan pada seorang wanita karena alasan tertentu, biasanya karena alasan medis.
 Induced menopause
Menopause (diinduksi) terjadi ketika ovarium pembedahan untuk alasan medis, sepertikanker rahim atau endometriosis. Induced menopause juga dapat akibat dari kerusakan pada ovarium yang disebabkan oleh radiasi atau kemoterapi.Penyakit autoimun, operasi, dan genetika dapat menyebabkan menopause dini. Hal inimenimbulkan peluang Anda untuk mendapatkan osteoporosis dan patahtulang.Pembekuan telur merupakan pilihan bagi wanita yang menjalani kemoterapi,minum obat atau pernah memiliki operasi yang dapat merusak indung telur.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->