Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
85Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seseorang

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seseorang

Ratings: (0)|Views: 2,882 |Likes:
Published by fachrunnsaica

More info:

Published by: fachrunnsaica on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
Teori yang Mempengaruhi Perilaku Individu
A. Pengertian Perilaku
 Perilaku dapat diartikan suatu respons organisme atau seseorang terhadap rangsangan dariluar subjek tersebut. Perilaku diartikan sebagai suatu aksi-reaksi organisme terhadaplingkungannya. Perilaku baru terjadi apabila ada sesuatu yang diperlukan untuk menimbulkanreaksi, yakni yang disebut rangsangan. Berarti rangsangan tertentu akan menghasilkan reaksiatau perilaku tertentu. Perilaku manusia adalah aktivitas yang timbul karena adanya stimulus danrespons serta dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung.
Perbedaan-perbedaan Perilaku Individu
Mengapa manusia itu berbeda dalam bertindak diantaranya adalah:1. Manusia berbeda karena berbeda kemampuannya.Setiap manusia memiliki perbedaan dalam berperilaku karena proses penyerapaninformasi yang berbeda dari setiap individu tersebut yang kemudian mempangaruhi perilakuseseorang dalam bertindak.2. Manusia berbeda perilakunya karena adanya perbedaan kebutuhan.Hal ini merupakan bagian dari teori motivasi yang ditemukan oleh para ilmuwan psikologi seperti, Maslow, Mcleland, McGregor, dll. Kebutuhan manusia menjadi motif secaraintrinsik individu tersebut dalam berperilaku.3. Manusia berbeda karena mempunyai lingkungan yang berbeda dalam mempengaruhinya.Faktor lingkungan sangat berpengaruh pada manusia, suatu keputusan yang dibuat olehindividu dapat dipengaruhi dengan apa yang terjadi diluar dari dirinya dengan kata lain motivasieksternal berperan disini. Lingkungan membentuk manusia menjadi lebih baik atau menjadi jahat, ramah, atau sombong.4. Faktor Like or Dislike with SomethingPercaya atau tidak faktor ini juga mempengaruhi seseorang dalam berperilaku, apabilaseseorang tidak suka pada atasannya dalam memimpin, maka apapun yang dikatakan atasanhanya merupakan masukan tidak langsung dilakukan.
 
V
ariabel ± 
V
ariabel yang Mempengaruhi Perilaku Individu
 Kelompok variable individu terdiri dari variable kemampuan dan keterampilan, latar belakang pribadi dan demografis.Menurut Gibson ( 1987 ) : Variabel kemampuan dan ketrampilanmerupakan factor utama yang mempegaruhi perilaku kerja dan kinerja individu . Sedangkanvariabel demografis mempunyai pegaruh yang tidak langsung .Kelompok variabel psikologisterdiri dari variabel persepsi , sikap, kepribadian , belajar , dan motivasi.Variabel ini menurutGibson ( 1987 ) : banyak di pengaruhi oleh keluarga, tingkat sosial, pengalaman kerjasebelumnya dan variabel demografis.
Teori ± Teori yang Mempengaruhi Perilaku
 1. Teori Kepemimpinan ( Leadership )Kreiner menyatakan bahwa leadership adalah proses mempengaruhi orang lain yang manaseorang pemimpin mengajak anak buahnya secara sukarela berpartisipasi guna mencapai tujuanorganisasi.Salah satu contoh teori kepemimpinan :
Teori LPC dari Fielder
Fielder mengembangkan suatu ukuran orientasi pemimpin yang disebut rekan sekerja yangkurang disukai dan rekan kerja yang disukai ( LPC ).
y
 
Pemimpin yang Memberi Nilai LPC Rendah
o
 
Dianggap terutama berorientasi pada pekerjaan
o
 
Pemimpin yang Memberi Nilai LPC Tinggi
 
Dianggap terutama berorintasi terhadap hubungan.
Teori Kemungkinannya
 
y
 
Pemimpin mempunyai hubungan yang baik dengan anggota ± anggota kelompok,sebagaimana dapat diukur dari tingkat penerimaan mereka terhadap pemimpin itu.
y
 
Kekuasaan serta kedudukan pemimpin itu sedemikian tingginya sehingga bermenanguuntuk memberi imbalan ( Reward ) atau menghukum anggotanya.
y
 
Tugasnya memiliki struktur yang baik sehingga ada tujuan yang jelas, beberapa carauntuk menyelesaikan tugas dan kritera yang jelas mengenai keberhasilan.Teori BehaviorismeDalam teori behaviorisme, ingin menganalisa hanya perilaku yang nampak saja, yang dapatdiukur, dilukiskan, dan diramalkan. Teori kaum behavoris lebih dikenal dengan nama teori belajar, karena seluruh perilaku manusia adalah hasil belajar. Belajar artinya perbahan perilaku
 
organise sebagai pengaruh lingkungan. Behaviorisme tidak mau memperoalkan apakah manusia baik atau jelek, rasional atau emosional; behaviorisme hanya ingin mengetahui bagaimana perilakunya dikendalian oleh faktor-faktor lingkungan. Dalam arti teori belajar yang lebihmenekankan pada tingkah laku manusia. Memandang individu sebagai makhluk reaktif yangmemberirespon terhadap lingkungan. Pengalaman dan pemeliharaan akan membentuk perilakumereka. Dari hal ini, timbulah konsep ´manusia mesin´ (Homo Mechanicus). Ciri dari teori iniadalah mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil, bersifat mekanistis, menekankan perananlingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respon, menekankan pentingnya latihan,mementingkan mekanisme hasil belajar,mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar yang diperoleh adalah munculnya perilaku yang diinginkan. Pada teori belajar ini sering disebutS-R psikologis artinya bahwa tingkah laku manusia dikendalikan oleh ganjaran atau reward dan penguatan atau reinforcement dari lingkungan. Dengan demikian dalam tingkah laku belajar terdapat jalinan yang erat antara reaksi-reaksi behavioural dengan stimulusnya. Guru yangmenganut pandangan ini berpandapat bahwa tingkahlaku siswa merupakan reaksi terhadaplingkungan dan tingkahl laku adalah hasil belajar.
Prinsip-prinsip teori behaviorisme
- Obyek psikologi adalah tingkah laku- semua bentuk tingkah laku di kembalikan pada reflek - mementingkan pembentukan kebiasaanPavlov mengadakan percobaan laboratories terhadap anjing. Dalam percobaan ini anjingdi beri stimulus bersarat sehingga terjadi reaksi bersarat pada anjing. Contoh situasi percobaantersebut pada manusia adalah bunyi bel di kelas untuk penanda waktu tanpa disadarimenyebabkan proses penandaan sesuatu terhadap bunyi-bunyian yang berbeda dari pedagangmakan, bel masuk, dan antri di bank. Dari contoh tersebut diterapkan strategi Pavlo ternyataindividu dapat dikendalikan melalui cara mengganti stimulus alami dengan stimulus yang tepatuntuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan. Sementara individu tidak sadar dikendalikan oleh stimulus dari luar. Belajar menurut teori ini adalah suatu proses perubahanyang terjadi karena adanya syarat-syarat yang menimbulkan reaksi.Yang terpenting dalam belajar menurut teori ini adalah adanya latihan dan pengulangan. Kelemahan teori ini adalah belajar hanyalah terjadi secara otomatis keaktifan dan penentuan pribadi dihiraukan.
Skinner (1904-1990)
 Skinner menganggap reward dan rierforcement merupakan factor penting dalan belajar. Skinner  berpendapat bahwa tujuan psikologi adalah meramal mengontrol tingkah laku. Pda teori ini gurumemberi penghargaan hadiah atau nilai tinggi sehingga anak akan lebih rajin. Teori ini jugadisebut dengan operant conditioning. . Operans conditioning adalah suatu proses penguatan perilaku operans yang dapat mengakibatkan perilaku tersebut dapat diulang kembali ataumenghilang sesuai keinginan.Behaviorsime memang agak sukar menjelaskan motivasi. Motivasi terjadi dalam diri individu,sedang kaum behavioris hanya melihat pada peristiwa-peristiwa eksternal. Perasaan dan pikiranorang tidak menarik mereka. Behaviorisme muncul sebagai reaksi pada psikologi ´mentalistik´.

Activity (85)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ike Setiyowati liked this
Ruli Maulana liked this
Kharisma Ganda liked this
niputu_jeny liked this
Wind Sai liked this
mohamad asidiqy liked this
Mulyadi Adhie liked this
edoprima liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->