Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Angina

Angina

Ratings: (0)|Views: 315|Likes:

More info:

Published by: Eki Marliani Hermansyah on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/04/2012

pdf

text

original

 
Angina (Nyeri Dada)Introduksi Angina
 Nyeri dada adalah gejala umum yang disebabkan oleh banyak kondisi-kondisi yang berbeda. Beberapa penyebab- penyebab memerlukan perhatian medis yang segera, seperti angina, serangan jantung, atau perobekan dari aorta.Penyebab-penyebab lain dari nyeri dada yang mungkin tidak memerlukan intervensi medis yang segera termasuk spasme dari esophagus, serangan batu empedu, atau peradangan dari dinding dada. Diagnosis yang akurat adalah penting dalam menyediakan perawatan yang tepat pada pasien-pasien dengan nyeri dada.Diagnosis dan perawatan dari angina didiskusikan dibawah, serta diagnosis dari penyebab-penyebab lain dari nyeridada yang dapat meniru angina.
Definisi Dan Gejala-Gejala Angina
Angina (angina pectoris - Latin untuk dada yang digencet/ditekan) adalah ketidaknyamanan dada yang terjadi ketikaada suplai oksigen darah yang berkurang pada area dari otot jantung. Pada kebanyakan kasus-kasus, kekurangansuplai darah disebabkan oleh penyempitan dari arteri-arteri koroner sebagai akibat dari arteriosclerosis.Angina biasanya dirasakan sebagai:
tekanan,
keberatan,
 pengetatan,
 pemerasan, atau
nyeri diseluruh dada, terutama dibelakang tulang dada. Nyeri ini seringkali menyebar ke leher, rahang, lengan-lengan, punggung, atau bahkan gigi-gigi.Pasien-pasien mungkin juga menderita:
salah cerna (indigestion),
heartburn (nyeri di hulu hati),
kelemahan,
 berkeringat,
kejang, dan
sesak napas.Angina biasanya terjadi waktu latihan, stres emosi yang parah, atau setelah makan yang berat. Selama periode- periode ini, otot jantung menuntut lebih banyak oksigen darah daripada arteri-arteri yang menyempit dapat berikan.Angina secara khas berlangsung dari 1 sampai 15 menit dan dibebaskan dengan istirahat atau dengan menempatkantablet
nitroglycerin
dibawah lidah. Nitroglycerin mengendurkan pembuluh-pembuluh darah dan menurunkantekanan darah. Keduanya istirahat dan nitroglycerin mengurangi permintaan otot jantung untuk oksigen, jadimembebaskan angina.Angina digolongkan dalam satu dari dua tipe-tipe: 1) stable angina (angina yang stabil) atau 2) unstable angina(angina yang tidak stabil).
Stable angina
 
Stable angina adalah tipe yang paling umum dari angina, dan adalah apa yang dimaksudkan oleh kebanyakan orang-orang ketika mereka merujuk pada angina. Orang-orang dengan stable angina mempunyai gejala-gejala angina pada basis yang reguler dan gejala-gejalanya sedikit banyaknya dapat diprediksi (contohnya, menaiki tangga-tanggamenyebabkan nyeri dada). Untuk kebanyakan pasien-pasien, gejala-gejalanya terjadi selama pengerahan tenaga danumumnya berlangsung kurang dari lima menit. Mereka dibebaskan dengan istirahat atau obat, seperti nitroglycerindibawah lidah.
Unstable angina
Unstable angina adalah kurang umum dan lebih serius. Gejala-gejala lebih parah dan kurang dapat diprediksidaripada pola-pola dari stable angina. Lebih dari itu, nyeri-nyerinya lebih sering, berlangsung lebih lama, terjadiwaktu istirahat, dan tidak dibebaskan dengan nitroglycerin dibawah lidah (atau pasien perlu untuk menggunakanlebih banyak nitroglycerin daripada biasanya). Unstable angina tidaklah sama seperti serangan jantung, namun iamemerlukan kunjungan segera pada dokter anda atau departemen darurat rumah sakit karena pengujian jantunglebih jauh sangat diperlu
kan. Unstable angina seringkali adalah pendahuluan pada serangan jantung.
Penyebab Angina
Penyebab yang paling umum dari angina adalah penyakit arteri koroner. Penyebab yang kurang umum dari anginaadalah spasme (kekejangan) dari arteri-arteri koroner.
Penyakit Arteri Koroner
Arteri-arteri koroner mensuplai darah yang beroksigen pada otot jantung. Penyakit arteri koroner berkembang ketikakolesterol mengendap di dinding arteri, menyebabkan pembentukan senyawa yang keras dan tebal yang disebut plak kolesterol. Akumulasi dari plak kolesterol dari waktu ke waktu menyebabkan penyempitan dari arteri-arteri koroner, proses yang disebut arteriosclerosis. Arteriosclerosis dapat dipercepat dengan merokok,tekanan darah tinggi,kolesterol yang naik, dandiabetes. Ketika arteri-arteri koroner menjadi sempit lebih dari 50% sampai 70%, merekatidak lagi memenuhi permintaan oksigen darah yang meningkat oleh otot jantung selama latihan atau stres.Kekurangan oksigen pada otot jantung menyebabkan nyeri dada (angina).
Coronary artery spasm
Dinding-dinding dari arteri-arteri dikelilingi oleh serat-serat otot. Kontraksi yang cepat dari serat-serat otot inimenyebabkan penyempitan yang tiba-tiba (spasm) dari arteri-arteri. Spasme dari arteri-arteri koroner mengurangidarah ke otot jantung dan menyebabkan angina. Angina sebagai akibat dari spasme (kekejangan) arteri koroner disebut
"variant" angina
atau
Prinzmetal angina
. Prinzmetal angina secara khas terjadi waktu istirahat, biasanyadi jam-jam pagi dini. Spasme dapat terjadi pada arteri-arteri koroner normal serta pada yang disempitkan oleharteriosclerosis.Spasme arteri koroner dapat juga disebabkan oleh penggunaan atau penyalahgunaan cocaine. Spasme dari dindingarteri yang disebbkan oleh cocaine dapat begitu signifikan sehingga ia sebenarnya dapat menyebabkan serangan jantung.
Penyebab-Penyebab Lain Dari Nyeri Dada
Dalam merawat pasien-pasien dengan nyeri dada, dokter membedakan apakah nyeri berhubungan dengankekurangan oksigen pada otot jantung (seperti pada angina atau serangan jantung), atau disebabkan oleh proses yanglain. Banyak kondisi-kondisi dipertimbangkan yang dapat menyebabkan nyeri dada yang serupa pada yang dariserangan jantung atau angina. Contoh-contoh termasuk yang berikut:
 
Pleuritis (pleurisy)
: Peradangan dari pelapis paru-paru (pleuritis) menyebabkan nyeri dada yang tajam,yang diperburuk dengan bernapas yang dalam dan batuk. Pasien-pasien sering mencatat sesak napas,sebagaian disebabkan oleh pernapasan dangkal mereka untuk meminimalkan nyeri dada. Infeksi-infeksivirus adalah penyebab-penyebab yang paling umum dari pleurisy. Kondisi-kondisi peradangan sistemik lain, seperti systemic lupus,dapat juga menyebabkan pleurisy.
Pericarditis
: Pericarditis adalah peradangan dari pelapis yang mengelilingi jantung. Gejala-gejala dari pericarditis adalah serupa pada yang dari pleuritis.
Pneumonia: Pneumonia (infeksi bakteri dari paru) menyebabkan demam dan nyeri dada. Nyeri dada pada pneumonia bakteri disebabkan oleh iritasi atau infeksi dari lapisan paru (
pleura
).
Pulmonary embolism: Bekuan-bekuan darah yang berpergian dari vena-vena pelvis atau kaki-kaki ke paru,kondisi yang disebut pulmonary embolism. Pulmonary embolism dapat menyebabkan kematian jaringan paru (
pulmonary infarction
). Pulmonary infarction dapat menjurus pada iritasi dari pleura, menyebabkannyeri dada yang serupa pada pleurisy. Beberapa penyebab-penyebab umum dari bekuan-bekuan darah padavena-vena ini adalah deep vein thrombosis(keadaan tidak bergerak yang berkepanjangan, operasi baru-  baru ini, trauma pada kaki-kaki, atau infeksi pelvis).
Pneumothorax:Kantong-kantong kecil pada jaringan paru (alveoli) dapat pecah secara spontan,menyebabkan pneumothorax. Gejala-gejala dari pneumothorax termasuk nyeri dada yang tiba-tiba, parah,tajam dan sesak napas. Satu penyebab umum dari pneumothorax adalah emphysema yang parah.
Mitral valve prolapse
: Mitral valve prolapse adalah kelainan klep jantung yang umum, mempengaruhi 5%sampai 10% dari populasi. MVP adalah terutama umum diantara wanita-wanita yang berumur antara 20sampai 40 tahun. Nyeri dada dengan MVP biasanya adalah tajam namun tidak parah. Tidak seperti angina,nyeri dada dengan MVP jarang terjadi selama atau setelah latihan, dan biasanya tidak akan merespon padanitroglycerin.
Aortic dissection: Aorta adalah pembuluh utama yang mengantar darah dari bilik kiri (left ventricle) keseluruh tubuh. Aortic dissection (robeknya dinding aorta) adalah keadaan darurat yang mengancam nyawa.Aortic dissection menyebabkan nyeri dada dan punggung yang parah dan tak kenal henti. Kaum dewasamuda dengan aortic dissection biasanya mempunyai sindrom Marfan, penyakit yang diturunkan dimana bentuk yang abnormal dari protein struktural yang disebut collagen menyebabkan kelemahan dinding aorta.Pasien-pasien yang lebih tua secara khas mengembangkan aortic dissection sebagai akibat daritekanandarah tinggiyang kronis, sebagai tambahan pada pengerasan dari arteri-arteri (arteriosclerosis).
Costochondritis, patah-patah tulang rusuk, penegangan otot atau spasme
: Nyeri yang berasal daridinding dada mungkin disebabkan oleh penegangan otot atau spasme, costochondritis, atau patah-patahtulang rusuk. Nyeri dinding dada biasanya tajam dan konstan. Ia biasanya diperburuk oleh gerakan, batuk,napas yang dalam, dan tekanan langsung diatas areanya. Spasme dan penegangan otot dapat berakibat darimemutar dan menekuk yang tidak biasa dan bertenaga. Sendi-sendi antara tulang-tulang rusuk dan tulangrawan yang bersebelahan dengan tulang dada dapat menjadi meradang, kondisi yang disebut
costochondritis
. Tulang-tulang rusuk yang patah dari trauma atau keterlibatan kanker dapat menyebabkannyeri dada yang signifikan.
Syaraf Kejepit (Kompresi Syaraf)
: Kompresi (penekanan) dari akar-akar syaraf oleh taji-taji tulang (bonespurs) ketika mereka keluar dari sumsum tulang belakang dapat menyebabkan nyeri. Kompresi syaraf (syraf kejepit) dapat juga menyebabkan kelemahan dan kekebasan pada lengan bagian atas dan dada.
Shingles (infeksi herpes zoster dari syaraf-syaraf): Shingles adalah iritasi syaraf dari infeksi, yang dapatmenyebabkan nyeri dada berhari-hari sebelum ruam kulit yang khas apa saja timbul.
Spasme esophagus dan reflux: Esophagus adalah tabung panjang yang berotot yang menghubungkan mulutke lambung. Reflux, atau memuntahkan isi-isi lambung dan asam kedalam esophagus dapat menyebabkanheartburn dan nyeri dada. Spasme dari otot esophagus dapat juga menyebabkan nyeri dada yang tidak dapatdibedakan dari nyeri dada yang disebabkan oleh angina atau serangan jantung. Penyebab dari spasme ototesophagus tidak diketahui. Nyeri dari spasme esophagus dapat merespon pada nitroglycerin dalam carayang sama seperti angina.
Serangan Kantong Empedu (Batu-Batu Empedu): Batu-batu empedu dapat menghalangi kantong empeduatau saluran-saluran empedu dan menyebabkan nyeri yang parah dari perut bagian atas, punggung dandada. Serangan-serangan kantong empedu dapat meniru nyeri dari angina dan serangan jantung.
Ketakutan dan Serangan-Serangan Panik : Ketakutan, depresi, dan serangan-serangan panik seringkalidihubungkan dengan nyeri dada yang berlangsung dari beberapa menit sampai berhari-hari. Nyerinya dapatmenjadi tajam atau tumpul. Ia biasanya ditemani oleh sesak napas, atau ketidakmampuan untuk mengambil

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->