Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tips Psikotest dan Wawancara Kerja

Tips Psikotest dan Wawancara Kerja

Ratings: (0)|Views: 2,484 |Likes:
Published by Fuad CR

More info:

Published by: Fuad CR on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
Untuk sukses dalam sebuah
 job interview
, anda harus memperlihatkan respon yang positif untuk semua pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, untuk membantu Anda agar bisa lebih baik dalam menghadapiwawancara kerja, berikut ini diberikan daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan.Pertanyaan yang biasa ditanyakan dapat dikelompokkan dalam tiga kategori utama yaitu :1.
Pertanyaan yang menunjukkan bahwa anda dapat melakukan pekerjaan tersebut.
. Pertanyaan ini berhubungan dengan keahlian, pendidikan, dan pengalaman.Contoh: Kenapa kami mesti menerima saudara? Kenapa anda mau bekerja di perusahaan ini? Mata pelajaran apa yang paling anda sukai semasa sekolah?2.
Pertanyaan yang menunjukkan bahwa anda akan melakukan pekerjaan tersebut.
. Pertanyaan ini berhubungan dengan perilaku kerja, kemampuan untuk melalui, dan motivasi menuju sukses.Contoh: Apa yang ingin anda raih dalam 10 tahun kedepan? Apa yang akan anda lakukan? Kenapa andamemilik jurusan……semasa kuliah?3.
Pertanyaan yang menunjukkan bahwa anda dapat bersosialisasi dengan baik.
. Pertanyaan ini berhubungan dengan hubungan antar individu, fokus fleksibilitas dan kepribadian.Contoh : Dapatkah anda menggambarkan suasana dan kondisi bekerja yang menurut anda paling idealdalam hubungannya dengan karyawan lain? Jika saya bertanya pada perusahaan tempat anda bekerjasebelumnya, menurut anda apa yang akan dikatakan oleh mereka? Sebutkan tiga orang yang anda hormatidan kagumi ?
48 Pertanyaan Yang Paling Sering Ditanyakan
Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pewawancara.Jangan menghapalkan jawabannya. Pewawancara tidak mencari jawaban yang spesifik, mereka akantertarik pada respon anda dan kualitas yang ditampilkan dari respon tersebut. Tidak ada jawaban yangsangat “benar” untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.1.Apa rencara jangka panjang dan rencana jangka pendek anda, kapan dan kenapa anda merencanakan haltersebut, dan apa persiapan anda untuk mencapainya?2.Apa tujuan spesifik anda, selain yang berhubungan dengan pekerjaan, yang anda miliki untuk 10 tahunkedepan?3.Menurut anda, apa yang akan anda lakukan 5 tahun lagi?4.Apa yang sebenarnya ingin anda lakukan dalam hidup ini?5.Apa tujuan jangka panjang dari karir anda?6.Bagaimana anda mencapai tujuan karir anda?7.Apa reward terpenting yang anda harapkan dari karir anda?8.Apa yang anda harapkan anda peroleh dalam waktu 5 tahun?9.Mengapa anda memilik karir yang telah anda persiapkan tersebut ?10.Menurut anda mana yang lebih penting, uang atau tipe pekerjaan?11.Apa kelebihan dan kelemahan anda?12.Bagaimana anda mendeskripsikan diri anda sendiri?13.Bagaimana teman atau guru anda yang sangat dekat dengan anda, menjelaskan diri anda?14.Bagaimana pendidikan mempersiapkan anda untuk karir yang sedang dijalani?15.Kenapa kami mesti menerima saudara?16.Apa kualifikasi yang anda miliki, yang anda pikir menjadi modal anda menuju sukses?17.Bagaimana anda menentukan atau mengukur tingkat kesuksesan?18.Menurut anda, apa yang dibutuhkan perusahaan seperti kami agar dapat memetik kesuksesan?19.Bagaimana cara anda untuk memberikan kontribusi terhadap perusahaan ini?20.Kualitas apa yang harus dimiliki oleh seorang manajer yang sukses?21.Jelaskan hubungan seperti apa yang harus dimiliki oleh atasan dan bawahan?22.Hasil apa yang anda peroleh yang memberikan anda kepuasan maksimal? Kenapa?23.Jelaskan prestasi anda semasa kuliah?24.Jika anda mempekerjakan mahasiswa yang baru lulus, apa kualitas yang anda pertimbangkan?25.Kenapa anda memilih tempat kuliah anda?26.Apa dasar anda dalam memilih jurusan ?27.Apa mata kuliah yang paling anda senangi? Apa yang paling anda tidak senangi?28.Apakah anda suka melakukan penelitian independen?
 
29.Apa perubahan yang akan anda lakukan di Universitas tempat anda kuliah?30.Apakah menurut anda, nilai anda merupakan indikasi terbaik untuk hasil akademik anda?31.Apa yang telah anda pelajari dari kegiatan ekstrakurikuler?32.Apakah anda berniat untuk sekolah lagi?33.Suasana kerja seperti apa yang membuat anda merasa nyaman bekerja?34.Bagaimana anda bekerja dibawah tekanan?35.Pekerjaan paruh waktu seperti apa yang membuat anda tertarik? Dan kenapa?36.Bagaimana anda mendeskripsikan pekerjaan ideal bagi anda setelah anda lulus kuliah?37.Mengapa anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini?38.Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?39.Apa hal yang paling penting dalam pekerjaan anda?40.Kriteria seperti apa yang anda gunakan, untuk mengevaluasi perusahaan yang anda harapkan menjaditempat anda nanti bekerja?41.Bagaimana dengan pilihan wilayah bekerja?42.Maukah anda dipindahtugaskan ke daerah lain? Apakah pemindahtugasan tersebut menggangu anda?43.Apakah anda mau melakukan travelling?44.Apakah anda mau mengikuti pelatihan selama paling kurang 6 bulan?45.Apa masalah besar yang pernah anda temui dan bagaimana anda menyelesaikannya?46.Apa yang dapat anda pelajari dari kesalahan yang anda buat?
Pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin
 1.Ceritakan tentang diri anda.2.Apa yang anda ketahui tentang posisi dimana anda sekarang sedang diwawancarai?3.Apa yang anda pelajari dari tiga posisi terakhir anda?4.Apakah anda menyukai pekerjaan anda? Kenapa?5.Selama perjalanan karir anda, posisi mana yang paling anda sukai?6.Kenapa anda ingin merubah karir anda?7.Apakah anda memiliki pengalaman sebagai supervisor atau admin?. Ceritakan kepada saya.8.Bagaimana gaya manajemen anda?9.Bagaimana keahlian people-management? Berikan satu atau dua contoh.10.Seberapa bagus anda berkomunikasi secara lisan dan tulisan?Berikan beberapa contoh.11.Dapatkan anda memenuhi deadlines? Jika iya, berikan contoh.12.Berikan contoh keputusan yang anda buat, yang menguntungkan perusahaan.13.Apa yang akan dikatakan oleh rekan kerja anda mengenai diri anda?14.Apa yg dapat memotivasi anda?15.Apa hobi anda?16.Apa yang anda lakukan di waktu senggang anda?17.Apakah anda mau melakukan perjalanan untuk posisi ini?18.Jika karir anda menghendaki, apakah anda mau dipindahtugaskan dengan kenaikan jabatan?19.Apa persyaratan gaji anda?20.Apa yang akan dikatakan atasan anda tentang anda?(source : Lakeland.com)
. Bagaimana anda menggambarkan diri anda sendiri?
 
Contoh jawaban yang tepat:
 
 Latar belakang pendidikan telah mempersiapkan diri saya untuk menjadi konsultan keuangan yang terbaik  yang pernah ada. Baik, akan saya ceritakan secara rinci bagaimana saya mempersiapkan diri saya. Sayaadalah sarjana lulusan perguruan tinggi dengan jurusan akuntansi dan keuangan pada universitas X .Saya menguasai teori mengenai investasi dan juga pengalaman kerja di danareksa selama 2 tahun. Keduahal itu telah mempersiapkan saya secara matang pada pekerjaan ini.
1. Bagaimana anda menggambarkan diri anda sendiri?
 
Contoh jawaban yang tepat:
 
 
 Latar belakang pendidikan telah mempersiapkan diri saya untuk menjadi konsultan keuangan yang terbaik  yang pernah ada. Baik, akan saya ceritakan secara rinci bagaimana saya mempersiapkan diri saya. Sayaadalah sarjana lulusan perguruan tinggi dengan jurusan akuntansi dan keuangan pada universitas X .Saya menguasai teori mengenai investasi dan juga pengalaman kerja di danareksa selama 2 tahun. Keduahal itu telah mempersiapkan saya secara matang pada pekerjaan ini.
 
2. Coba ceritakan tentang diri anda
 
Ceritakan tentang diri anda, tetapi bukan kisah hidup anda
Berikan penjelasan singkat seperti pendidikan, target jabatan yang ingin dicapai, pengalaman pada bidang pekerjaan yang anda lamar dan latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan posisiyang anda inginkan.
3. Apa kelebihan yang anda miliki?
Jika membicarakan tentang kelebihan, hal ini tergantung pada jenis pekerjaan yang anda lamar.
4. Apa kelemahan anda?
 Pilihan jawaban untuk menjawab pertanyaan mengenai kelemahan diri:
a. Ungkapkan kelemahan anda sebagai suatu hal yang positif :
 
"Saya terkadang tidak sabar dan hal itu membuat saya bekerja menjadi berlebihan."
" Ketika saya memulai suatu pekerjaan, saya biasanya lupa untuk beristirahat makan siang.”
" Karena saya perfeksionis. Saya selalu menemui kesulitan dalam hal bekerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena saya khawatir orang lain tidak dapat menyelesaikan nyasebaik saya."
Catatan :
ungkapan perfeksionis sudah terlalu sering di ungkapkan.
b. Kemukakan kelemahan anda dalam suatu bidang dan juga berikan penyelesaiannya :
"Saya mempunyai masalah dengan pengucapan, jadi saya terbiasa membawa kamus sebagai pegangan."
c. Pilihan lain :
 
Berikan alasan yang sederhana kepada pewawancara bahwa tidak ada kelemahan anda yang akanmembuat hasil pekerjaan anda tidak maksimal.
Beri pernyataan bahwa kelemahan anda itu adalah suatu kesalahan dan anda telah belajar darikesalahan itu dan telah belajar untuk mengatasinya.
5. Dimana anda ingin berada dalam 5 (atau 10 atau 15) tahun lagi?
 
6.Apa yang anda inginkan dalam hidup anda ?

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
April 'Lia' liked this
Eddie Saputra liked this
Muhtar Izu liked this
Jimmi Rantealang liked this
Andre Nesta liked this
hendrayana1555 liked this
Ahmad Fikri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->