Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
39Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Bencana Alam

Makalah Bencana Alam

Ratings: (0)|Views: 4,183 |Likes:
Published by Mumu Ea

More info:

Published by: Mumu Ea on Jan 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang
Apa penyebab terjadinya bencana alam? Bagaimana cara mencegahterjadinya bencana alam? Apa yang akan kita lakukan untuk menghadapi bencanaalam? Jika kita dapat mengenal lebih dalam dan mengantisipasi datangnya bencana alam, maka kita bisa mengurangi kerugian yang mungkin terjadi. Usahaantisipasi ini melibatkan berbagai pihak, misalnya pemerintah, Lembaga SwadayaMasyarakat (LSM), dan warga masyarakat.
Tujuan Makalah
Beberapa tujuan penulisan yang berusaha dicapai dalam tulisan ini antara lain:1.
 
Mengetahui Macam ± macam bencana alam.2.
 
Menganalisis Proses pencegahan bencana alam.3.
 
Memenuhi tugas mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial di sekolah
 
BAB IIPEMBAHASANMencegah dan Menghadapi Bencana Alam1. Macam Bencana Alam
Secara garis besar berdasarkan penyebabnya bencana alam dibedakan menjaditiga yaitu:
a. Bencana Alam Geologis
 Bencana alam geologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh faktor yang bersumber dari bumi.
b. Bencana Alam Klimatologis
 Bencana alam klimatologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh cuacayang berubah.
c. Bencana Alam Ekstraterestrial
 Bencana alam ekstraterestrial adalah bencana alam yang disebabkan oleh bendadari luar angkasa.
2. Contoh Kejadian Bencana Alama. Bencana Alam Geologis
 1) Gempa bumiGempa bumi merupakan gejala pelepasan energi berupa gelombang yang menjalar ke permukaan bumi akibat adanyagangguan di kerak bumi berupa patah, runtuh, atau hancur.2) Letusan gunung apiGaya endogen yang mampu menimbulkan bencana alam adalah letusan gunung berapi. Ketika akan meletus dan saat meletus gunung berapi menimbulkan gayaendogen atau getaran gempa. Material-material yang dikeluarkan saat gunung apimeletus sangat berbahaya bagi manusia atau makhluk hidup lainnya. Materialtersebut antara lain lahar, awan panas, batu-batuan, pasir, kerikil, maupun debu.3) Gerakan tanah atau tanah longsor Bencana alam tanah longsor dipicu oleh faktor klimatologis seperti hujan tetapigejala awalnya disebabkan dari kondisi geologis seperti karakteristik tanah, bebatuan, dan tingkat kelandaian tanah.4) TsunamiTsunami merupakan gejala susulan akibat gempa bumi yang berpusat di dasar laut. Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua
 
gempa menyebabkan tsunami. Tsunami juga dapat terjadi akibat letusan gunung berapi yang ada di dasar laut. Selain itu runtuhan yang ada di dasar laut jugamampu menimbulkan tsunami.5) Seiche atau tsunami dalam skala kecilSeiche yaitu ayunan hantaman muka air danau atau waduk pada pantaisekelilingnya akibat guncangan bumi.
b. Bencana Alam Klimatologis
 1) Banjir Banjir merupakan luapan air yang melebihi batas.2) Banjir bandangBanjir bandang merupakan luapan air yang melebihi batas disertai dengan arusyang kencang, bahkan terjangan arus banjir  bandang ini mampu menghanyutkan benda-benda yang dilaluinya.3) BadaiBadai merupakan tiupan angin yang sangat kencang dan besar.4) KekeringanKondisi iklim yang panas tanpa adanya hujan menyebabkan tanah dan tumbuhanmenjadi kering. Saat terjadi kekeringan, air sulit didapat. Banyak tanaman yangmati dan tanah menjadi retak-retak karena kekurangan air. Sumber mata air seperti sumur dan sungai menyusut atau mengering.5) Kebakaran hutanKebakaran hutan ini terjadi bukan karena faktor kesengajaan manusia. Hutandapat terbakar karena gesekan ranting-rantingkering yang tertiup angin. Gesekan-gesekan yang berulang-ulang tersebut akanmenimbulkan percikan api. Dengan kondisi ranting maupun daun yang keringtersebut maka akan mempermudah api menjalar ke seluruh area hutan.
c. Bencana Alam Ekstraterestrial
 Hantaman meteor atau benda dari angkasa luar yang menabrak bumi. Hal initerjadi pada tahun 1908 di Rusia. Meteor atau bintang beralih jatuh ke bumi dan mengakibatkan lubang yang sangat besar menyerupai sebuah kawah.
3. Mengenal dan Mengantisipasi Bencana Alama. Gempa Bumi
 Gempa bumi merupakan gejala alam yang sampai sekarang masih sulit untuk diperkirakan kedatangannya. Sehingga dapatdilihat bahwa gejala alam ini sifatnya seolah-olah mendadak dan tidak teratur.Dengan sifat seperti ini, ketika usaha-usaha untuk memperkirakan masih belummenampakkan hasil, maka usaha yang paling baik dalam mempersiapkan diridengan cara mengatasi bencana alam ini adalah dengan mitigasi.

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dedemahmud liked this
Abib Habibi liked this
bambangmps liked this
Amriwanto Wanto added this note
sebagai salah satu ujud perhatian dari siswa terhadap bencana melalui tulisan/makalah perlu diapresiasi karena dengan sendirinya dan kesadarannya mempelajari perihal bencana yang kini sedang gencar gencarnya diadakan sosialisasi mitigasi bencana terutama pada daerah rawan bencana,..............selamat belajar dan semoga sukses kepada adik adik pelajar.
Chubaybun Achmad liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->