Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPJMD

RPJMD

Ratings: (0)|Views: 101 |Likes:
Published by aksantatakalai

More info:

Published by: aksantatakalai on Jan 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2013

pdf

text

original

 
 
 Perubahan RPJM Daerah Provinsi Jawa Barat 2008 - 2013
I - 1
PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Pembangunan daerah Jawa Barat yang dilaksanakan dalam kurun waktu Tahun 2003- 2008 telah memberikan hasil yang positif dalam berbagai segi kehidupan masyarakat.Namun demikian, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, masih terdapat berbagaimasalah penting yang harus segera diatasi. Permasalahan mendasar tersebut adalahpenduduk miskin dan pengangguran yang jumlahnya masih cukup banyak, serta masihrendahnya daya beli masyarakat. Untuk itu, tantangan dalam kurun waktu lima tahun kedepan, tidak hanya berorientasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi tetapi perludidukung dengan pemerataan pembangunan, yang diiringi dengan penanggulangankemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.Upaya penanganannya dilaksanakan dengan mempertimbangkan pendekatan sektoraldan kewilayahan serta melibatkan partisipasi aktif dari pemangku kepentingan di Jawa Barat.Dalam rangka meningkatkan sinergitas, sinkronisasi dan integrasi segenap potensi di JawaBarat tersebut, dibutuhkan sebuah rencana pembangunan yang dapat menjadi pedoman bagiseluruh pemangku kepentingan dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah diJawa Barat dalam kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan. Rencana pembangunan tersebut diwujudkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)
.
Pertimbangan dilakukan perubahan atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah(RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013 adalah sebagai berikut: (1) Beberapatarget indikator pembangunan yang ditetapkan, terutama Indeks Pembangunan Manusia(IPM) perlu disesuaikan dengan realisasi pencapaian dan kondisi tantangan pembangunanJawa Barat; (2) Terbitnya Peraturan Presiden No 5 Tahun 2010 tentang RPJMN 2010  2014;Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Perencanaan PembangunanNasional/Kepala BAPPENAS dan Menteri Keuangan tentang Penyelarasan RencanaPembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan Rencana Pembangunan JangkaMenengah Nasional (RPJMN) 2010  2014; serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No 54Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentangTahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan RencanaPembangunan Daerah; (3) Orientasi Pencapaian MDGs (INPRES No 3 Tahun 2010 tentangProgram Pembangunan yang Berkeadilan) serta Sasaran Indikator Pembangunan RPJMN2010  2014 pada setiap provinsi; (4) Kesepakatan Antara Pemerintah Provinsi dengan DPRDProvinsi Jawa Barat Nomor 050/09/Bapp dan 050.13/2126-Set. DPRD. (5) Penyesuaianterhadap Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah(RTRW) Provinsi Jawa Barat.
LAMPIRAN II : PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA BARATNOMOR : 25 TAHUN 2010TANGGAL : 31 DESEMBER 2010TENTANG : PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT NOMOR 2 TAHUN2009 TENTANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH (RPJM) DAERAHPROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2008-2013
 
 
 Perubahan RPJM Daerah Provinsi Jawa Barat 2008 - 2013
I - 2
PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
Perubahan dokumen RPJMD ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi PelaksanaanRencana Pembangunan Daerah pada pasal 50 ayat (1) bahwa rencana pembangunan daerahdapat diubah dalam hal: (1) hasil pengendalian dan evaluasi menunjukkan bahwa prosesperumusan dan substansi yang dirumuskan belum sesuai dengan mekanisme yang diaturdalam peraturan perundang-undangan; (2) terjadi perubahan yang mendasar; dan (3)merugikan kepentingan nasional.Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun2008-2013 ini selanjutnya, seperti halnya dokumen sebelumnya, menjadi pedoman bagiOrganisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun Rencana Strategis OrganisasiPerangkat Daerah (Renstra-OPD) dan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerahkabupaten/kota dalam menyusun/menyesuaikan rencana pembangunan daerahnya masing-masing dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan Jawa Barat. Untuk pelaksanaanlebih lanjut, RPJMD akan dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)yang akan menjadi pedoman bagi penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan BelanjaDaerah (RAPBD).Pada tahap kedua Tahun 2008-2013 ini, yaitu tahap penyiapan kemandirianmasyarakat Jawa Barat, kebijakan pembangunan dan anggaran akan diupayakan dalamkerangka peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengingat manusia (penduduk)sebagai fokus dan sasaran akhir dari seluruh kegiatan pembangunan Jawa Barat. Sasaranakhir dari pembangunan ke depan adalah tercapainya penguasaan atas sumberdaya(pendapatan untuk mencapai hidup layak), peningkatan derajat kesehatan (usia hiduppanjang dan sehat) dan meningkatkan pendidikan (kemampuan baca tulis dan keterampilanuntuk dapat berpartisipasi dalam masyarakat dan kegiatan ekonomi).Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun2008-2013 disusun berdasarkan beberapa pendekatan sebagai berikut:1.
 
Politik
, pendekatan ini memandang bahwa pemilihan Kepala Daerah adalah prosespenyusunan rencana, karena rakyat pemilih menentukan pilihannya berdasarkanprogram-program pembangunan yang ditawarkan para Calon Kepala Daerah. Olehkarena itu, rencana pembangunan adalah penjabaran dari agenda-agendapembangunan yang ditawarkan Kepala Daerah saat kampanye ke dalam RencanaPembangunan Jangka Menengah Daerah;2.
 
T
eknokratik
, pendekatan ini dilaksanakan dengan menggunakan kerangka berfikir,asumsi, dan metoda ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah;3.
 
Partisipatif
, pendekatan ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh pemangkukepentingan (stakeholders) terhadap pembangunan. Pelibatan ini adalah untukmendapatkan aspirasi dan menciptakan rasa memiliki terhadap dokumen perencanaan
 
 
 Perubahan RPJM Daerah Provinsi Jawa Barat 2008 - 2013
I - 3
PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
pembangunan daerah, serta menciptakan
 
konsensus atau kesepakatan pada semuatahapan penting pengambilan keputusan;4.
 
 Atas-bawah (top-down)
dan
bawah-atas (bottom-up)
, kedua pendekatan inidilaksanakan menurut jenjang pemerintahan. Rencana hasil proses atas-bawah danbawah-atas tersebut diselaraskan melalui musyawarah yang dilaksanakan baik ditingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, serta kelurahan, sehinggatercipta sinkronisasi dan sinergi pencapaian sasaran rencana pembangunan nasionaldan rencana pembangunan daerah.Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun2008-2013 disusun melalui tahapan perencanaan partisipatif dengan mengedepankan prosesevaluasi, proyeksi dan analisis terhadap faktor-faktor internal dan eksternal yangberpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap pembangunan daerahProvinsi Jawa Barat.Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi JawaBarat Tahun 2008-2013 dilakukan melalui berbagai tahapan dialog sektoral maupun dialogumum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan kunci dari pihak Pemerintah,Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, dunia usaha,perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat serta masyarakat. Selain itu dilakukantahapan konsultasi publik melalui penyebaran angket di surat kabar daerah, melaksanakanopen house serta membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukanmelalui media lainnya seperti website. Tahapan proses penyusunan, secara diagramatisdapat dilihat pada Gambar 1.1.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->