P. 1
Peraturan KPU No. 05 Tahun 2008

Peraturan KPU No. 05 Tahun 2008

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by Ahmad Said Widodo

More info:

Published by: Ahmad Said Widodo on Jan 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2012

pdf

text

original

 
 PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUMNOMOR 05 TAHUN 2008TENTANGTATA KERJA KOMISI PEMILIHAN UMUM,KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI, DANKOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN/KOTAKOMISI PEMILIHAN UMUM,Menimbang :
bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 5 ayat (4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara PemilihanUmum, dipandang perlu menetapkan Peraturan Komisi PemilihanUmum tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi PemilihanUmum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota;
Mengingat :
1. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokokKepegawaian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974Nomor 55, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3041)sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43Tahun 1999 (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 169, TambahanLembaran Negara Nomor 3890);2.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4287);3.
 
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang PenyelenggaraPemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2007 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4721);4.
 
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan UmumAnggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan DewanPerwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2003 Nomor 37, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4277);5.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003 tentang WewenangPengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pegawai NegeriSipil (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 15,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4263);
 
 
- 2 -
6.
 
Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2002 tentang PedomanPelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;7.
 
Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 33 Tahun 2002tentang Kode Etik Pelaksana Pemilihan Umum;8.
 
Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 89 Tahun 2003tentang Pengelolaan Keuangan Komisi Pemilihan Umum;
Memperhatikan :
1. Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 2001 tentang PembentukanKomisi Pemilihan Umum;2.
 
Keputusan Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umumtanggal 23 Januari 2008
MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM TENTANG TATAKERJA KOMISI PEMILIHAN UMUM, KOMISI PEMILIHANUMUM PROVINSI, DAN KOMISI PEMILIHAN UMUMKABUPATEN/KOTA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan ini, yang dimaksud dengan :1.
 
Pemilihan Umum, selanjutnya disebut Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatanrakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adildalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-UndangDasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.2.
 
Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan DewanPerwakilan Rakyat Daerah, Pemilu untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat,Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan DewanPerwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Negara Kesatuan RepublikIndonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945.3.
 
Pemilu Presiden dan Wakil Presiden adalah Pemilu untuk memilih Presiden dan WakilPresiden dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila danUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.4.
 
Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah Pemilu untuk memilih KepalaDaerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung dalam Negara Kesatuan RepublikIndonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945.
 
 
- 3 -
5.
 
Penyelenggara Pemilu adalah lembaga yang menyelenggarakan Pemilu untuk memilihanggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan PerwakilanRakyat Daerah, dan Presiden dan Wakil Presiden serta Kepala Daerah dan Wakil KepalaDaerah secara langsung oleh rakyat.6.
 
Undang-Undang adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang PenyelenggaraPemilu.7.
 
Komisi Pemilihan Umum, selanjutnya disebut KPU, adalah lembaga PenyelenggaraPemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri.8.
 
Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota,selanjutnya disebut KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, adalah PenyelenggaraPemilu di provinsi dan kabupaten/kota.9.
 
Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan RakyatDaerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota selanjutnyadisebut DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota adalah sebagaimanadimaksud dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu AnggotaDewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan RakyatDaerah.10.
 
Pegawai Negeri adalah Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian sebagaimana telahdiubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999;11.
 
Tata kerja adalah pengaturan uraian tugas dan mekanisme kerja organisasi yangmeliputi penetapan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, danpertanggungjawaban kerja.12.
 
Rapat Pleno adalah merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan AnggotaKPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Pasal 2
Penyelenggara Pemilu berpedoman kepada asas :a.
 
mandiri;b.
 
 jujur;c.
 
adil;d.
 
kepastian hukum;e.
 
tertib penyelenggara Pemilu;f.
 
kepentingan umum;g.
 
keterbukaan;h.
 
proporsionalitas;i.
 
profesionalitas; j.
 
akuntabilitas;k.
 
efisiensi; danl.
 
efektivitas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->