Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pergaulan Remaja - psikologi

Pergaulan Remaja - psikologi

Ratings: (0)|Views: 148 |Likes:
Published by Aqhuw Iiz
Obsevasi terhadap Lingkungan
Obsevasi terhadap Lingkungan

More info:

Published by: Aqhuw Iiz on Jan 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2012

pdf

text

original

 
 1
1.1 Latar Belakang
Masalah perkembangan dalam ilmu psikologi termasuk dalam perkembanganindividu. Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang dialamiindividu menuju tingkat kedewasaan dan kematangannya. Psikologiperkembangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang karakteristik padasetiap perkembangan yang melalui fase pada setiap tahapnya. Dalam hal inipenulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang remaja yang dalam masapertumbuhannya sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan disekitarnyadan segala problematika yang berpengaruh besar terhadapperkembangannya. Masa remaja seringkali disebut sebagai masa badai dantekanan, juga terjadinya krisis identitas diri, untuk mencari identitas diri ini seringterjadi masalah pada diri remaja itu sendiri. maka dengan melihat hal tersebutpenulis mengambil judul PSIKOLOGI REMAJA, KARAKTERISTIK, DANPERKEMBANGANNYA.
1.2 Perumusan Masalah
Dalam penelitian pada bagian ini penulis merumuskan masalah-masalah yangterkait, yaitu sebagai berikut :1. Pengertian remaja2. Permasalahan fisik dan kesehatan3. Realita Kehidupan Remaja4. Metode penelitian
BAB I
PENDAHULUAN
 
 2
Dalam makalah penelitian ini penulis menggunakan metode deskripsi untuk menggambarkan masalah realita yang sebenarnya terjadi. Adapun yangdilakukan penulis dalam pengumpulan data, yaitu sebagai berikut :1. Penelitian lapangan, merupakan penelitian dengan cara melakukanpenelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasiyang diperlukan dari objek penelitian, hal ini dilakukan dengan caramemberikan pertanyaan-pertanyaan langsung tentang masalahpenelitian kepada narasumber.2. Menganalisa penjelasan atas jawaban dari pertanyaan yang diberikan olehnarasumber dan kemudian menarik kesimpulan dari hasil penelitian.
1.3 Batasan Masalah
Psikologi perkembangan adalah ilmu yang luas yang saling berkesinambunganantara setiap fase-fase perkembangan agar masalah penelitian lebih terfokuskepada tujuan penelitian dan tidak terlalu luas, maka dengan ini penulismembatasi masalah penelitian hanya pada ruang lingkup Psikologi Remaja,Karakteristik dan Perkembangannya.
1.4 Tujuan Penelitian
Bertujuan untuk memenuhi tugas mandiri yang diberikan oleh dosen mata kuliahpsikologi serta bertujuan untuk memenuhi atau menjawab rasa keingintahuantentang masalah remaja yang terjadi dilingkungan sekitar yang gaya hidup dantingkah lakunya banyak dipengaruhi oleh perkembangan zaman salah satunyadalam jejaring sosial seperti facebook, twitter dan akun-akun lainnya, dimanasemua orang bisa berhubungan langsung dimanapun mereka berada dankapanpun mereka suka.
 
 3
2.1 Pengertian Remaja
Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan, kesenangan,masa mencari jati diri. Masa remaja berusia pada 12-18 tahun. Dari hasilpenelitian para remaja mengatakan bahwa masa remaja adalah masa yanglabil, masa yang paling indah, yang paling sedih, yang paling menyenangkan,dan yang paling indah untuk dikenang.Pada usia remaja adalah masa terjadinya perubahan-perubahan yang cepat,termasuk perubahan tingkah laku, emosi yang dipengaruhi oleh perubahanlingkungan. Fase remaja merupakan perkembangan individu yang sangatpenting, yang diawali dengan matangnya organ-organ fisik sehingga mampubereproduksi. Masa remaja juga disimpulkan sebagai masa perkembanganterhadap kemandirian, minat atau hobi, seksual dan moral.
2.2 Permasalahan fisik dan Kesehatan
Permasalahan akibat perubahan fisik banyak dirasakan oleh remaja awal ketikamereka mengalami masa puber. Pada remaja yang sudah selesai masapubertasnya, permasalahan fisik yang terjadi berhubungan denganketidakpuasan mereka terhadap keadaan fisik yang dimiliki yang biasanya tidak sesuai dengan fisik yang diinginkan. Mereka juga sering membandingkan fisiknyadengan fisik orang lain ataupun idola-idola mereka. Permasalahan fisik ini seringmengakibatkan mereka kurang percaya diri. Remaja perempuan merasakanketidakpuasan pada dua atau lebih dari bagian tubuhnya, khususnya padabagian pinggul, perut, paha dan paling sering pada bagian wajah mereka, baik kondisi kulitnya ataupun masalah tingkat kecerahannya. Ketidakpuasan akan
BAB II
PEMBAHASAN

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->