Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kesultanan Banten

Kesultanan Banten

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,043 |Likes:
Published by susanto

More info:

Published by: susanto on Nov 05, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2012

pdf

text

original

 
Kesultanan BantenAgeng Tirtayasa dari Banten
Sultan Ageng Tirtayasa
(Banten, 1631  – 1692) adalah putra Sultan Abu al-Ma'ali Ahmad yang menjadiSultan Bantenperiode1640-1650. Ketika kecil, ia bergelar 
Pangeran Surya
.Ketika ayahnya wafat, ia diangkat menjadi
Sultan Muda
yang bergelar 
Pangeran Ratu
atau
Pangeran Dipati
. Setelah kakeknya meninggal dunia, ia diangkat sebagai sultan dengangelar 
Sultan Abdul Fathi Abdul Fattah
. Nama Sultan Ageng Tirtayasa berasal ketika ia mendirikan keraton baru di dusun Tirtayasa(terletak diKabupaten Serang). Ia dimakamkan di Mesjid Banten.
Riwayat Perjuangan
Sultan Ageng Tirtayasa
berkuasa diKesultanan Banten  pada periode1651-1682. Ia memimpin banyak perlawanan terhadap Belanda. Masa itu,VOCmenerapkan perjanjianmonopoli perdagangan yang merugikan Kesultanan Banten. Kemudian Tirtayasa menolak  perjanjian ini dan menjadikan Banten sebagai pelabuhan terbuka.Saat itu, Sultan Ageng Tirtayasa ingin mewujudkan Banten sebagai kerajaan Islam terbesar.Di bidang ekonomi, Tirtayasa berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan membukasawah-sawah baru dan mengembangkan irigasi. Di bidang keagamaan, ia mengangkat SyekhYusuf sebagai mufti kerajaan dan penasehat sultan.Ketika terjadi sengketa antara kedua putranya, Sultan HajidanPangeran Purbaya,Belanda ikut campur dengan bersekutu dengan Sultan Haji untuk menyingkirkan Sultan AgengTirtayasa. Saat Tirtayasa mengepung pasukan Sultan Haji di Sorosowan (Banten), Belandamembantu Sultan Haji dengan mengirim pasukan yang dipimpin olehKapten Tack dan deSaint Martin.
Silsilah Sultan Ageng Tirtayasa
.Sultan Ageng Tirtayasa @ Sultan 'Abdul Fathi Abdul Fattah bin.Sultan Abul Ma'ali bin.Sultan Abul Mafakhir bin.Sultan Maulana Muhammad Nashruddin bin.Sultan Maulana Yusuf bin.Sultan Maulana Hasanuddin bin.Sultan Syarif Hidayatullah @Sunan Gunung JatiCirebon
 
Kesultanan Banten
Kesultanan Banten
berawal ketikaKesultanan Demak  memperluas pengaruhnya ke daerah  barat. Pada tahun1524/1525, Sunan Gunung Jatibersama pasukan Demak merebut  pelabuhan Banten darikerajaan Sunda, dan mendirikan Kesultanan Banten yang berafiliasi keDemak. Menurut sumber Portugis, sebelumnya Banten merupakan salah satu pelabuhanKerajaan Sunda selain pelabuhan Pontang, Cigede, Tamgara (Tangerang),Sunda KalapadanCimanuk.
Sejarah
Anak dari Sunan Gunung Jati (Hasanudin) menikah dengan seorang putri dari SultanTrenggono dan melahirkan dua orang anak. Anak yang pertama bernama Maulana Yusuf . Sedangkan anak kedua menikah dengan anak dari Ratu Kali Nyamat dan menjadi PenguasaJepara.Terjadi perebutan kekuasaan setelah Maulana Yusuf wafat (1570). Pangeran Jepara merasa berkuasa atas Kerajaan Banten daripada anak Maulana Yusuf yang bernama MaulanaMuhammad karena Maulana Muhammad masih terlalu muda. Akhirnya Kerajaan Jepara  menyerang Kerajaan Banten. Perang ini dimenangkan oleh Kerajaan Banten karena dibantuoleh para ulama.
Puncak kejayaan
Kerajaan Banten mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Abu FatahAbdulfatah atau lebih dikenal dengan namaSultan Ageng Tirtayasa. Saat itu PelabuhanBanten telah menjadi pelabuhan internasional sehingga perekonomian Banten maju pesat.Wilayah kekuasaannya meliputi sisa kerajaan Sunda yang tidak direbut kesultanan Mataramdan serta wilayah yang sekarang menjadi provinsi Lampung. Piagam Bojong menunjukkan bahwa tahun 1500 hingga 1800 MasehiLampungdikuasai oleh kesultanan Banten.
Masa kekuasaan Sultan Haji
Pada jaman pemerintahan Sultan Haji, tepatnya pada 12 Maret 1682,wilayah Lampung diserahkan kepadaVOC.seperti tertera dalam surat Sultan Haji kepada Mayor Issac de Saint Martin, Admiral kapal VOC di Bataviayang sedang berlabuh di Banten. Surat itu kemudian dikuatkan dengan surat perjanjian tanggal 22 Agustus 1682 yang membuat VOC memperolehhak monopoli perdagangan lada di Lampung
Penghapusan kesultanan
Kesultanan Banten dihapuskan tahun1813 oleh pemerintah kolonial Inggris. Pada tahun itu, Sultan Muhamad Syafiuddindilucuti dan dipaksa turun takhta olehThomas StamfordRaffles. Tragedi ini menjadi klimaks dari penghancuran Surasowan olehGubernur-Jenderal  Belanda,Herman William Daendels tahun1808.
 
Daftar pemimpin Kesultanan Banten
(dianugerahi gelar tersebut padatahun 1048 H (1638) oleh Syarif Zaid, Syarif Makkah saat itu.
)
 
Abdul Fadhl/ Sultan Yahya (1687-1690)
Muhammad Syifa Zainul Ar / Sultan Arifin (1750-1752)
Aliyuddin II(1803-1808)
Muhammad Rafiuddin(1813-1820)
Pangeran Purbaya
Pangeran Purubaya
atau
Pangeran Purbaya
dalam sejarah kerajaan-kerajaan diPulauJawamerujuk kepada beberapa nama, ada yang berasal dariKesultanan Mataram,ada yang  berasal dariKesultanan Banten, ada pula yang berasal dariKasunanan Kartasura.
Pangeran Purbaya dari Mataram
 Nama aslinya adalah
Jaka Umbaran
. Ia merupakan putra dariPanembahan Senopati yang lahir dari istri putri Ki Ageng Giring.
mengisahkan, Ki Ageng Giring menemukan kelapa muda ajaib yang jikaairnya diminum sampai habis dalam sekali teguk, akan menyebabkan si peminum dapatmenurunkan raja-raja tanahJawa. Tanpa sengaja air kelapa muda itu terminum habis olehKi Ageng Pamanahan yang bertamu ke Giring dalam keadaan haus.Ki Ageng Pamanahanmerasa bersalah setelah mengetahui khasiat air kelapa ajaib itu. Ia lalumenikahkan putranya, yaitu Sutawijayadengan anak perempuan Ki Ageng Giring. Namun karena istrinya itu berwajah jelek,Sutawijaya  pun pulang keMataramdan meninggalkannya dalam keadaan mengandung.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nitnit Nolly liked this
ariffredzuan liked this
seung44 liked this
ddxkk liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->