Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Belajar Matematika Dengan Pendidikan Matematika Indonesia

Teori Belajar Matematika Dengan Pendidikan Matematika Indonesia

Ratings: (0)|Views: 1,185|Likes:
Published by anon_414438601

More info:

Published by: anon_414438601 on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2014

pdf

text

original

 
1
TEORI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKAINDONESIASupriadi.Dosen UPI Kampus SerangAbstrak
Perjalanan pembelajaran matematika Indonesia tidak terlepas dari teori-teoribelajar yang telah bervariasi di buat oleh ahli-ahli belajar.Bagaimana merekamenciptakan pembelajaran yang efektif demi tercapainya prestasi yang baik.Semakinbanyaknya teori belajar ternyata banyak persamaan yang intinnya adalah menciptakanpembelajaran yang efektif dikelas.
A. Pendahuluan
Pendidikan Matematika berkembang sesuai waktu dan tuntutan zaman.IPTEKyang berperan mempengaruhi perkembangan pendidikan matematika kita.Sehinggaperubahan-perubahan tersebut berdampak pada perubahan pandangan kita padahakekat matematika dan pembelajarannya.Perubahan di atas berdampak padaperubahan substansi kurikulum Indonesia.Perubahan pandangan kita terhadap matematika tidak terlepas dari teoribelajar yang mendukungnya.Pembelajaran secara perlahan mengalami perubahandalam tujuan peningkatan prestasi siswa yang masih mengalami keterpurukan jikadibanding dengan bangsa lain.Beberapa pendekatan pembelajaran yang mempengaruhi peningkatan kualitaspembelajaran pendidikan matematika Indonesia adalah pendekatan RealisticMathematics Education,Pendekatan Open Ended,Pendekatan Kontekstual dan saat inikita sedang mengembangkan Lesson Study.
 
2
B. Perkembangan Kurikulum Matematika Sekolah Indonesia 1968-2002 denganTeori Belajar Pendukungnya
Kurikulum merupakan hal yang selalu mengalami perubahan di Indonesia,perubahan kurikulum dapat berdampak pada perubahan proses pembelajaran diIndonesia.Sama hal nya dengan Kurikulum Matematika juga mengalami beberapaperubahan sehingga proses pembelajaran lambat laun berubah.Sejak tahun 1968, di Indonesia telah terjadi beberapa kali perubahankurikulum matematika sekolah.Berdasarkan tahun terjadinya perubahan untuk tiapkurikulum, maka muncullah nama-nama kurikulum berikut: Kurikulum1968,Kurikulum 1975,Kurikulum 1984,Kurikulum 1996, dan kurikulum 1999., padatahun 2002 telah di susun sebuah kurikulum yang disebut Kurikulum BerbasisKompetensi (KBK) dan selain itu muncul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP).Perkembangan pendidikan matematika pada tahun 1968 mempunyai ciri-cirisebagai berikut:a.Dalam pengajaran Geometri, penekanan lebih pada keterampilanberhitung.Misalnya menghitung luas bangun geometri datar atau volume bangungeometri ruang bukan pada penngertian bagaimana rumus-rumus untuk perhitunganitu di peroleh. (Ruseffendi, 1985,h.33)b.Lebih mengutamakan hafalan yang sifatnya mekanis daripada pengertian(Ruseffendi,1979,h.2)c.Program berhitung kurang memperhatikan aspek kontinuitas dengan materi pada jenjang berikutnya, serta kurang terkait dengan dunia luar (Ruseffendi,1979,h.4)d.Penyajian materi kurang memberikan peluang untuk tumbuhnya motivasi serta rasaingin tahu anak (Ruseffendi,1979,h.5)Jika dilihat dari ciri-ciri pengajaran matematika dimulai dengan penjelasansingkat yang disertai tanya jawab dan penyajian contoh serta dilanjutkan denganpengerjaan soal-soal latihan baik yang bersifat prosedural atau penggunaan rumustertentu.Dalam proses pengajaran pengerjaan soal-soal latihan merupakan kegiatanyang diutamakan dengan maksud untuk memberi penguatan pada apa yang sudahdicontohkan guru di depan kelas. Dengan demikian,latihan untuk menghafal faktadasar,algoritma, atau penggunaan rumus-rumus tertentu dapat dilakukan melaluipengerjaan soal-soal yang diberikan.
 
3Dalam teori
Belajar Skinner
(dalam Ruseffendi, 1998,h.171),untuk menguatkan pemahaman siswa tentang apa yang baru dipelajari, maka setelahterjadinya proses stimulus-respon yang antara lain berupaya tanya jawab dalam prosespengajaran harus dilanjutkan dengan memberikan penguatan antara lain berupalatihan soal-soal. Dengan demikian teori belajar yang dominan digunakan dalamimplementasi kurikulum matematika 1968 adalah "Teori Belajar Skinner".Pada tahun 1975, terjadi perubahan yang sangat besar dalam pengajaranmatematika di Indonesia. Di awali dengan diterapkannya matematikamodern.Menurut Ruseffendi (1979,h.12-14), matematika modern tersebut memilikikarakteristik sebagai berikut:a. Terdapat topik-topik baru yang diperkenalkan yaitu himpunan, geometri, bidangdan ruang, statistika dan probalitas, relasi, sistem numerasi kuno,dan penulisanlambang bilangan non desimal. Selain itu diperkenalkannya pula konsep-konsepbaru seperti penggunaan himpunan, pendekatan pengajaran matematika secaraspiral , dan pengajaran geometri dimulai dengan lengkungan.b. Terjadi pergeseran dari pengajaran yang lebih menekankan pada hafalan kepengajaran yang bersifat rutinc. Soal-soal yang duberikan lebih diutamakan yang bersifat pemecahan masalahdaripada yang bersifat rutin.d. Adanya kesinambungan dalam penyajian bahan ajar antara Sekolah Dasar danSekolah lanjutane. Terdapat penekanan pada strukturf. Program pengajaran pada matematika modern lebih memperhatikan adanyakeberagaman antar siswag. Terdapat upaya-upaya penggunaan istilah yang tepat.h. Ada pergeseran dari pengajaran yang berpusat pada guru ke pengajaran yangberpusat pada siswai. Sebagai akibat dari pengajan yang berpusat pada siswa, maka metode pengajaranbanyak digunakan penemuan dan pemecahan masalah dengan teknik diskusi. j. Terdapat upaya agar pengajaran matematika dilakukan dengan cara menarik,misalnya melalui permainan, teka-teki atau kegiatan lapangan.Berdasarkan ciri-ciri pengajaran matematika modern di atas,maka teori belajaryang digunakan bersifat campuran. Hal ini sesuai dengan pendapat Ruseffendi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->