Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kode etik

Kode etik

Ratings: (0)|Views: 119 |Likes:
Published by Riu Re Smile

More info:

Published by: Riu Re Smile on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
Kode Etik Keperawatan merupakan bagian dari etika kesehatan yang menerapkannilai etika terhadap bidang pemeliharaan atau pelayanan kesehatan masyarakat.Tujuan Kode Etik Keperawatan agar perawat dapat menghargai dan menghormatimartabat manusia dalam menjalankan setiap tugas dan fungsinya.Tujuan :1.
 
Merupakan dasar dalam mengatur hubungan antar perawat, klien, temansebaya, masyarakat dan unsur profesi baik dalam profesi keperawatan sendirimaupun hubungannya dengan profesi lain di luar profesi keperawatan2.
 
Standar untuk mengatasi masalah yang dilakukan oleh praktisi keperawatan3.
 
Untuk melindungi praktisi yang diperlakukan secara tidak adil oleh institusimaupun masyarakat4.
 
Dasar dalam menyusun kurikulum pendidikan keperawatan5.
 
Memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya sikapprofesional dalam melaksanakan tugas praktik keperawatanhttp://senyumperawat.blogspot.com/2011/12/kode-etik-keperawatan.html Tanggung jawab utama perawat adalah meningkatkan kesehatan, mencegahtimbulnya penyakit, memelihara kesehatan, dan mengurangi penderitaan. Untukmelaksanakan tanggung jawab utama tersebut, perawat harus meyakini bahwa:a. kebutuhan terhadap layanan keperawatan di berbagai tempat adalah sama;b. pelaksanaan praktik keperawatan dititikberatkan pada penghargaan terhadapkehidupan yang bermartabat dan menjunjung tinggi hak asasi manusia;c. dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dan/atau keperawatan pada individu,keluarga, kelompok, dan masyarakat, perawat mengikutsertakan kelompok daninstansi terkait.Perawat, individu, dan anggota kelompok masyarakat Tanggung jawab utama perawatadalah melaksanakan asuhan keperawatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Oleh karena itu, dalam menjalankan tugasnya, perawat perlu meningkatkan kondisikesehatan lingkungan dengan menghargai nilai-nilai yang ada di masyarakat, adatistiadat, kebiasaan, dan kepercayaan individu, keluarga, kelompok, serta masyarakat yang menjadi pzsien/kliennya.Perawat dapat memegang teguh rahasia pribadi (privasi) dan hanya dapatmemberikan keterangan bila diperlukan oleh pihak yang ber-kepentingan ataupengadilan.
 
Perawat dan pelaksanaan praktik keperawatan Perawat memegang peranan pentingdalam menentukan dan melaksanakan standar praktik keperawatan guna mencapaikemampuan yang sesuai dengan standar pendidikan keperawatan.Perawat dapat mengembangkan pengetahuanii yang dimilikinya secara aktif untukmenopang perannya dalam situasi tertentu. Perawat sebagai anggota profesi setiapsaat dapat mempertahankan sikap sesuai dengan standar profesi keperawatan.Perawat dan lingkungan masyarakat Perawat dapat memprakarsai pembaruan,tanggap, mempunyai inisiatif, dan dapat berperan serta aktif dalam menemukanmasalah kesehatan dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.Perawat dan sejawat Perawat dapat menopang hubungan kerja sama dengan temansejawat, balk tenaga keperawatan maupun tenaga profesi lain di luar keperawatan.Perawat dapat melindungi dan menjamin hak seseorang yang merasa terancam dalammasa perawatannya.Perawat dan profesi keperawatan Perawat memainkan peran yang besar dalammenentukan pelaksanaan standar praktik keperawatan dan pendidikan keperawatan.Perawat diharapkan ikut aktif dalam pengembangan pengetahuan guna menopangpelaksanaan perawatan secara profesional.Perawat, sebagai anggota organisasi profesi, berpartisipasi dalam memeliharakestabilan sosial dan ekonomi sesuai dengan kondisi pelaksanaan praktikkeperawatan.http://hmik.psik-umj.ac.id/berita-105-kode-etik-keperawatan.html MukadimahBerkat bimbingan Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan tugas pengabdianuntuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan tanah air, Persatuan Perawat NasionalIndonesia (PPNI) menyadari bahwa perawat Indonesia yang berjiwa pancasila danUUD 1945 merasa terpanggil untuk menunaikan kewajiban dalam bidangkeperawatan dengan penuh tanggung jawab, berpedoman kepada dasar-dasarseperti tertera di bawah ini:Perawat dan Klien1. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan
 
martabat manusia, keunikan klien, dan tidak terpengaruh oleh pertimbangankebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, dan agama yang dianut serta kedudukan social.2. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan senantiasa memeliharasuasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat dankelangsungan hidup beragama dari klien3. Tanggung jawab utama perawat adalah kepada mereka yang membutuhkan asuhankeperawatan4. Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui sehubungan dengantugas yang dipercayakan kepadanya kecuali jika diperlukan oleh berwenang sesuaidengan ketentuan hukum yang berlaku.Perawat dan Praktik1. Perawat memelihara dan meningkatkan kompetisi dibidang keperawatan melaluibelajar terus menerus2. Perawat senantiasa memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggi disertaikejujuran professional yang menerapkan pengetahuan serta keterampilankeperawatan sesuai dengan kebutuhan klien.3. Perawat dalam membuat keputusan didasarkan pada informasi yang akurat danmempertimbangkan kemampuan serta kualifikasi seseorang bila melakukankonsultasi, menerima delegasi dan memberikan delegasi kepada orang lain4. Perawat senantiasa menjunjung tinggi nama baik profesi keperawatan denganselalu menunjukkan perilaku professionalPerawat dan Masyarakat1. Perawat mengemban tanggung jawab bersama masyarakat untuk memprakarsaidan mendukung berbagai kegiatan dalam memenuhi kebutuhan dan kesehatanmasyarakat.Perawat dan Teman Sejawat1. Perawat senantiasa memelihara hubungan baik dengan sesama perawat maupundengan tenaga kesehatan lainnya, dan dalam memelihara keserasian suasanalingkungan kerja maupun dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan secaramenyeluruh2. Perawat bertindak melindungi klien dari tenaga kesehatan yang memberikanpelayanan kesehatan secara tidak kompeten, tidak etis dan illegal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->