Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Materi IAD

Rangkuman Materi IAD

Ratings: (0)|Views: 750 |Likes:
Published by Kurniawan Tirta Aji

More info:

Published by: Kurniawan Tirta Aji on Jan 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2013

pdf

text

original

 
Materi kelompok 6 (Sumber Daya Alam dan Lingkungan)I.
 
Klasifikasi Sumber Daya AlamKlasifikasi sumber daya alam
Z
Berdasarkan Bentuk yang dapat dimanfaatkana.
Sumber daya alam hayati
 Sumber daya alam hayati ialah sumber daya alam yang berupa hewan dan tumbuh-tumbuhan.-Sumber daya hewani: berasal dari hewan.-sumber daya alam nabati: berasal dari tumbuhan. b.
Sumber daya alam energi
 Sumber daya alam energi ialah sumber daya alam yang terkandung pada suatu benda, energiatau tenaga yang dihasilkan dan berguna bagi manusia.Contoh: bahan baku minyak, gas alam, batu bara, dan kayu bakar.c.
Sumber daya alam ruang
 Sumber daya alam ruang ialah ruang atau tempat yang diperlukan manusia untuk memenuhikebutuhan hidupnya. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk mata pencaharian(pertanian, perikanan), tempat tinggal, dan sebagainya. Contoh: di kota-kota besar seperti jakarta, sumber daya alam ruangnya makin sulit didapat.d.
Sumber daya alam materi
 Sumber daya ini biasanya berupa berbagai mineral, contohnya mineral besi yang dapatdijadikan berbagai bahan baku alat rumah tangga ataupun bangunan.e.
Sumber daya alam waktu
 Sumber daya alam waktu ialah sumber daya alam yang penting karena berkaitan dg pemanfaatan sumber daya lain. Contoh: pemanfaatan air pada musim kemarau dan musim penghujan.
Z
Berdasarkan Sifat Pembentukannyaa.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (Renewable Resources)
Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat diperbaharuioleh alam atau manusia.Sumber daya alam dapat diperbaharui dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.1) Pembaharuan dengan reproduksiPembaharuan ini terjadi pada sumber daya alam hayati seperti hewan dan tumbuhan yang berkembang biak.2) Pembaharuan dengan adanya siklusContoh: udara dan air dapat diperbaharui oleh alam melalui siklus. b.
Sumber Daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Unrenewable resources)
 Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat habisdalam penggunaannya atau dapat juga dibentuk lagi tetapi memerlukan waktu yang lamayaitu ribuan tahun bahkan jutaan tahun. Contohnya semua jenis bahan galian (tambang).1) Golongan A yaitu golongan bahan galian strategis.Contoh: semua jenis batu batu bara, minyak bumi, bahan radio aktif, tembaga, aluminium,timah putih, mangan, besi, nikel, dan sebagainya. Bahan galian ini penting untuk menjamin perekonomian negara.
 
2) Golongan B yaitu golongan bahan galian vital.Contoh: emas, perak, magnesium, seng, wolfarm, batu permata, mika, asbes, dan sebagainya.Bahan galian penting untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.3) Golongan C yaitu bahan galian yang tidak termasuk ke dalam golongan A atau BContoh: bahan galian yang termasuk bahan industri.
Z
Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnyaa.
sumber daya alam yang tidak cepat habis
 karena nilai konsumtifnya terhadap barang relatif kecil manusia memanfaatkannya hanyadalam jumlah sedikit, dipakai secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habiscontoh: intan, batu permata, dan emas. b.
Sumber daya alam yang cepat habis
Karena nilai konsumtif barang tersebut relatif tinggi. Manusia menggunakan dalam jumlahyang banyak, daur ulang sukar dilakukan.Contoh; bensin, gas alam, dan bahan bakar lainnya.
Z
Berdasarkan jenisnyaa.
sumber daya alam biotic
sumber daya alam biotik ialah sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhantermasuk di dalamnya mikroorganisme. b.
Sumber daya alam fisik (non hayati)
 Sumber daya alam fisik ialah sumber daya alam yang berupa benda mati.Contoh: tanah, air , udara, mineral, dan sebagainya.II. Pengelolaan Sumber Daya Alam pengelolaan sumber daya alam seharusnya mengacu kepada aspek konservasi dan pelestarianlingkungan. Eksploitasi sumber daya alam yang hanya berorientasi ekonomi hanya membawaefek positif secara ekonomi tetapi menimbulkan efek negatif bagi kelangsungan kehidupanumat manusia.Dengan memperhatikan permasalahan dan kondisi sumber daya alam dan lingkunganhidup dewasa ini, maka kebijakan di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidupditujukan pada upaya:
 
(1) mengelola sumber daya alam, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapatdiperbaharui melalui penerapan teknologi ramah lingkungan dengan memperhatikan dayadukung dan daya tampungnya,
 
(2) memberdayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi dalam pengelolaan sumber daya alamdan lingkungan hidup bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,
 
(3) memelihara kawasan konservasi yang sudah ada dan menetapkan kawasan konservasi baru di wilayah tertentu, dan
 
(4) mengikutsertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan.
 
Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraanmasyarakat.
 
 
Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup terdiri atas 3 fungsi, yaitu : Sumber DayaAlam, Lingkungan Hidup dan Kebersihan.
 
Adapun beberapa hal yang dapat diusahakan untuk kelestarian sumber daya alam danlingkungan, yaitu :
 
1)
 
Berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan kesinambungan
 
 
Penghijauan dan Reboisasi
 
Usaha penghijauan dan reboisasi hutan dapat mencegah rusaknya lingkungan yang berhubungan dengan air,tanah dan udara.
 
 
Sengkedan atau terasering
 
 
Pengembangan daerah aliran sungai
 
 
Pengelolaan air limbah
 
 
Penertiban pembuangan sampah
 
2)
 
Berdasarkan prinsip mengurangi
 
Dalam mengambil sumber daya alam sebaiknya jangan diambil semuanya,tetapi berprinsipmengurangi saja. Pengambilan yang dihabiskan akan merusak lingkungan dan menggangguekosistem lingkungan.
 
3)
 
Berdasarkan prinsip daur ulang
 
Proses daur ulang adalah pengolahan kembali suatu masa atau bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah kering yag tidak mempunyai nilai eknomi menjadi barang yang berguna bagikehidupan manusia.
 
Ada dua system pengelolaan sampah yaitu system pengelolaan formal dan informal
 
 
System pengelolaan formal
 
Yakni pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan yang dilakukan oleh aparat setempat,misalnya Dinas Kebersihan dan Pertanaman.
 
 
System pengelolaan informal
 
Yakni aktifitas yang dilakukan oleh dorongan kebutuhan untuk hidup dari sebagianmasyarakat. Secara tidak sadar mereka berperan serta dalam kebersihan kota dan merekasebenarnya juga merupakan pendekar lingkungan.
 
III.
 
Masalah Kependudukan dan Lingkungan HidupLingkungan Hidup Pengertian lingkungan hidupLingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakupsegala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dankomponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.Masalah penduduk sebenarnya sangat kompleks, banyak sekali aspek yang mencakup aspek didalamnya, diantara aspek pangan, pemukiman, sandang, pendidikan, kesehatan,ketenagakerjaan, lingkungan hidup, dan sebagainya. Lalu, apa saja konsekuensi yang mestiditerima oleh Negara ± Negara yang sedang berkembang dengan laju pertumbuhan penduduk yang demikian cepat itu? Diantara beberapa konsekuensi tsb, ada tiga hal yang perlu dicatatyaitu : 1) jumlah angkatan kerja bertambah dengan cepat seiring engan cepatnya laju pertumbuhan penduduk, 2) rendahnya kemampuan Negara ± Negara yang sedang berkembang untuk menciptakan kesempatan kerja tambahan, dan 3) semakin menurunnyadaya dukung lingkungan terhadap kualitas kehidupan. Masalah ± masalah lanjutan yangmuncul kemudian adalah angka pengangguran semakin meningkat, urbanisasi, migrasi makin

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tika Oktaviani liked this
Douwers liked this
Yoeni Mbozo liked this
Puput Lurah liked this
Nenx Desi liked this
Dina Kholipah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->