Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dampak Tumpahan Minyak Pada Biota Laut

Dampak Tumpahan Minyak Pada Biota Laut

Ratings: (0)|Views: 305 |Likes:
Published by Radinal

More info:

Published by: Radinal on Jan 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2014

pdf

text

original

 
Dampak Tumpahan Minyak pada Biota Laut 
 
KALAU dilihat dari perkembangan industri minyak yang berkembang begitu pesat, produksiminyak bumi di dunia lebih dari tiga miliar ton per tahun. Memang perairan menjadi rawantimbulnya pencemaran minyak karena separuh dari seluruh produksi tersebut diangkut melaluilaut oleh kapal tanker sehingga kecelakaan-kecelakaan yang mengakibatkan tercecernya minyakdi laut hampir tidak dapat dielakkan.Pencemaran minyak di laut bukan hanya akibat dari kecelakaan kapal, tetapi pencemaran itu juga bersumber dari kegiatan pengeboran, produksi, pengilangan, transportasi minyak,perembesan dari reservoirnya, serta kegiatan pemuatan dan pembongkaran di pelabuhan.Meningkatnya frekuensi pencemaran akan mengancam kebersihan lingkungan perairan. Bila halini tidak segera ditanggulangi, pada waktu singkat laju pencemaran laut akan menjadi tidakterkendali.Pencemaran minyak di perairan paling sering terjadi dibandingkan di darat dan sangatmemprihatinkan. Tidak mengherankan kalau masyarakat di Pemaron, Kabupaten Buleleng,Provinsi Bali, khawatir akan terjadinya tumpahan minyak bahan bakar pembangkit listrik tenagagas uap (PLTGU) yang bersumber dari kapal tongkang pengangkut minyak (Kompas, 21Februari 2004).
Kasus tumpahan minyak
Jauh sebelumnya tercatat telah beberapa kali terjadi kasus tumpahan minyak di perairanIndonesia yang menyebabkan pencemaran pada air laut. Akibat hal ini dapat mengganggukehidupan biota laut, terutama pada ikan. Bukan hanya itu, ikan yang telah terkontaminasiminyak bumi jika dikonsumsi akan berakibat fatal pada kesehatan, seperti timbulnya gejalapusing dan mual.Senyawa hidrokarbon yang terkandung dalam minyak bumi berupa benzena, toluena,ethylbenzena, dan isomer xylena, dikenal sebagai BTEX, merupakan komponen utama dalamminyak bumi, bersifat mutagenik dan karsinogenik pada manusia. Senyawa ini bersifatrekalsitran, yang artinya sulit mengalami perombakan di alam, baik di air maupun di darat,sehingga hal ini dapat mengalami proses biomagnition pada ikan ataupun pada biota laut yanglain.Bila senyawa aromatik tersebut masuk ke dalam darah, akan diserap oleh jaringan lemak danmengalami oksidasi dalam hati membentuk phenol, kemudian pada proses berikutnya terjadireaksi konjugasi membentuk senyawa glucuride yang larut dalam air, kemudian masuk ke ginjal.Senyawa antara yang terbentuk adalah epoksida benzena yang beracun dan dapatmenyebabkan gangguan serta kerusakan pada tulang sumsum. Keracunan yang kronismenimbulkan kelainan pada darah, termasuk menurunnya sel darah putih, zat beku darah, dansel darah merah yang menyebabkan anemia. Kejadian ini akan merangsang timbulnyapreleukemia, kemudian leukemia, yang pada akhirnya menyebabkan kanker. Dampak lain adalahmenyebabkan iritasi pada kulit.Untuk menanggulangi tumpahan minyak di laut, kadang-kadang lapisan minyak diperlakukandengan dispersant. Dengan perlakuan dispersant dapat meningkatkan biodegradasi minyak,namun penggunaan dispersant telah dilaporkan bersifat sangat toksik pada biota laut. Salah satualternatif penanggulangan minyak bumi di laut yang ramah lingkungan adalah denganbioteknologi, yaitu menggunakan bakteri pemakan minyak bumi.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Smile Bee liked this
Alfian Syamsudin liked this
Nur Azizah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->