Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pedoman Penyusunan Makalah Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Pedoman Penyusunan Makalah Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Ratings: (0)|Views: 249 |Likes:
Published by Ahmad Said Widodo
PEDOMAN PENYUSUNAN MAKALAH CALON ANGGOTA KOMISI PEMILIHAN UMUM DAN CALON ANGGOTA BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
Para pendaftar Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang dinyatakan lulus pada tahap seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Tahap Kedua berupa : Tes Tertulis, Tes Kesehatan, dan Tes Psikologi. Sebelum mengikuti Seleksi Tahap Kedua, Calon diwajibkan menulis makalah personal dengan panduan sebagai berikut : Makalah Per
PEDOMAN PENYUSUNAN MAKALAH CALON ANGGOTA KOMISI PEMILIHAN UMUM DAN CALON ANGGOTA BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
Para pendaftar Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang dinyatakan lulus pada tahap seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Tahap Kedua berupa : Tes Tertulis, Tes Kesehatan, dan Tes Psikologi. Sebelum mengikuti Seleksi Tahap Kedua, Calon diwajibkan menulis makalah personal dengan panduan sebagai berikut : Makalah Per

More info:

Published by: Ahmad Said Widodo on Jan 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2012

pdf

text

original

 
PEDOMAN PENYUSUNAN MAKALAHCALON ANGGOTA KOMISI PEMILIHAN UMUM DANCALON ANGGOTA BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
Para pendaftar Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Calon Anggota BadanPengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang dinyatakan lulus pada tahap seleksiadministrasi berhak mengikuti Seleksi Tahap Kedua berupa : Tes Tertulis, Tes Kesehatan,dan Tes Psikologi. Sebelum mengikuti Seleksi Tahap Kedua, Calon diwajibkan menulismakalah personal dengan panduan sebagai berikut :
Makalah Personal (Esai)
Ditulis dengan menggunakan komputer 1.5 spasi, font Times New Roman ukuran 12 olehCalon di rumah dan diserahkan pada hari menjelang pelaksanaan Tes Tertulis.
Bahasayang dipergunakan dalam penulisan makalah adalah Bahasa Indonesia.
Makalah Pribadi disusun dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:(Setiap bagian dijawab dalam kertas yang terpisah).
BAGIAN PERTAMA
 
Ceritakan secara singkat siapa diri Anda dan bagaimana Andadibesarkan dalam keluarga? Pada saat ini, bagaimana Andamenggunakan waktu di luar pekerjaan resmi sehari-hari. Dalamorganisasi apa saja anda luangkan waktu Anda, (mohon sebutkanorganisasi-organisasi tempat Anda terdaftar dalam 2 tahun terakhir).Berikanlah minimal lima nama orang (di luar keluarga dan tempat Andabekerja/kantor) yang sering berinteraksi dengan Anda.
Adakah orang-orang yang pernah menjadi atau hingga saat ini menjadiacuan kuat tentang nilai-nilai/karekter luhur yang Anda upayakan pegangteguh? Siapakah mereka, bila ada? Nilai-nilai atau karakter sepertiapakah yang Anda teladani dan coba terapkan?
Apakah Anda benar-benar yakin bahwa Anda benar-benar berintegritas(bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme)?Berikanlah skor dari 0-100 yang mencerminkan skor integritas Anda (di mana 100%sangat berintegritas dan 0% sangat tidak berintegritas). Jelaskanlah mengapa Andamenilai skor Anda demikian.
BAGIAN KEDUA
Dalam pemilu seringkali kecurangan/manipulasi seolah-olah tidakterelakkan. Ada kecurangan yang bisa ditoleransi dan adakecurangan/manipulasi yang sama sekali tidak dapat ditoleransi.
1
 
2
Setujukah Anda? Jelaskan dengan menyebut alasan-alasannya dan bericontoh pada kasus-kasus yang Anda pernah ketahui atau alami sendiri.
Pernahkah Anda menghadapi situasi di mana Anda seperti harusmelakukan kecurangan/manipulasi untuk mencapai sesuatu? Adakahcara yang Anda lakukan untuk mengatasinya. Bila tidak, mengapa?
Dalam kehidupan bermasyarakat seringkali kita dihadapkan pada situasiuntuk memutuskan sesuatu sementara dasar hukum yang melandasinyakurang jelas. Bila Anda mengalami hal demikian apakah yang menjadipegangan bagi Anda?
BAGIAN KETIGA
Apakah Anda pernah melakukan kegiatan sosial/politik/ekonomi/budayayang menurut Anda penting? Ceriterakan, apakah tujuan aktivitas itu?Apakah peran Anda dalam kegiatan tersebut? Seberapa besar dampakyang telah dihasilkan bagi masyarakat? Jelaskan. Apakah ada dukunganatau kendala yang Anda jumpai dalam mencapai tujuan yang Andaimpikan? Apakah ada rencana untuk memperbesar aktivitas Anda?
Sebutkan beberapa orang yang Anda anggap berperan besar yang ikutserta dalam aktivitas Anda? Apa peran mereka?
Sebutkan alasan Anda, apakah pengalaman Anda dalam melakukankegiatan berorganisasi selama ini dapat berguna pada saat Andamenjadi salah seorang anggota KPU atau anggota Bawaslu (bila andaterpilih).
BAGIAN KEEMPAT
Apa tanggapan Anda terhadap pernyataan berikut. Setiap manusia dalambertindak selalu dapat dipengaruhi oleh pihak lain, baik tindakan burukatau baik. Dalam menyelenggarakan Pemilu, anggota KPU atau anggotaBawaslu juga dapat dipengaruhi oleh pihak-pihak yang memilikikepentingan tertentu, baik yang sejalan atau tidak sejalan dengan misiKPU atau Bawaslu. Pihak manakah menurut Anda yang dapat dijadikanmitra kerja dalam mendukung misi KPU atau Bawaslu dan sebaliknyapihak manakah yang harus Anda waspadai dapat mengganggu misi KPUatau Bawaslu.
 
3
Bila anda terpilih menjadi anggota KPU atau anggota Bawaslu, apakahstrategi yang menurut Anda tepat untuk menghindari intervensi negatif dari pihak lain. Jelaskan!
Seberapa besar pengaruh keluarga atau teman pada diri Anda? Siapasaja orang-orang yang harus Anda dengarkan dan mengapa suaramereka penting Anda dengar?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->