Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
55Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Kerja Praktek Di Pt.pln (Persero) Area Bulungan

Laporan Kerja Praktek Di Pt.pln (Persero) Area Bulungan

Ratings: (0)|Views: 5,506 |Likes:
Published by aradhietya

More info:

Published by: aradhietya on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
STT-PLN JAKARTA
 
PT.PLN (PERSERO) APL BULUNGAN KERJA PRAKTEK
1
 
BAB IPENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang Masalah
Kebutuhan akan energi listrik selama ini selalu meningkat dari tahun ketahun sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dankesejahteraan masyarakat. Peningkatan tersebut ditandai pula oleh beberapahal seperti:
Perkembangan Industri dan Bisnis yang semakin maju
Pertambahan penduduk yang dengan sendirinya akan menyebabkanbertambahnya pemakaian listrik.
Peralatan yang membutuhkan tenaga listrik makin bertambahKomunikasi data dari pelanggan ke pihak PT.PLN ( Persero ) , dalamhal ini bagian Transaksi Energi ( TE ) sub Bidang Pencatatan Meter ( CATER )masih menjadi kendala yang terkadang menjadi penghambat proses pekerjaandi bidang ini. Karena dalam pelaksanaannya masih banyak di Area Pelayananyang tersebar diseluruh Indonesia , pembacaan meternya masih dengan caramanual.Hal inilah yang seringkali menjadi faktor penghambat proses pekerjaan.Pembacaan Meter dengan cara manual adalah sistem baca metermemanfaatkan tenaga kerja outsourching, ( Mitra Kerja PT.PLN ) yang manatenaga kerja ini akan mengambil gambar meteran yang terdapat di setiaprumah pelanggan menggunakan kamera. Dalam prosesnya, cukup banyakmasalah yang didapat contohnya, seringakali rumah pelanggan terkuncisehingga gambar meteran tidak bisa di ambil, kendala juga bisa datang darihasil gambar yang kurang jelas sehingga kWh meter tidak bisa dibaca.Tentunya masalah
 –
masalah ini sangat menjadi kendala bagi pihak PT.PLNkhususnya bagian CATER.
 
STT-PLN JAKARTA
 
PT.PLN (PERSERO) APL BULUNGAN KERJA PRAKTEK
2
 
Seiring kemajuan teknologi, sehingga dirancang dan dibuat sistem
Autometic Meter Reading Power Line Carrier ( 
AMR
 –
PLC),
yaitu sebuahmeter elektronik yang dilengkapi dengan modem PLC sehingga dapatmelakukan komunikasi data melalui jaringan tegangan jala-jala listrik 220 VoltPLN.Kemajuan Teknologi ini sudah barang tentu membutuhkan Investasiyang sangat besar untuk itu maka PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Rayadan Tangerang yang cukup luas dengan jumlah pelanggan yang cukupbesar, hanya baru menempatkan teknologi AMR pada Area Pelayanantertentu.Berdasarkan hal diatas, maka penulis akan memberikan suatupenjelasan lebih rinci mengenai komunikasi data dalam bentuk karya tulisyang diberi judul
Sistem Kerja Automatic Meter Reading DenganMenggunakan Media Power Line Carrier 220V Di Kawasan Pondok Indah
”.
 
1.2 Maksud dan Tujuan Kerja Praktek
 Maksud dan tujuan dari Kerja Praktek ini adalah:1. Menambah pengetahuan dan pemahaman tentang sistem AMR,khususnya yang dipergunakan di PT. PLN ( Persero ) Distribusi JakartaRaya dan Tangerang Area Bulungan serta mampu menjelaskan sistemAMR sebagai sistem kontrol dan pencatatan pemakaian energi listrik.2. Mengaplikasikan teori yang selama ini didapatkan di perkuliahan padakenyataan kerja di lapangan.3. Memahami proses pengolahan data sehingga dapat diproses ke dalambentuk rekening.
1.3 Waktu dan Tempat Kerja Praktik
 
Kerja praktik ini kami laksanakan di PT. PLN (Persero) Area Bulungan,Jalan Sisingamangaraja No.1 Kebayoran Baru
 –
Jakarta 12120. Waktupelaksanaan kerja praktek mulai tanggal 01 Agustus
 –
30 September 2011.
 
STT-PLN JAKARTA
 
PT.PLN (PERSERO) APL BULUNGAN KERJA PRAKTEK
3
 
1.4 Ruang Lingkup Permasalahan
 
Mengingat ruang lingkup pada bidang Teknologi Elektro khususnyapada bidang pengukuran besaran listrik dan komunikasi data sangat luas,maka penulis akan membatasi masalah yang akan diuraikan pada laporankerja praktek ini. Adapun detil masalah yang akan penulis uraikan adalahsebagai berikut:
Definisi dan system kerja AMR.
Perkembangan AMR.
Sistem Telekomunikasi Data AMR PLC,
Komponen AMR PLC.
Analisa kelebihan dan kelemahan pemakaian Autometic Meter ReadingPLC.Dalam hal ini penulis membatasi masalah pembahasan yaitu tentang alatbantu yang digunakan untuk mengenali sinyal komunikasi sistem AMR PLC.
1.5 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan selama pelaksanaan KerjaPraktik adalah sebagai berikut:
 
1. Metode ObservasiDengan cara ini kami mencari data dengan melihat langsung ke lapangan,sehingga data yang dibutuhkan dapat diperoleh secara langsung melaluiperalatan yang ada melalui bimbingan mentor.2. Metode WawancaraKami melakukan wawancara secara langsung dengan mentor atau operatoragar mendapatkan penjelasan mengenai bidang yang di tanganinya untukmendapatkan data dan informasi lebih lengkap.3. Metode Studi LiteraturKami mengumpulkan data melalui beberapa buku referensi, baik buku-bukukuliah, buku dari mentor maupun buku dari perpustakaan yang menunjangterhadap judul yang sedang dibahas.

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Reza Novandi liked this
Taufik Insani liked this
AL liked this
geshima liked this
Yova Prameswari liked this
AlfiaRochman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->