Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Dampak Televisi Kepada Anak

Makalah Dampak Televisi Kepada Anak

Ratings: (0)|Views: 1,280 |Likes:
Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Manajemen Produksi Pemberitaan MMTC Jogjakarta 2011. Oleh Sandra Meilia, Anissa Wulan, Fitries Erinda dan Ario Adi.
Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Manajemen Produksi Pemberitaan MMTC Jogjakarta 2011. Oleh Sandra Meilia, Anissa Wulan, Fitries Erinda dan Ario Adi.

More info:

Published by: Sandra Ernst Emmerich Tsanikoyakoya on Jan 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Pada era modern ini, televisi telah menjadi salah satu media penyiaran yang paling diminati masyarakat. Televisi telah berkembangsedemikian pesatnya, sehingga program siarannya pun telah beragam.Televisi menyiarkan segala hal yang berhubungan dengan aspek kehidupanmanusia, seperti politik, kriminal, ekonomi, budaya, sosial, bahkan hiburan.Inilah yang menjadikan televisi sebagai media penyiaran yang paling lekatdengan manusia. Dan seakan menjadi kebutuhan yang utama, televisi telahmenjadikan mayoritas masyarakat menjadi konsumtif akan segala hal yangdisuguhkannya. Sikap konsumtif masyarakat inilah yang menyebabkansemua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan yang terbaik.Dengan berbagai acara yang ditayangkan mulai dari infotainment,entertainment, iklan, sampai pada sinetron-sinetron dan film-film yang berbau kekerasan, televisi telah mampu membius para pemirsanya (anak-anak, remaja dan orang tua) untuk terus menyaksikan acara demi acara yangdikemas sedemikian rupa, dan di bubuhi dengan assesories-assesories yangmenarik, sehingga membuat pemirsanya terkagum-kagum dengan acarayang disajikan. Tidak jarang sekarang ini banyak anak-anak lebih suka berlama-lama didepan televisi dari pada belajar, bahkan hampir-hampir lupaakan waktu makannya. Ini merupakan suatu problematika yang terjadidilingkungan kita sekarang ini, dan perlu perhatian khusus bagi setiap orangtua untuk selalu mengawasi aktivitas anaknya.Dwyer menyimpulkan, sebagai media audio visual, TV mampumerebut 94% saluran masuknya pesan ± pesan atau informasi ke dalam jiwamanusia yaitu lewat mata dan telinga. TV mampu untuk membuat orang pada umumnya mengingat 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar 
 
2
 
dilayar televisi walaupun hanya sekali ditayangkan. Atau secara umumorang akan ingat 85% dari apa yang mereka lihat di TV setelah 3 jamkemudian dan 65% setelah 3 hari kemudian. Dengan demikian terutama bagi anak-anak yang pada umumnya selalu meniru apa yang mereka lihat,tidak menutup kemungkinan perilaku dan sikap anak tesebut akan mengikutiacara televisi yang ia tonton. Apabila yang ia tonton merupakan acara yanglebih kepada eduatif, maka akan bisa memberikan dampak positif tetapi jikayang ia tonton lebih kepada hal yang tidak memiliki arti bahkan yangmengandung unsur-unsur negatif atau penyimpangan bahkan sampai kepadakekerasan, maka hal ini akan memberikan dampak yang negatif pulaterhadap prilaku anak yang menonton acara televisi tersebut. Oleh sebab itu,sudah seharusnya setiap orang tua mengawasi acara televisi yang menjaditontonan anaknya dan sehingga dapat melakukan proteksi tehadap dampak-dampak yang akan ditimbulkan oleh acara televisi tersebut.
B.
 
Tujuan
Dengan ini, penulis akan memaparkan tujuan ± tujuan dari penulisan makalah ini :1.
 
Menganalisis tayangan televisi pada era modern.2.
 
Menganalisis minat dan antusiasme masyarakat terhadap tayangantelevisi.3.
 
Menganalisis dampak tayangan televisi terhadap masyarakat,khususnya anak.4.
 
Memberikan solusi kepada orang tua terhadap dampak negatif siarantelevisi terhadap anak.
 
3
 
C
. Manfaat
 Makalah ini ditujukan kepada setiap orang tua agar lebih berhati-hatiterhadap acara-acara yang disiarkan ditelevisi dan bisa mengantisipasidampak-dampak yang bisa ditimbulkan dari acara-acara televisi, sertaorang tua lebih selektif dalam memilih acara-acara televisi, yang manacocok untuk perkembangan anaknya dan acara yang mana tidak cocok untuk perkembangan anaknya. Sehingga fungsi televisi sebagai saranainformatif, edukatif, rekreatif dan sebagai sarana mensosialisasikan nilai-nilai atau pemahaman-pemahaman baik yang lama maupun yang baru,dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
YoChie YouLhizah liked this
Teshara Sylvia liked this
Agnis Runi liked this
Bayu Nopratama liked this
Nafa Fahira liked this
Coo Andri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->