Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Profile Hamka

Profile Hamka

Ratings: (0)|Views: 42|Likes:
Published by Siti Sakinah Salleh

More info:

Published by: Siti Sakinah Salleh on Jan 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
PROFILE HAMKA
 NAMA Haji Abdul Malik Karim Amrullah (
Buya HAMKA
)
sebutan Buya, yaitu panggilan buat orang Minangkabau yang berasal dari kata
abi
,
abuya
 dalam bahasa Arab, yang berarti
ayahku
, atau seseorang yang dihormati.
 TARIKHLAHIR 
17 Februari 1908
MENINGGAL
24 Julai 1981 (73 tahun) di Malaysia
 TEMPATLAHIR 
Kampung Molek, Meninjau, Sumatera Barat, IndonesiaManinjau merupakan salah satu nagari yang terdapat dalam Kecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Maninjau juga bertindak sebagai ibukotakecamatan Tanjung Raya. Terletak 27 km dari ibukota Kabupaten Agam, Lubuk Basung;36 km dari Bukittinggi.Kelok 44 yang terkenal itu bermula dari Maninjau sepanjang +/- 10 km sampai keAmbun Pagi. Kondisi jalanan cukup ekstrim dengan sejumlah kelok (tikungan 180derajat) yang menanjak, serta beberapa tanjakan yang cukup panjang dan curam. Disekitar kelok 3-5 terdapat kumpulan kera yang cukup jinak, sehingga menjadi atraksiwisata tersendiri.
 NAMAAYAH
Syekh Abdul Karim bin Amrullah, yang dikenal sebagai Haji Rasul, yang merupakan pelopor Gerakan Islah (tajdid) di Minangkabau, sekembalinya dari Makkah pada tahun1906.
PENDIDIKAN
 pendidikan rendah di Sekolah Rendah Maninjau.(SETAKAT GRED 2)ayahnya membuka Thawalib atau sekolah fardhu ain di kampung halamannya PadangPanjang (swktu umurnya 10 tahun) dimana belajar menguasai bahasa arab.
 
Mentor 
Syekh Ibrahim Musa
dilahirkan di Parabek, Bukittinggi pada tahun 1882. Setelah belajar pada beberapa perguruan, pada umur 18 tahun ia berangkat ke Mekah dan belajar di negeri itu selama 8 tahun. Ia kembali ke Minangkabau pada tahun 1909 dan mulaimengajar pada tahun 1912. kemudian ia berangkat lagi ke Mekah pada tahun berikutnyadan kembali pada tahun 1915. Saat itu ia telah mendapat gelar Syekh Ibrahim Musa atauInyiak Parabek sebagai pengakuan tentang ilmu agamanya.Ketika kembali ke Minangkabau, Inyiak Parabek mendirikan Sumatera Thawalib diParabek, Inyiak Karim Amarullah (orang tua Buya Hamka) mendirikan Thawalib diPadangpanjang. Berdirinya Madrasah tahun 1910 dimulai dengan halaqah di Parabek.Lama pendidikannya variatif bahkan ada yang mencapai 11 tahun. Namun sejak tahun1980 sampai sekarang menjadi 6 tahun. Bedanya, sekarang ada pendidikan Takhashus.Jadi murid Parabek yang telah tamat tapi merasa belum puas dengan ilmunya bisamenambah pendidikan non formal.
Ahmad Rasyid Sutan Mansur
 
atau lebih dikenal sebagai
AR 
Sutan Mansur
(Maninjau,Sumatera Barat,15 Desember   1895 ± 25 Mac 1985) adalah seorang tokoh dan pemimpinMuhammadiyah. Buku-  bukunya antara lain:1.
 
Pokok-pokok Pergerakan Muhammadiyah2.
 
Penerangan Azas Muhammadiyah3.
 
Hidup di Tengah Kawan dan Lawan4.
 
Tauhid, Ruh Islam5.
 
Ruh JihadR.M. Surjopranoto
aden Mas Soerjopranoto
(Ejaan Soewandi 
Ejaan
epublik 
(
edj
aan
epoe
blik 
) adalah ketentuan ejaan dalam Bahasa Indonesia yang berlaku sejak 17 Maret 1947. Ejaan ini kemudian jugadisebut dengan nama
edjaan Soewandi
, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu.Ejaan ini mengganti ejaan sebelumnya, yaitu Ejaan Van Ophuijsen yang mulai berlaku sejak tahun 1901.Perbedaan-perbedaan antara ejaan ini dengan ejaan Van Ophuijsen ialah:
y
 
huruf 
'oe' menjadi '
u
', sepe
rt
i pada
goeroe
guru
.
y
 
b
u
nyi
h
amza
h
dan
b
u
nyi sen
t
ak yang se
b
el
u
mnya dinya
t
akan dengan (') di
tu
lis dengan 'k', sepe
rt
i padaka
t
a-ka
t
a
tak 
,
 pak 
,
makl 
u
m
,
akjat 
.
y
 
ka
t
a
u
lang
b
ole
h
di
tu
lis dengan angka 2, sepe
rt
i
ubur2
,
ber-
main
2
,
e-b
a
at 
2-
an
.
y
 
awalan 'di-' dan ka
t
a depan 'di' ked
u
a-d
u
anya di
tu
lis se
r
angkai dengan ka
t
a yang mengik
ut
inya. Ka
t
a depan'di' pada con
t
o
h
 
ru
mah
,
isawah
,
t
idak di
b
edakan dengan im
b
uh
an 'di-' pada
be
li 
,
imakan
.
Ejaan Soewandi ini berlaku sampai tahun 1972 lalu digantikan oleh Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) pada masamenteri Mashuri Saleh. Pada masa jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada 23 Mei 1972Mashuri mengesahkan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dalam bahasa Indonesia yang menggantikan EjaanSoewandi. Sebagai menteri, Mashuri menandai pergantian ejaan itu dengan mencopot nama jalan yang melintas didepan kantor departemennya saat itu, dari Djl. Tjilatjap menjadi Jl. Cilacap.:
Suryopranoto) (lahir diJogjakarta,11 Januari 1871± meninggal diTjimahi,15 Oktober  1959pada umur 88 tahun) adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-3 oleh Presiden RI,Soekarno, pada30 November  1959(Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 310 Tahun 1959, tanggal 30 November 1959)
i Bagoes Hadikoesoemo
atau
i Bagus Hadikusumo
(lahir diJogjakarta,24  November  1890± meninggal diJakarta,4 November  1954pada umur 63 tahun) adalah
 
seorang tokoh BPUPKI. Ia dilahirkan di kampung Kauman dengan nama R. Hidayat pada 11 Rabi'ul Akhir 1308 H (24 November 1890). Ki Bagus adalah putra ketiga darilima bersaudara Raden Kaji Lurah Hasyim, seorang abdi dalem putihan (pejabat) agamaIslam di Kraton Yogyakarta.Ia mendapat pendidikan sekolah rakyat (kini SD) dan pendidikan agama di pondok  pesantren tradisional Wonokromo Yogyakarta. Kemahirannya dalamsastra Jawa,Melayu, danBelandadidapat dari seorang yang bernama Ngabehi Sasrasoeganda, dan Ki Bagus juga belajar  bahasa Inggrisdari seorang tokoh Ahmadiyah yang bernama MirzaWali Ahmad Baig.Selanjutnya Ki Bagus pernah menjadi Ketua Majelis Tabligh (1922), Ketua MajelisTarjih, anggota Komisi MPM Hoofdbestuur Muhammadijah (1926), dan Ketua PPMuhammadiyah (1942-1953). Ia sempat pula aktif mendirikan perkumpulan sandiwaradengan nama Setambul. Selain itu, bersama kawan-kawannya ia mendirikan klub bernama Kauman Voetbal Club (KVC), yang kelak dikenal dengan nama PersatuanSepak Bola Hizbul Wathan (PSHW).Pada tahun1937, Ki Bagus diajak olehMas Mansoer untuk menjadi Wakil Ketua PP Muhammadiyah. Pada tahun 1942, ketikaKH Mas Mansur dipaksa Jepang untuk  menjadi ketuaPutera(Pusat Tenaga Rakyat), Ki Bagus menggantikan posisi ketua umumyang ditinggalkannya. Posisi ini dijabat hingga tahun 1953.Semasa menjadi pemimpin Muhammadiyah, ia termasuk dalam anggotaBPUPKIdanPPKI. Ki Bagus Hadikusumo sangat besar peranannya dalam perumusan MuqadimahUUD 1945 dengan memberikan landasan ketuhanan, kemanusiaan, keberadaban, dankeadilan. Pokok-pokok pikirannya dengan memberikan landasan-landasan itu dalamMuqaddimah UUD 1945 itu disetujui oleh semua anggota PPKI.Ki Bagus aktif membuat karya tulis, antara lain
 Is
lam S 
e
bagai Da
 s
ar N 
e
 gara
dan
 Achlaq P 
e
mim
 p
in
. Karya-karyanya yang lain yaitu
 Ri
 s
alah Katr 
e
 s
nan D
 j
ati
(1935),
 P 
oe
 s
taka Ha
i
(1936),
 P 
oe
 s
taka
 Is
lam
(1940),
 P 
oe
 s
taka
 I 
ch
 s
an
(1941), dan
 P 
oe
 s
taka
 I 
man
(1954).Setelah meninggal,Pemerintah Republik Indonesiamenetapkannya sebagai PahlawanPerintis Kemerdekaan Nasional Indonesia.cendekiawan Muslim tersohor sebagai mentornya
Hobi
membaca buku falsafah,sastera,sejarah,dan politik 
 Bakat
merupakan seorang yang petah berpidato,berjiwa seni melalui pantun dan syair dalamkaryanya serta seorang yang berani dalam memberi semangat untuk umat Islammenentang pihak Belanda di Indonesia.
Pekerjaan
menjadi guru agama di Tebing Tinggi, Medan dan Padang Panjang (1929) pensyarah di Universiti Islam Jakarta dan Universiti Muhammadiyah, Reaktor PerguruanTinggi Jakarta dan Pengawai Tinggi Agama Indonesia. (1957-1958)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->