Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB II Rispanzi

BAB II Rispanzi

Ratings: (0)|Views: 84 |Likes:
Published by Atoy Aukflarung

More info:

Published by: Atoy Aukflarung on Jan 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
4
BAB IISEKILAS TENTANG PT PLN ( Persero) WS2 JBCABANG BENGKULU2.1
 
Sejarah PT PLN (Persero) WS2JB Cabang Bengkulu
 
PT PLN (Persero) atau sering disebut PLN, merupakan salah satu perusahaan andalan pemerintah di bidang jasa kelistrikan. Sebagai salah satuPerusahaan Umum Milik Negara (BUMN), PT PLN (Persero) diharapkandapat mensejahterahkan mesyarakat terutama dalam penyediaan energi tenagalistrik. Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, kebutuhan akan tenaga listrik sudah harga yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, mengingat tenaga listrik menjadi sumber utama dalam berbagai kegiatan rumah tangga dan sosialmasyarakat.Sejarah kelistrikan di Indonesia dimulai sejak zaman penjajahanBelanda dengan nama NIGEM yaitu sebuah perusahaan listrik milik NegaraBelanda. Pada masa itu, listrik hanya dipakai secara terbatas oleh orang-orangBelanda yang ada diwilayah Hindia Belanda (Indonesia), atau oleh orangorang pribumi yang bekerja dengan Belanda saja.Untuk Daerah Propinsi Bengkulu, kelistrikan pertama kali direncakansekitar tahun 1919, dengan adanya usaha pembangunan Pembangkitan Listrik Tenaga Air (PLTA) yang digunakan untuk kepentingan tambang emas diMuara Aman (Rejang Lebong). Namun secara menyeluruh kemudian berkembang ke daerah lainmulai tahun 1928. Perusahaan litrik yang ada diBengkulu pada masa itu diberi nama OGEM. Hal ini berlangsung hinggaIndonesia merdeka tahun 1945. Namun tiga tahun setelah Indonesia merdeka,sebagian perusahaan kelistrikan di Bengkulu tersebut masih dikuasai olehBelanda. Pada tahun 1949, perusahaan OGEM diledakkan sampai habis olehBelanda pada saat terjadinya Agresi Militer Belanda.Listrik dapat dinikmati oleh masyarakat Bengkuu pada tahun 1961setelah direhabilitasi oleh pemerintah Republik Indonesia. Pada masa itu perusahaan listrik di Bengkulu bernama PLN Eksploitasi II Cabang Bengkulu.Selanjutnya berdasarkan PP No 18 tahun 1972 berubah nama menjadi
 
5
 
Perusahaan Umum (Perum) Listrik Negara Wilayah IV Cabang Bengkulu.Perum Listrik Negara Wilayah IV Cabang Bengkulu pada mulanya tergolongtipe C, yang kemudian berdasarkan SK Direktur Perum PLN No. 66/Dir/1980tanggal 8 September 1980 ditetapkan bahwa Perum Listrik Negara WilayahIV Cabang Bengkulu meningkat menjadi tipe A.Pada tanggal 6 Juni 1994 dikeluarkan PP No. 23 tahun 1994 denganakte notaris Sitjipto, S.H. Nomor 169 tanggal 30 Juli 1994 yang menyatakan bahwa status PLN berubah menjadi Perusahaan Umum Milik Negara menjadiPT Persero.
2.2
 
Wilayah Kerja PT PLN (Persero) WS2JB Cabang Bengkulu
 
PT PLN (Persero) WS2 JB Cabang Bengkulu adalah salah satu unit pelaksanaan kelistrikan di propinsi Bengkulu yang dibantu oleh 5 ranting,rayon dan 35 Sub-Ranting / Kantor jaga yang tersebar di 3 Kabupaten dan 1Kotamadya. Yaitu ;
1.
 
Rayon Nusa Indah melayani kota Bengkulu, yaitu : Kec. Nusa Indah,Gading Cempaka, Selebar, Muara Bengkulu, Pondok Kelapa, TalangEmpat, Karang Tinggi, Taba Penanjung, Sukaraja dan Seluma.
 2.
 
Rayon Teuk Segara melayani Kota Bengkulu yaitu Kecamatan GadingCempaka dan Selebar.
 3.
 
Ranting Arga Makmur melayani Kabupaten Bengkulu Utara danKabupaten Muko-Muko
 4.
 
Ranting Muara Aman melayani Kabupaten Lebong, yaitu : Kec. LebongUtara, Lebong Selatan, Lebong Tengah dan Lebong Atas.
 5.
 
Ranting Curup Melayani Kabupaten Rejang Lebong, yaitu : Kec. KotaPadang, Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi, Kecamatan Kepahiang,Selupu Rejang dan Bermani Ulu.
 6.
 
Kabupaten Kepahiang melayani Kabupaten Kepahiang yaitu KecamatanKepahiang, Tebat Kerai, Bermani Ilir dan Ujan Mas.
 7.
 
Ranting Mama melayani Kabupaten Bengkulu Selatan dan KabupatenSeluma.
 
 
6
 
2.3
 
Sumber Tenaga Listrik di Propinsi Bengkulu
 
Kelistrikan di Propinsi Bengkulu disuplay/pasok dari :
1.
 
PLTD Pulau Bai, PLTD Sukamerindu, PLTA TES, PLTA Musi, disebut juga Sistem Bengkulu yang terinterkoneksi dengan sistem SumselLampung yang dikelola oleh PT PLN Sektor Bengkulu.
 2.
 
PLTD-PLTD dan PLTM yang isolated di ranting-ranting di sub-ranting.
 3.
 
Pembangkit-pembangkit kecil atau isolated dapat dilihat dari tabel di bawah ini :
 NO UnitJumlah MesinBuah
1 PLTD Muko-muko 52 PLTD Air Hitam 63 PLTD Manna 134 PLTD Padang Guci 105 PLTD Beringin 56 PLTD Kepala Curup 27 PLTD Kota Bani 6Total
2.4
 
Visi, Misi dan Motto PT PLN (Persero) WS2JB Ranting Muara Aman2.4.1
 
Visi PT PLN (Persero) Ws2JB Ranting Muara AmanDiakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuhkembang, Unggul, dan Terpercaya dengan bertumpu pada potensiinsani.
 
2.4.2
 
Misi PT PLN (Persero) WS2JB Ranting Muara Aman
 
y
 
Menjalankan Bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terikat, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
 
y
 
Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkankualitas hidup masyarakat.
 
y
 
Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatanekonomi.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->