Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi Kewibawaan Seorang Pendidik (Makalah)

Definisi Kewibawaan Seorang Pendidik (Makalah)

Ratings: (0)|Views: 965 |Likes:
Published by Hikmah Khumaira

More info:

Published by: Hikmah Khumaira on Jan 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

 
MAKALAHLANDASAN ILMU PENDIDIKAN
KEWIBAWAAN PENDIDIK Kelas 1.c
NAMA KELOMPOK :1. ANA TRIANA2. ASRI MEGA REKNO3. HIKMAH KHUMAIRA
KELOMPOK XII
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN BIOLOGIUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
 
KEWIBAWAAN SEORANG PENDIDIK 
A.Definisi Kewibawaan Pendidi
Arti dari kata wibawa itu sendiri ialah
karisma
”. Dengan demikian,kewibawaan pendidik adalah kepatuhan peserta didik secara sadar dan sukarelaterhadap nasihat dan peraturan yang ditetapkan baik oleh agama, adat istiadat,keluarga, pendidikan dan kurikulum.Berikut ini, beberapa definisi lain tentang kewibawaan, antara lain :a)Menurut Weins Tanlain, dkk. (1996) menjelaskan bahwa kewibawaanadalah adanya penerimaan, pengakuan, kepercayaan siswa terhadap gurusebagai pendidik yang memberi tuntunan dan nilai-nilai manusiawi. b)Menurut Charles Schaefer (1996) menjelaskan bahwa kewibawaan yangefektif didasarkan atas pengetahuan yang lebih utama atau keahlian yangdilaksanakan dalam suatu suasana kasih sayang dan saling menghormati.Oleh sebab itu, seorang pendidik diharapkan memiliki sikap kewibawaan agar mampu membimbing siswa kepada pencapaian tujuan belajar yang sesungguhnyaingin direalisasikan.
B.Pengaruh Sikap Kewibawaan Pendidi
Menurut T. Raka Joni (1982) menyatakan bahwa karakteristik seorang guru(pendidik) meliputi :a)penguasaan materi yang mantap, b)sepenuh hati menyukai bidangnya,c)menguasai berbagai strategi pembelajaran,d)mampu mengelola kegiatan pembelajaran secara klasikal, kelompok danindividual,e)mengutamakan standar prestasi yang tinggi untuk siswa dan dirinya, danf)dekat dan suka bergaul dengan siswa.
 
Dengan demikian, guru (pendidik) harus memiliki kemampuan, keterampilan, pandangan yang luas serta harus memiliki kewibawaan dan kesungguhan dalammelaksanakan tanggung jawab. Kewibawaan pendidik tersebut di atas harusdidasarkan pada proses internalisasi tercermin pada pendekatan pendidik taerhadap peserta didik, luwes tetapi juga tegas dan sistematis dalam pengaturankerja.Menurut Prayitno (2002) menyatakan bahwa Hubungan antara pendidik dan peserta didik haruslah mengarah kepada tujuan-tujuan intrinsik pendidikan, danterbebas dari tujuan-tujuan ekstrinsik yang bersifat pamrih untuk kepentingan pribadi pendidik.Sejalan dengan itu, wibawa guru (pendidik) dimata murid (peserta pendidik)kian jatuh seiring dengan adanya perubahan sosiokultural masyarakat. Dikatakandemikian, karena khususnya di sekolah-sekolah kota yang hanya menghormatikewibawaan guru (pendidik) apabila ada maksud-maksud tertentu seperti untuk mendapatkan nilai tinggi.Kewibawaan yang hakiki itu melekat pada karakter bukan sekedar tampilanluar yang setiap saat bisa luntur hanya karena suatu kesalahan. Sehingga sikapkewibawaan itu sangat penting bagi seorang pendidik karena jika sampai hilang,hancurlah citra seorang pendidik di mata peserta didik. Peserta didik akanmengacuhkan dan meragukan kemampuan integritasnya sebagai seorang pendidik.Bila hal tersebut terjadi maka seorang pendidik harus memperbaiki diri. Dan halitu tidak mudah dilakukan untuk mendapatkan kembali kewibaan seorang pendidik. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu dan pembuktian yang nyata untuk mengembalikan sikap kewibawaan pendidik.
C.Beberapa Unsur Utama Membangun Kewibawaan
Lima utama membangun kewibawaan, antara lain :1.Pengakuan dan Penerimaan KesadaranKesadaran dan pemahaman tentang hak milik manusia dan dimensikemanusiaan yang merupakan sikap dasar untuk memuliakan kemanusiaan peserta didik melalui pendidikan.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jajang Kuil liked this
Jali Omar liked this
Winda Nalurita liked this
Kha Tikaa liked this
Rani Fadhillah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->