Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi IPA Kelas X

Materi IPA Kelas X

Ratings: (0)|Views: 6,440|Likes:
Published by Ndra Nuqx

More info:

Published by: Ndra Nuqx on Jan 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/06/2013

pdf

text

original

 
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan proses pembentukan minyak bumi dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
A. Pembentukan dan Komposisi Minyak Bumi
Istilah minyak bumi diterjemahkan dari bahasa latin (petroleum), artinya petrol (batuan) dan oleum(minyak). Nama petroleum diberikan kepada fosil hewan dan tumbuhan yang ditemukan dalamkulit bumiberupa gas alam, batubara, dan minyak bumi.
Pembentukan dan Eksplorasi
Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil hewan dan tumbuhan kecil yang hidup di laut dan tertimbunselama berjuta-juta tahun lampau. Ketika hewan dan tumbuhan laut mati, jasad merekatertimbun oleh pasir dan lumpur di dasar laut. Setelah ribuan tahun tertimbun, akibat pengaruhtekanan dan suhu bumi yang tinggi, lapisan-lapisan lumpur dan pasir berubah menjadi batuan.Akibat tekanan dan panas bumi, fosil hewan dan tumbuhan yang terjebak di lapisan batuansecara perlahan berubah menjadi minyak mentah dan gas alam. Kedua bahan tersebutterperangkap di antara lapisan-lapisan batuan dan tidak dapat keluar.Untuk mengetahui sumber minyak bumi diperlukan pengetahuan geologi dan pengalaman. Pekerjaan ini merupakan tugas dan tanggung jawab parainsinyur pertambangan dan geologi.Tahap pertama eksplorasi minyak bumi adalah mencari petunjuk dipermukaan bumi seperti adanyalipatan-lipatan batuan. Lipatan-lipatan itu akibat tekanan gas dan minyak bumi yang merembes kedalam batuan berpori sehingga minyak bumi dapat naik ke permukaan, tetapi tidak mencapai permukaan bumi karena tertahan oleh lapisann batuan lain.
Setelah mempelajari modul ini siswa dapat mendeskripsikan kekhasan atomkarbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon, menggolongkan senyawa hidrokarbonberdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
 
A. Karakteristik Atom KarbonKekhasan Atom Karbon
Atom karbon memiliki empat elektron valensi. Keempat elektron valensi tersebut dapatmembentuk empat ikatan kovalen melalui penggunaan bersama pasangan elektron dengan atom-atom lain. Atom karbon dapat berikatan kovalen tunggal dengan empat atom hidrogenmembentuk molekul metana (CH4).Rumus Lewisnya:Selain dapat berikatandengan atom-atom lain, atom karbon dapat juga berikatan kovalen dengan atom karbon lain, baik ikatan kovalen tunggal maupun rangkap dua dan tiga, seperti pada etana, etena danetuna (lihat pelajaran Tata Nama Senyawa Organik).Kecenderungan atom karbon dapat berikatan dengan atom karbon lain memungkinkan terbentuknya senyawa karbon dengan berbagai struktur (membentuk rantai panjang atau siklik). Hal inilah yang menjadi ciri khas atomkarbon.Jika satu atom hidrogen padametana (CH4) diganti oleh gugus –CH3 maka akan terbentuk etana (CH3–CH3). Jika atomhidrogen pada etana diganti oleh gugus –CH3 maka akan terbentuk propana (CH3–CH2–CH3) danseterusnya hingga terbentuk senyawa karbon berantai atau siklik.
Atom C Primer, Sekunder, Tersier, dan Kuartener
Berdasarkan kemampuan atom karbon yang dapat berikatan dengan atom karbon lain, munculistilah atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuartener. Istilah ini didasarkan pada jumlahatom karbon yang terikat pada atom karbon tertentu.Atom karbon primer adalah atom-atom karbon yang mengikat satu atom karbon tetangga.
 
Atomkarbon sekunder adalah atom-atom karbon yang mengikat dua atom karbon tetangga.Atom karbon tersier adalah atom-atom karbon yang mengikat tiga atomkarbon tetangga. 
Setelah mempelajari modul ini diharapkan siswa mampu menjelaskan perkembangan konsep reaksi reduksi oksidasi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
A. PENGERTIAN REDUKSI OKSIDASIPengikatan Oksigen :
Senyawa yang terbentuk dari hasil reaksi dengan oksigen dinamakan oksida sehingga reaksi antaraoksigen dan suatu unsur dinamakan reaksi oksidasi. Karat besi adalah senyawa yang terbentuk dari hasil reaksi antara besi dan oksigen (besi oksida). Perkaratan besi merupakan salah satucontoh dari reaksi oksidasi. Persamaan reaksi pembentukan oksida besi dapat ditulis sebagai berikut.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
De'gina Delitha added this note|
like
De'gina Delitha added this note|
this is help me for searching materi ipa for class X.. thank you very much
1 thousand reads
1 hundred reads
smy98 liked this
ferteg liked this
Ikhie Furqon added this note|
mkasih atas adanya teknologi mengerjaklan tugas menjadi mudah, tidak sulit. tingkatkan yang positif kurangi yang negatif.
Dedy Fuady liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->