Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
9937661

9937661

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 847 |Likes:
Published by Gustifa fauzan

More info:

Published by: Gustifa fauzan on Nov 08, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2011

pdf

text

original

 
PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN, DANPENELITIAN TINDAKAN KELAS SERTAIMPLEMENTASINYA DI KELAS
PENELITIAN KUALITATIF
Penelitian dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis penelitian, misalnya:
Penelitian kualitatif 
(termasuk penelitian historis dan deskriptif)adalah penelitianyang tidak menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Prosespenelitian dimulai dengan menyusun asumsi dasar dan aturan berpikir yang akandigunakan dalam penelitian. Asumsi dan aturan berpikir tersebut selanjutnyaditerapkan secara sistematis dalam pengumpulan dan pengolahan data untukmemberikan penjelasan dan argumentasi. Dalam penelitian kualitatif informasi yangdikumpulkan dan diolah harus tetap obyektif dan tidak dipengaruhi oleh pendapatpeneliti sendiri. Penelitian kualitatif banyak diterapkan dalam penelitian historis ataudeskriptif.
Penelitian historis
menerapkan metode pemecahan yang ilmiah denganpendekatan historis. Proses penelitiannya meliputi pengumpulan dan penafsiranfenomena yang terjadi di masa lampau untuk menemukan generalisasi yang bergunauntuk memahami, meramalkan atau mengendalikan fenomena atau kelompokfenomena. Penelitian jenis ini kadang-kadang disebut juga penelitian dokumenter karena acuan yang dipakai dalam penelitian ini pada umumnya berupa dokumen.
1
 
Penelitian historis dapat bersifat komparatif, yakni menunjukkan hubungan daribeberapa fenomena yang sejenis dengan menunjukkan persamaan dan perbedaan;bibliografis, yakni memberikan gambaran menyeluruh tentang pendapat ataupemikiran para ahli pada suatu bidang tertentu dengan menghimpun dokumen-dokumen tentang hal tersebut : atau biografis, yakni memberikan pengertian yangluas tentang suatu subyek, sifat dan watak pribadi subyek, pengaruh yang diterimaoleh subyek itu dalam masa pembentukan pribadinya serta nilai subyek itu terhadapperkembangan suatu aspek kehidupan.
Penelitian deskriptif 
adalah penelitian tentang fenomena yang terjadi padamasa sekarang. Prosesnya berupa pengumpulan dan penyusunan data, serta analisisdan penafsiran data tersebut. Penelitian deskriptif dapat bersifat komparatif denganmembandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu; analitis kualitatif untuk menjelaskan fenomena dengan aturan berpikir ilmiah yang diterapkan secarasistematis tanpa menggunakan model kuantitatif; atau normatif dengan mengadakanklasifikasi, penilaian standar norma, hubungan dan kedudukan suatu unsur denganunsur lain.
Penelitian teoritis
adalah penelitian yang hanya menggunakan penalaransemata untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Proses penelitian dapat dimulaidengan menyusun asumsi dan logika berpikir. Dari asumsi dan logika tersebutdisusun praduga (konjektur). Praduga dibuktikan atau dijelaskan menjadi tesis dengan jalan menerapkan secara sistematis asumsi dan logika. Salah satu bentuk penerapanasumsi dan logika untuk membentuk konsep guna memecahkan soal adalah
2
 
membentuk model kuantitatif. Dalam beberapa penelitian teoritis tidak diadakanpengumpulan data.
Penelitian ekperimental
adalah penelitian yang dilakukan denganmenciptakan fenomena pada kondisi terkendali. Penelitian ini bertujuan untukmenemukan hubungan sebab-akibat dan pengaruh faktor-faktor pada kondisi tertentu.Dalam bentuk yang paling sederhana, pendekatan eksperimental ini berusaha untukmenjelaskan, mengendalikan dan meramalkan fenomena seteliti mungkin. Dalampenelitian eksperimental banyak digunakan model kuantitatif.
Penelitian rekayasa
(termasuk penelitian perangkat lunak) adalah penelitianyang menerapkan ilmu pengetahuan menjadi suatu rancangan guna mendapatkankinerja sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Rancangan tersebut merupakansintesis unsur-unsur rancangan yang dipadukan dengan metode ilmiah menjadi suatumodel yang memenuhi spesifikasi tertentu. Penelitian diarahkan untuk membuktikanbahwa rancangan tersebut memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Penelitian berawaldari menentukan spesifikasi rancangan yang memenuhi spesifikasi yang ditentukan,memilih alternatif yang terbaik, dan membuktikan bahwa rancangan yang dipilih dapatmemenuhi persyaratan yang ditentukan secara efisiensi, efektif dan dengan biayayang murah. Penelitian perangkat lunak komputer dapat digolongkan dalam penelitianrekayasa.Dalam melakukan riset kita perlu mengelompokkan topik-topik dalam berbagaikategori. Beberapa kategori riset antara lain :
Astronomi
Mempelajari sistem energi matahari, bintang-bintang dan alam semesta
3

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yanti Rambe liked this
Nur Kholiq liked this
Rizky Caem liked this
Sunardi Tukimin liked this
Sunardi Tukimin liked this
piruto_az liked this
bentarigan77 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->