Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KETAHANAN NASIONAL

KETAHANAN NASIONAL

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
Published by qqq6679

More info:

Published by: qqq6679 on Jan 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2012

pdf

text

original

 
1
BAB I.PENDAHULUAN
 
Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsayang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan,Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatandan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsungataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas sertakelangsungan hidup bangsa dan negara.Dalam perjuangan mencapai cita-cita/tujuan nasionalnya bangsa Indonesiatidak terhindar dari berbagai ancaman-ancaman yang kadang-kadangmembahayakan keselamatannya. Cara agar dapat menghadapi ancaman-ancamantersebut, bangsa Indonesia harus memiliki kemampuan, keuletan, dan daya tahanyang dinamakan ketahanan nasional.Kondisi atau situasi dan juga bisa dikatakan sikon bangsa kita ini selalu berubah-ubah tidak statik. Ancaman yang dihadapi juga tidak sama, baik jenisnyamaupun besarnya. Karena itu ketahanan nasional harus selalu dibina danditingkatkan, sesuai dengan kondisi serta ancaman yang akan dihadapi. Dan inilahyang disebut dengan sifat dinamika pada ketahanan nasional. Kata ketahanannasional telah sering kita dengar disurat kabar atau sumber-sumber lainnya.Mungkin juga kita sudah memperoleh gambarannya.Untuk mengetahui ketahanan nasional, sebelumnya kita sudah tau arti dariwawasan nusantara. Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamik yangdimiliki suatu bangsa, yang didalamnya terkandung keuletan dan ketangguhanyang mampu mengembangkan kekuatan nasional.Kekuatan ini diperlukan untuk mengatasi segala macam ancaman,tantangan, hambatan dan gangguan yang langsung atau tidak langsung akanmembahayakan kesatuan, keberadaan, serta kelangsungan hidup bangsa dannegara. Bisa jadi ancaman-ancaman tersebut dari dalam ataupun dari luar.
 
2
 
BAB IIKETAHANAN NASIONAL INDONESIAL
 
1.
 
Perkembangan Ketahanan NasionalDewasa ini istilah ketahanan nasional sudah dikenal diseluruhIndonesia. Dapat dikatakan bahwa istilah itu telah menjadi milik nasianal.Ketahanan Nasional baru dikenal sejak permulaan tahun 60 an. Pada saat ituistilah itu belum diberi devenisi tertentu. Disamping itu belum pula disusunkonsepsi yang lengkap menyeluruh tentang ketahanan nasional. Istilahketahanan nasional pada waktu itu dipakai dalam rangka pembahasanmasalah pembinaan ter itorial atau masalah pertahanan keamanan padaumumnya.Walaupun banyak instansi maupun perorangan pada waktu itumenggunakan istilah ketahanan nasional, namun lembaga yang secara seriusdan terus-menerus mempelajari dan membahas masalah ketahanan nasionaladalah lembaga pertahanan nasional atau lemhanas. Sejak Lemhanasdidirikan pada tahun 1965, maka masalah ketahanan nasional selalumemperoleh perhatian yang besar.Sejak mulai dengan membahas masalah ketahanan nasional sampaisekarang, telah dihasilkan tiga konsepsi.Pengertian atau devenisi pertamaLemhanas, yang disebut dalam konsep 1968 adalah sebagai berikut :Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan kita dalammenghadapi segala kekuatan baik yang datang dari luar maupun dari dalamyang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup Negara dan bangsa Indonesia.Pengertian kedua dari Lemhanas yang disebut dalam ketahanannasional konsepsi tahun 1969 merupakan penyempurnaan dari konspsi pertama yaitu :a.
 
Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan suatu bangsa yangmengandung kemampuan untuk memperkembangkan kekuatan nasionaldalam menghadapi segala ancaman baik yang datang dari luar maupun
 
3
 
yang datang dari dalam yang langsung maupun tidak langsungmembahayakan kelangsungan hidup Negara Indonesia. b.
 
Ketahanan nasional merupakan kodisi dinamis suatu bangsa, berisikeuletan dan ketangguahan, yang mengandung kemampuanmengembangkan kekuatan nasional,didalam menghadapi didalammenghadapi dan mengisi segala tantangan, ancaman ,hambatan, sertagangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam, yang langsungmaupun tidak langsung membahayakan integritas,identitas , kelangsunganhidup bangsa dan Negara serta perjuangan mengejar perjuangan nasional.Apabila kita bandingkan dengan yang terdahulu, maka akan tampak  perbedaan antara lain seperti berikut :a.
 
Perumusan 1972 bersifat universal, dalam arti bahwa rumusan tersebutdapat diterapkan dinegara-negara lain, terutama di Negara-negara yangsedang berkembang. b.
 
Tidak lagi diusahakan adanya suatu devenisi, sebagai gantinyadirumuskan apa yang dimaksud kan dengan istilah ketahanan nasional.c.
 
Jika dahulu ketahanan nasional di identikkan dengan keuletan dan dayatahan , maka ketahanan nasional merupakan suatu kondisi dinamis yang berisikan keuletan dan ketangguhan, yang berarti bahwa kondisi itu dapat berubah.d.
 
Secara lengkap dicantumkan tantangan, ancaman , hambatan, sertaganguan.e.
 
Kelangsungan hidup lebih diperinci menjadi integritas, identitas, dankelangsungan hidup.Dalam pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia JendralSuharto di depan siding DPR tanggal 16 Agustus 1975, dikatakan bahwaketahanan nsional adalah tingkat keadaan dan keuletan dan ketangguhan bahwa Indonesia dalam menghimpun dan mengarahkan kesungguhankemampuan nasional yang ada sehingga merupakan kekuatan nasional yangmampu dan sanggup menghadapi setiap ancaman d an tantangan terhadap

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->