Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Visual Basic 6.0

Modul Visual Basic 6.0

Ratings: (0)|Views: 1,031 |Likes:
Published by Mardiono

More info:

Published by: Mardiono on Jan 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2013

pdf

text

original

 
Modul Ms. Visual Basic 6.0 A. Halim, S. Kom
1
DASAR-DASAR VISUAL BASIC 6.0
Berbicara tentang bahasa pemrograman komputer, sebagian besar orang pasti mengenalVisual Basic. Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman komputer yang berjalan pasasistem operasi Windows. Bahasa pemrograman adalah sekumpulan perintah/instruksi yangdimengerti oleh komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu.
1.1
 
Sekilas Tentang Visual Basic 6.0
 Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemrograman (
Language Program
), jugasering disebut sebagai sarana (
Tool
) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasisWindows. Secara umum ada beberapa manfaat yang diperoleh dari pemakaian programVisual Basic, diantaranya :
 
Dipakai dalam membuat program aplikasi berbasis Windows.
 
Dipakai dalam membuat obyek-obyek pembantu program, seperti fasilitas Help, KontrolActiveX, aplikasi Internet dan sebagainya.
 
Digunakan untuk menguji program (
Debugging
) dan menghasilkan program akhir EXEyang bersifat
Executable
atau dapat langsung dijalankan.Banyak fasilitas baru yang ditawarkan oleh Visual Basic 6.0, diantaranya penambahankoleksi fungsi, fasilitas
Native Code
, penambahan Interface baru, dan lain-lain. Selainmenyediakan tipe data sendiri yang berupa argumen atau properti dan metode publik, VisualBasic 6.0 juga dapat menghasilkan array dari suatu fungsi atau properti suatu prosedur.Terdapat fasilitas
Native Code
untuk mengkompilasi
Source Code
agar dihasilkanaplikasi dengan waktu eksekusi yang lebih cepat. Selain itu Visual Basic 6.0 menyediakantiga macam Interface yang digunakan untuk merancang aplikasi sesuai kebutuhan, yaituMDI (
Multiple Document Interface
), SDI (
Single Document Interface
) dan
Explorer DocumentInterface
.
1.1.1
 
Fasilitas Terbaru Visual Basic 6.0
Sejak dikembangkan pada tahun 80-an, bahasa pemrograman Visual Basic terusberusaha menambah fasilitas-fasilitas baru untuk mendukung kinerjanya. Beberapafasilitas terbaru dari Visual Basic 6.0 diantaranya :
 
Modul Ms. Visual Basic 6.0 A. Halim, S. Kom
2
 
Menggunakan Platform
Developer Studio
 
Fasilitas ini memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ danVisual J++. Kelebihannya pemakai program Visual Basic 6.0 dapat belajarbahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat, tanpa harus belajar dariawal lagi.
 
Sarana Akses Data
Sarana akses data Visual Basic 6.0 jauh lebih cepat dan handal untuk membuataplikasi database yang berkemampuan tinggi. Beberapa fasilitas database antaralain ADO (
ActiveX data Object
), Data Binding Dynamis, OLE DB pada interfaceCOM (
Component Object Model
), Query Designer dan Database Designer, SetupWizard dan Data Report, Data Source dan Window Data View, SQL Editor,Kontrol FlexGrid, Data Repeater dan lain-lain.
 
Memiliki Compiler
Terdapat fasilitas
Compiler 
yang handal untuk menghasilkan file-file Executableyang lebih cepat dan efisien dari sebelumnya.
 
ActiveX dan Internet
Kontrol ActiveX sudah mulai dikenal sejak diluncurkannya Visual Basic versi 5.0,yang digunakan untuk merancang aplikasi sehingga mampu mengakses WindowsBrowser Internet dan Intranet.Pada Visual Basic 6.0 kemampuan ini ditambah sehingga fasilitas Internet yangdisediakan meliputi aplikasi IIS, aplikasi DHTML, Web Publisihing Wizard danlain-lain.
 
Sarana Wizard
Wizard adalah sarana untuk mempermudah dalam pembuatan aplikasi denganmengotomatisasi tugas-tugas tertentu. Setup Wizard telah dikembangkansehingga mampu digunakan untuk distribusi melalui Internet dan proses instalasikomponen Remote Server yang menggunakan
Distributed COM 
(DCOM), dan
Remote Automation
. Beberapa Wizard yang telah dikembangkan di Visual Basic6.0 antara lain Setup Wizard, Data Form Wizard, Toolbar Wizard, ApplicationWizard, Class Builder Utility, Data Object Wizard dan Add-In Wizard.
 
Modul Ms. Visual Basic 6.0 A. Halim, S. Kom
3
 
Koleksi Kontrol Baru
Beberapa kontrol baru telah ditambahkan ke dalam Visual Basic 6.0 yangtentunya lebih canggih serta peningkatan kaidah struktur bahasa Vasual Basic.Beberapa kontrol baru antara lain ADO Data, Flat Scrollbar, DataGrid,Hierarchical FlexGrid, Coolbar, DataList, DataCombo, Data Repeater,DateTimePicker, dan Image Combo.
 
Memiliki Beberapa Versi
Visual Basic 6.0 memiliki beberapa versi/edisi yang disesuaikan dengan kebutuhanpemakainya. Beberapa versi Visual Basic 6.0 yang sering ditemui di pasaranantara lain :
 
Standard Edition (Learning Edition)
Versi ini berisi berbagai sarana dasar dari Visual Basic 6.0 untukmengembangkan aplikasi.
 
Professional Edition
Versi ini berisi tambahan yang dibutuhkan oleh para programmer professional,misalnya tambahan kontrol-kontrol program, pemrograman Internet,Compiler untuk membuat file Help dan sarana pengembangan database yanglebih baik.
 
Enterprise Edition
Versi ini dikhususkan bagi para programmer yang ingin mengembangkanaplikasi
Remote Computing
atau aplikasi
Client/Server 
.
1.2
 
Memulai Program Visual Basic 6.0
Mengingat program Visual Basic 6.0 berjalan pada system operasi Windows, tentusebelum memulai mengoperasikan program tersebut kita harus mengaktifkan terlebih dahulusystem operasi Windows.Setelah mengaktifkan system operasi Windows, kita dapat mengaktifkan programVisual Basic 6.0 dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
mametjito liked this
1 hundred reads
Ftg Wwfdf liked this
Yossi Ochi Yup liked this
Deden Fauzi liked this
Nuradi Idris liked this
Tyna Soares liked this
andosstt liked this
Isty Hara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->