Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pasar Monopoli

Makalah Pasar Monopoli

Ratings: (0)|Views: 2,643|Likes:

More info:

Published by: Kakana Tebigianti Pamungkas on Jan 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
Makalah Pasar Monopoli
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Dewasa ini, banyak dari kita yang tidak bisa mendefinisikan pasar monopoli. Kegiatanmonopoli sendiri terkadang kita jumpai di suatu negara. Di suatu negara ada juga yangmenerapkan kegitan monopoli di dalam suatu pasar. Kegiatan tersebut juga sangatberpengaruh pada perekonomian di suatu negara. Maka dari itu sebelum menginjak lebih jauh kegiatan monopoli ini kita lebih baik menganalisa kegitan monopoli di dalam makalahini.Dengan pembuatan makalah ini diharapkan kita dapat mengetahui pengertian dan ciri-ciri pasar monopoli. Kita juga dapat mengetahui sistem pasar di negara kita. Selain itu, kitadapat mengetahui kelebihan serta kelemahan pasar monopoli.
1.2
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa pengertian pasar monopoli?2.
 
Apa ciri-ciri dari pasar monopoli?3.
 
Apa faktor-faktor yang menimbulkan monopoli?4.
 
Bagaimana mengetahui pemaksimuman keuntungan dalam pasar monopoli?5.
 
Bagaimana mengetahui kemungkinan mengetahui mendapat untung yang berlebihan?6.
 
Bagaimana mengetahui ketiadaan kurva penawaran?7.
 
Bagaimana mengetahui diskriminasi harga dalam monopoli?8.
 
Bagaimana mengetahui kebijakan pemerintah dalam ekonomi alamiah?9.
 
Bagaimana mengetahui kelebihan dan kelemahan monopoli?
1.3
 
Tujuan dan Manfaat
1.
 
Dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompokdengan baik.2.
 
Memberi pelatihan berbasis kompetensi untuk mengembangkan keterampilan mengamatidan mendokumentasikan semua aspek yang berkaitan dengan pasar monopoli.
 
3.
 
Mengetahui pengertian pasar monopoli.4.
 
Mengetahui ciri-ciri pasar monopoli.5.
 
Mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli.
BAB IIPEMBAHASAN2.1 PENGERTIAN PASAR MONOPOLI 
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaansaja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang penggantiyang sangat dekat. 
2.2 CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI 
Ciri-ciri dari pasar monopoli antara lain:
1.
 
Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan
Sifat ini sudah secara jelas dilihat dari definisi monopoli di atas, yaitu hanya ada satusaja perusahaan dalam industri tersebut. Barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapatdibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau merekamenginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopolitersebut.
2.
 
Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
Barang yang dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapatdigantikan olehbarang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barangyang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip
(close substitute)
yang dapatmenggantikan barang tesebut.
3.
 
Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
Sifat inimerupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyaikekuasaan monopoli. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghidarkanberlakunya keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan dalampasar monopoli.Ada yang bersifat legal yaitu dibatasi dengan undang-undang. Ada yang bersifatteknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh. Danada pula yang bersifat keuangan yaitu modal yang diperlukan sangat besar.
4.
 
Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar maka,perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau
 price setter 
. Dengan
 
mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkanperusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikendakinya.
5.
 
Promosi Iklan Kurang Diperlukan
Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidakperlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapunperusahaan monopoli dering membuat iklan. Iklan tersebut bukalah bertujuan untukmenarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
2.3 FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN MONOPOLI
 Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan)monopoli. Ketiga faktor tersebut adalah:1.
 
Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki olehPerusahaan Lain.Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatau sumberdaya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaanair minum di suatu kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yangmemiliki sumber daya yang unik.2.
 
Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala Ekonomi
(Economies of Scale)
hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat Tinggi.Di dalam abad ini perkembangan teknologi berlaku sangat pesat sekali. Di berbagaikegiatan ekonomi tingkat teknologi adalah sedemikian modernnya sehingga produksi yangefisien hanya dapat dilakukan apabila jumlah produksinya sangat besar dan meliputi hampirseluruh produksi yang diperlukan di dalam pasar.Keadaan seperti ini berarti suatu perusahaan hanya akan menikmati skala ekonomiyang maksimum apabila tingkat produksinya adalah sangat besar jumlahnya.Pada waktu perusahaan mencapai keadaan di mana biaya produksi mencapaikeadaan di mana biaya produksi mencapai minimum, jumlah produksi adalah hampirmenyamai jumlah permintaan yang wujud dalam pasar. Dengan demikian, sebagai akibatdari skala ekonomi yang demikian sifatnya, perusahaan dapat menurunkan hargabarangnya apabila produksi semakin tinggi. Pada tingkat produksi yang sangat tinggi, hargaadalah sedemikian rendahnya sehingga perusahaan-perusahaan baru tidak akan sanggupbersaing dengan perusahaan yang terlebih dahulu berkembang. Keadaan ini mewujudkanpasar monopoli.Suatu industri yang skala ekonominya mempunyai sifat seperti yang diterangkan diatas adalah perusahaan yang dikatakan merupakan monopoli alamiah atau
naturalmonopoly 
. Monopoli alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa umum
(utilities)
seperti perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, danprusahaan amgkutan kereta api.3.
 
Monopoli Wujud dan Berkembang Melalui Undang-undang yaitu Pemerintah Memberi HakMonopoli Kepada Perusahaan TersebutDi dalam undang-undang pemerintah yang mengatur kegiatan perusahaan-parusahaan terdapat beberapa peraturan yang akan mewujudkan kekuasaan monopoli.Peraturan-peraturan yang seperti itu adalah :1.
 
Peraturan paten dan hak ciptaPerkembangan ekonomi yang pesat terutama menimbulkan oleh perkembanganteknologi. Untuk mengembangkan teknologi kadang-kadang diperlukan waktu bertahun-tahun dan biaya yang sangat besar. Oleh sebab itu kegiatan dan pengeluaran untukmengembangkan teknologi tidak akan dilakukan perusahaan apabila hasil jerih payahmereka dengan mudah dicontoh atau dijiplak oleh perusahaan lain.Agar usaha mengembangkan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan barangbaru akan memberi keuntungan kepada perusahaan, haruslah pemerintah melarang dan

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Usrhy Gordon liked this
yyorezki liked this
Yuliuthelaw Lius liked this
Dony Hardi liked this
Ramma Fals liked this
Rita Umra Sita liked this
Khairon Bahri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->