Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
165Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lumpuh Separuh Badan

Lumpuh Separuh Badan

Ratings:

4.82

(11)
|Views: 7,084 |Likes:
Published by Syukri La Ranti
Laporan PBL Neuropsikiatri kasus Lemah Separuh Badan.

Sebenarnya laporan ini masih belum sempurna. Masih butuh banyak revisi dibanyak tempat.

Jadi, jangan langsung lahap apa yang ada di sini.

Manfaatkan dengan baik.
Laporan PBL Neuropsikiatri kasus Lemah Separuh Badan.

Sebenarnya laporan ini masih belum sempurna. Masih butuh banyak revisi dibanyak tempat.

Jadi, jangan langsung lahap apa yang ada di sini.

Manfaatkan dengan baik.

More info:

Published by: Syukri La Ranti on Nov 11, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

 
 A.Skenario
Seorang laki laki 54 tahun dibawa ke dokter swasta karena tiba tibamengalami hemiparese kiri dengan mulut mencong ke kanan dua hari yang lalu. Ia juga menderita nyeri kepala dan muntah-muntah. Beberapa saat setelahmengalami lemah separuh badan, penderita sulit diajak komunikasi
 B.Kata Kunc
1.Laki - laki 54 tahun2.Tiba – tiba Hemiparese kiri3.Mulut mencong kanan4.Nyeri kepala dan muntah5.Sulit diajak komunikasi6.Mengantu7.2 hari yang lalu (progresifitas)
C.Klasifikasi Kata Suli
1.Hemiparese
= kelumpuhan atau kelemahan otot-otot lengan tungkai berikut wajah pada salah satu sisi tubuh. Kelumpuhan
biasanya terjadi 
disebabkan oleh lesi vaskular unilateral di
kapsula interna atau korteksmotorik.
1
2.Mulut mencong kanan
= disebabkan karena lemahnya otot sebelah kiri,sehingga mulut tertarik dengan tegangan yang tidak sama besar ke arahotot yang masih normal (cenderung tertarik ke kanan).Dengan gambaran seperti ini, maka hemiparesis yang terjadi pada pasien adalahhemiparesis tipikal.
1
 
 D.Pertanyaan
1.Bagian tubuh manakah dari pasien yang terserang berdasarkan scenario?Dilihat dari gejala gejala yang diderita oleh pasien yakni lumpuhsetengan badan dan nyeri kepala serta muntah, maka kemungkinan besar  pasien mengalami gangguan pada encephalonnya. Khusus untuhemiparesis, gangguan biasanya terjadi karena adanya lesi vaskuler unilateral di kapsula interna atau korteks motorik. Sedangkan gangguannyeri kepala dan muntah terjadi karena adanya peningkatan tekanan intra-kranial.2.Bagaimana mekanisme terjadinya peningkatan tekanan intracranial?Dalam keadaan normal tekanan intracranial dipengaruhi oleh aktivitassehari – hari dan dapat meningkat sementara waktu sampai tingkat yang jauh lebih tinggi dari normal. Beberapa aktivitas tersebut di antaranyaadalah pernapasan abdominal dalam, batuk dan mengejan. Kenaikansementara TIK tidak mengakibatkan rusaknya jaringan otak.Ruangan intracranial adalah suatu ruangan kaku yang terisi penuh sesuaidengan kapasitasnya dengan unsure yang tidak dapat ditekan: otak (1400g), LCS (75 ml), dan darah (75 ml). Peningkatan volume pada salah satudari ketiga unsure utama ini mangakibatkan desakan ruang yang ditempatioleh unsure lainnyadan menaikan TIK.
 Hipotesis Monro-Kellie
memberikan suatu contoh konsep pemahaman tentang kenaikan TIK. Teoriini menyatakan bahwa tulang tengkorak tidak dapat meluas sehingga bilasalah satu ketiga ruangnya meluas, dua ruang lain harus mengompensasidengan mengurangi volumenya (bila TIK masih konstan). Mekanisme
 
kompensasi intracranial ini terbatas, tetapi terhentinya fungsi neural inidapat menjadi parah apabila mekanisme ini gagal. Kompensasi terdiri darimeningkatnya aliran CSF ke dalam canalis spinalis dan adaptasi otaterhadap peningkatan tekanan tanpa peningkatan TIK. Mekanismekompensasi yang berpotensi mengakibatkan kematian adalah penurunanaliran darah ke otak dan pergeseran otak ke arah bawah atau horizontal(herniasi) bila TIK meningkat. Dua Mekanisme terakhir dapat berakibatlangsung pada fungsi saraf. Apabila peningkatan TIK berat dan menetap,Mekanisme kompensasi tidak efektif dan peningkatan tekanan dapatmenyebabkan kematian neuronal.
2
3.Hal apa saja yang dapat menyebabkan peningkatan TIK?Tumor otak, cedera otak (trauma), edema otak seperti darah, dan obstruksialiran CSF.
2
4.Berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien dalam skenario, hal apa yangmungkin dapat menyebabkan peningkatan TIK?Pada pasien dalam scenario, mengalami gejala peningkatan TIK yang tiba – tiba. Sehingga segala kemungkinan seperti tumor otak dan obstruksialiran CSF dapat ditiadakan. Sebab kedua hal tersebut memperlihatkanmanifestasi klinik seperti nyeri secara bertahap. Bukannya tiba – tiba.Kemudain trauma juga tidak bisa dijadikan alasan peningkatan TIK meskipun ini dapat menyebabkan peningkatan TIK yang tiba – tiba. Tapimengingat pasien tidak mengalami trauma sebelum mengalami gangguan,maka kemungkinan peningkatan TIK karena trauma dapat ditiadakan. Jadiyang menjadi kandidat utama (suspek) dalam scenario pasien ini adalahadanya edema otak seperti darah yang meningkatkan TIK.
3

Activity (165)

You've already reviewed this. Edit your review.
Dde Linda liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Bayu Dellonge liked this
Defri Lajira liked this
Tuthy Reszeh liked this
Sri Astuti liked this
Vini Yulia Anhar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->