Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jagad Raya

Jagad Raya

Ratings: (0)|Views: 243 |Likes:
Published by Dha Bedha Putrie

More info:

Published by: Dha Bedha Putrie on Jan 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2013

pdf

text

original

 
 Jagad Raya
Pengertian Jagad Raya
Secara umum, Jagat raya/alam semesta/cosmos adalah sebuah ruang yangsangat luas (tak terukur) tempat segenap benda langit berada, termasuk bumi tempatmanusia hidup.Menurut paham materialisme dialetika KARL MARX, jagad raya adalahkumpulan materi berukuran tak hingga yang telah ada sejak dulu kala dan akan terusada selamanya.
Teori Pembentukan Jagad Raya
a.
 
T
eori Ledakan Besar (
T
eori Big-Bang)
Menurut teori ini, dahulu kala galaksi-galaksi ini pernah saling berdekatan.Dengan demikian, semua galaksi dalam jagad raya berasal dari massa tunggal. Dalamkeadaan massa tunggal, jagad raya memiliki suhu dan energi sangat besar. Untuk ituhanya ledakan besarlah yang dapat menghancurkannya menjadi serpihan-serpihansebagai awal jagad raya.
T
eori Dentuman Besar menyatakan bahwa alam semesta ini bermula dari suatuledakan dahsyat (Big Bang) dan galaksi akan meluas tanpa batas.
T
eori lahir daripemikiran ahli fisika Amerika (George Gamow). Ia mengatakan bahwa pada mulanya,alam semsta ini seperti bola raksasa yang sangat padat. Bola raksasa ini terdiri darineutron dan tenaga pancaran yang disebut ¶Ylemµ (diucapkan ¶ailem·).Sekitar 18 milyar tahun yang lalu, ylem ini meledak dahsyat. Bola mengembangsehingga berkurang kepadatannya dan turunlah suhunya dari milyaran derajad hingga jutaan derajad. Pada suhu sekitar 60 juta derajad semua neutron berubah menjadiproton dan elektron. Bersamaan dengan suhu yang menurun, terbentuklah semua unsuryang ada di alam sekarang ini. Pada suhu sekitar 300 derajad semua unsur berubahmenjadi gas. Gumpalan gas inilah yang menjadi awal dari sebuah galaksi.
 
b.
 
T
eori Jagad RayaMengembang
T
ampaknya
T
eori Jagad Raya Mengembang merupakan kelanjutan dari teoriDentuman Besar. Para ahli menemukan bahwa gerak galaksi yang salingmenjauh itu menunjukkan tanda-tanda makin melambat. Pelambatan inimenghasilkan suatu spekulasi bahwa alam semesta ini melengkung positif.Apabila benar demikian maka berarti alam semesta ini tak bertepi tetapi tidaktanpa batas. Sehingga, pada suatu waktu semua materi akan berhenti dan mulaimengerut lagi sebagai akibat gaya (tarik) gravitasi.c.
 
Semua materi akan termampat lagi menjadi sebuah bola raksasa danselanjutnya akan meledak lagi.
T
erbentuklah alam semsta seperti yang kita alamisaat ini. Selama proses mengembang dan mengkerut, memampat dan meledaktiada materi yang rusak atau tercipta, melainkan hanya beubah tatanannya.d.
 
T
eori Keadaan
T
etap
T
eori Keadaan
T
etap menyebutkan bahwa alam semesta selalu memuai dengan lajutetap dan materi baru terus menerus tercipta. Akibatnya, dalam ruang tertentu selaludipadati oleh materi yang berjumlah tetap.
T
eori ini diajukan oleh ahli kosmologibangsa Inggris (Fred Hoyle, Herman Bondi dan
T
homas Gold). Dikatakan bahwa alamsemesta ini tak berawal dan tak berakhir. Di mana-mana sama setiap saat. Agar alamsemesta selalu dalam keadaan begitu maka perlu diciptakan bahan baru secarasinambung.
e.
 
Bahan baru ini menimbulkan tekanan yang memaksa alam semesta memuai secaraterus-menerus. Bahan baru tersebut selanjutnya memadat menjadi galaksi untukmengisi kekosongan yang ditimbulkan karena pemuaian.
 
Pandangan Manusia Tentang Jagad Raya
a.
 
Pandangan Antroposentris ( Antropos = manusia, centrum/centris =pusat)Antroposentris adalah pandangan yang menyatakan bahwa manusia sebagaipusat segalanya di alam ini.b.
 
Pandangan Geosentris ( geo = bumi )
 
Geosentris adalah pandangan yang menganggap bumi sebagai pusat jagat raya.Ahli pendukung pandangan ini antara lain
T
hales dan Anaximanderc.
 
Pandangan Heliosentris ( helios = matahari)Heliosentris adalah pandangan yang menyatakan bahwa pusat jagat rayaadalah matahari. Pelopor pandangan ini adalah Nicolaus Copernicusf.
 
Pandangan GalaktosentrisGalaktosentris yaitu pandangan yang menyatakan bahwa pusat alam semestaadalah galaksi. Pandangan ini merupakan hasil kemajuan ilmu pengetahuan danteknologi
STRUKTUR JAGAD RAYA
  Jagad raya kita diperkirakan berumur sekitar 15 miliar tahun. Isi jagad raya yang sudahberhasil diamati, berupa :
1. Materi nampak,
T
erdiri dari benda-benda angkasa yang menghasilkan cahaya atau memantulkancahaya sehingga keberadaaanya dapat kita amati. Struktur benda angkasa dari kecilhingga besar adalah sebagai berikut :- Matahari, bintang, planet, bulan, asteroida, dll-
T
ata surya- Galaksi- Cluster galaksi
a. Bintang 
Bintang
merupakan be
nda langit yang menghasilkan atau mempunyai radiasi/cahaya
sendiri akibat reaksi inti di
 
dalamnya
.
Derajat kekuatan cahaya bintang ditentukanberdasarkan magnitude, semakin kecil magnitudo suatu bintang, makin terang cahayabintang tersebut.Cahaya ini keluar dari reaksi fusi, yang memberi energi untukmempertahankannya dari tarikan gravitasi sehingga tidak runtuh. Jika bintang

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
emterifai liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->