Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
39Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENILAIAN TES DAN NON TES

PENILAIAN TES DAN NON TES

Ratings: (0)|Views: 2,211 |Likes:

More info:

Published by: Putri Ayu Asmaningtyas Lintangsari on Jan 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Menurut PP No. 19 Tahun 2005 Tentang standar Nasional Pendidikan, penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses,kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester,ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian ini digunakan untuk: menilai pencapaian kompetensi peserta didik; bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; danmemperbaiki proses pembelajaran.Hasil belajar dan proses belajar tidak hanya dinilai oleh tes, baik melalui bentuk tesuraian maupun tes objektif, tetapi juga dapat dinalia dengan alat non tes atau bukan tes. Alat –alat bukan tes yang sering digunakan antara lain ialah kuesioner dan wawancara, unjuk kerja, skala (penilaian, sikap, minat), observasi atau pengamatan, study kasus, dansosiometri. Penggunaan nontes untuk menilai hasil dan proses belajar masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan menggunakan alat melalui tes dalam meniali hasil dan proses belajar. Para guru pada umumnya lebih banyak menggunakan tes daripada non tes,mengingat alatnya mudah dibuat, penggunaannya lebih praktis, dan yang dinalai terbatas pada aspek kognitif berdasarkan hasil yang diperoleh siswa setelah menyelesaikan pengalaman belajarnya.
B.Rumusan Masalah
1.Apa yang dimaksud dengan instrument penilaian?2.Apa saja bentuk-bentuk instrument penilaian?
C.Tujuan
1.Mengetahui pengertian instrument penilaian.2.Mengetahui bentuk-bentuk instrument penilaian.
1
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.Pengertian Penilaian
Dari beberapa sumber yang ada, suatu penilaian memilki pengertian sebagai berikut:1.
Penilaian
adalah Kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambunganuntuk: Memperoleh, menganalisis dan menafsirkan hasil belajar peserta didik sehinggamenjadi informasi yang bermakna untuk pengambilan keputusan dalam menentukantingkat pencapaian kompetensi.2.
Penilaian
adalah semua cara yang digunakan untuk menilai unjuk kerja individu ataukelompok.3.
Penilaian
adalah Proses pengumpulan penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.
B.Bentuk-Bentuk Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian terdiri dari instrument penilaian tes dan instrument penilaian non tes.
1.Tes
 Tes merupakan alat untuk menaksir kemampuan seseorang secara tidak langsung, yaitumelalui respons seseorang terhadap stimulus. Bentuk-bentuk tes :
a.Tes Objekti
 Tes objektif adalah salah satu jenis tes hasil belajar yang terdiri daributir-butir soal (items) yang dapat dijawab oleh testee dengan jalanmemilih salah satu atau lebih jawaban di antara beberapakemungkinan jawaban yang telah dipasangkan pada masing-masingitems, atau dengan jalan menuliskan (mengisikan) jawaban berupakata-kata atau simbol-simbol tertentu pada tempat yang telah
 
disediakan untuk masing-masing butir item yang bersangkutan. Tesobjektif dapat dibedakan menjadi lima golongan yaitu :
1)
 Tes objektif bentuk benar salah
Tes benar salah adalah bentuk tes yang mengajukan beberapa pernyataan yang bernilai benar atau salah. Biasanya ada dua pilihan jawaban yaitu huruf B yang berarti pernyataan tersebut benar dan S yang berarti pernyataan tersebut salah.Tugas peserta tes adalah menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah.Contoh salah satu tes bentuk uraian adalah :B S : Ibukota Peru berjumlah lima buah.
B S : Manado adalah Ibukota propinsi Sulawesi Utara
2)
 Tes objektif bentuk menjodohkan
Menjodohkan terdiri atas satu sisi pertanyaan dan satu sisi jawaban, setiap pertanyaan mempunyai jawaban pada sisi sebelahnya. Siswa ditugaskan untuk memasangkan atau mencocokkan, sehingga setiap pertanyaan mempunyai jawaban yang benar.
3)
 Tes objektif bentuk isian
Tes isian terdiri dari kalimat yang dihilangkan (diberi titik-titik). Bagian yangdihilangkan ini yang diisi oleh peserta tes merupakan pengertian yang dimintaagar pernyataan yang dibuat menjadi pernyataan yang benar. Contoh:1.Yang merupakan nama asli dari Sultan Hamengkubuwono X adalah …..2.Para filsuf zaman modern menegaskan bahwa pengetahuan tidak berasal darikitab suci atau ajaran agama, tidak juga dari para penguasa, tetapi dari dirimanusia sendiri. Namun tentang aspek mana yang berperan ada beda pendapat. Aliran ……………….. beranggapan bahwa sumber pengetahuanadalah rasio: kebenaran pasti berasal dari rasio (akal). Aliran ……………,sebaliknya, meyakini pengalamanlah sumber pengetahuan itu, baik yang batin, maupun yang inderawi.
4)
 Tes objektif bentuk pilihan ganda
3

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rendra Dwicahya liked this
Lailatul Qodria liked this
ester_sipayung liked this
Fitri Maria liked this
Rizma Meitarusi liked this
Yuyu Ydw liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->