Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ded-krabyakan

ded-krabyakan

Ratings: (0)|Views: 84 |Likes:
Published by Hanoman Wendit

More info:

Published by: Hanoman Wendit on Jan 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN AKHIR
I
- 1
 
Jl. Candi Panggung - Perum. Taman Indah Soekarno HattaKav. 12 Malang - 65143 Telp./Fax. 408316
Pembuatan
Detail Engineering Design
(DED)Jaringan Trasmisi Air Bersih KrabyakanDan Bangunan Pelengkapnya
1.1 LATAR BELAKANG PEKERJAAN
Pembangunan sarana dan prasarana air bersih merupakan salah satu upayameningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab ituprioritas utama pembangunan air bersih ditujukan pada daerah-daerah yangrawan air bersih, rawan penyakit atau desa tertinggal. Disamping itu tidakmenutup kemungkinan daerah yang mempunyai potensi tertentu, misalnyapengembangan pariwisata atau industri kecil juga dijadikan sasaranpembangunan untuk mendukung pengembangan daerah tersebut.Pada hakekatnya pembangunan prasarana dan sarana air bersih bertujuan untukmemenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat secara memadai danberkesinambungan baik dalam hal kuantitas, kualitas dan kontinuitas sehinggadapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup bagi masyarakat.Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok dan merupakan materi yangdiklasifikasikan sebagai merit goods dimana keberadaannya merupakankebutuhan pokok baik dimusim kering maupun dimusim penghujan, dibeberapatempat diwilayah perkotaan dan perdesaan pemenuhan kebutuhan air bersihmerupakan masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan, hal ini berkaitandengan ketersediaan sumber air yang sangat terbatas, kebutuhan biaya sertateknologi pengolahan sebelum dimanfaatkan oleh berbagai masyarakat untukberbagai keperluannya.Permasalahan yang terjadi saat ini di perkotaan dan perdesaan di wilayahPropinsi Jawa Timur, sekitar 60 % masyarakatnya masih dalam kondisi sangatsulit untuk mendapatkan air bersih. Berdasarkan pengamatan textur tanah dan jenis litologi diwilayah Jawa Timur ini, kecenderungannya menggambarkankeberadaan potensi air tanah dan potensi air tanah dan potensi air permukaansebagai air baku sangat minim dan tidak tersebar secara merata sehingga hal inimengakibatkan banyak wilayah perkotaan dan perdesaan yang menjadi rawanair.
 
LAPORAN AKHIR
I
- 2
 
Jl. Candi Panggung - Perum. Taman Indah Soekarno HattaKav. 12 Malang - 65143 Telp./Fax. 408316
Pembuatan
Detail Engineering Design
(DED)Jaringan Trasmisi Air Bersih KrabyakanDan Bangunan Pelengkapnya
Guna mendukung misi penyediaan air baku, khususnya untuk keperluankebutuhan air baku domestik di Kabupaten Sidoarjo, pemerintah KabupatenMalang dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, Energi & Sumber Daya Mineralmelaksanakan pekerjaan Pembuatan Detail Engineering Design (DED) JaringanTransmisi Air Bersih Krabyakan Dan Bangunan Pelengkapnya .
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN PEKERJAAN
Maksud dari perencanaan ini pada dasarnya adalah dalam rangkamempersiapkan Detail Perencanaan Teknis (D.E.D) untuk pelaksanaanpembangunan fisik Penyediaan Sarana dan Prasarana Air Bersih agar sesuaidengan kebutuhan spesifik setempat, yaitu memenuhi kebutuhan air bersihpenduduk Kabupaten Sidoarjo.Tujuan dari perencanaan ini adalah menetapkan perencanaan sarana air bersihyang memungkinkan untuk dilaksanakan di daerah tersebut.
1.3 LOKASI PEKERJAAN
Lokasi Pekerjaan Pembuatan Detail Engineering Design (DED) JaringanTransmisi Air Bersih Krabyakan Dan Bangunan Pelengkapnya meliputi beberapawilayah, sebagai berikut :a) Kabupaten Malang :
 
Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawangb) Kabupaten Pasuruan
 
Kecamatan Purwosari
 
Kecamatan Wonorejo
 
Kecamatan Sukorejo
 
Kecamatan Pandaan
 
Kecamatan Gempol
 
Kecamatan Bangilc) Kabupaten Sidoarjo
 
Kecamatan Porong
 
LAPORAN AKHIR
I
- 3
 
Jl. Candi Panggung - Perum. Taman Indah Soekarno HattaKav. 12 Malang - 65143 Telp./Fax. 408316
Pembuatan
Detail Engineering Design
(DED)Jaringan Trasmisi Air Bersih KrabyakanDan Bangunan Pelengkapnya
1.4 LINGKUP PEKERJAAN
Berdasarkan uraian tugas yang terangkum dalam “Kerangka Acuan Kerja /Term ofRefference (TOR)” pihak konsultan berkewajiban untuk melakukan PembuatanDED Jaringan Transmisi Air Bersih dan Bangunan Pelengkapnya.Secara garis besar pelaksanaan pekerjaan Pembuatan DED Jaringan TransmisiAir Bersih dan Bangunan Pelengkapnya, meliputi :1. Survey Topgrafi dan pengumpulan data gambar lokasi titik-titik patok.2. Pembuatan Trace Pipa3. Analisa Hidrolika Pipa4. Desain Tandon dan WTP5. Desain Kolam Penduduk6. Desain Bak Pelepas Tekan7. Analisa Sesnsivitas Ekonomi
1.5 SISTEMATIKA LAPORAN
Penyusunan Dalam laporan akhir untuk pelaksanaan pekerjaan ini, secara garisbesar berisi bab-bab sebagai berikut :
1.2.1
 
Pendahuluan ( Bab I )
Pada bab ini berisi sistematika laporan akhir.
1.2.2
 
Lokasi Pekerjaan ( Bab II )
Pada bab ini akan dijelaskan tentang gambaran Lokasi Pekerjaan.
1.2.3
 
Kajian Lokasi Perencanaan ( Bab III )
Pada bab ini diuraikan tentang pemanfaatan lokasi perencanaan danpenanganan akibat pemanfaatan lokasi tersebut.
1.2.4
 
Analisa Hidrolika ( Bab IV )
Pada bab ini akan diuraikan tentang kemungkinan alternatif-alternatifhidrolika perencanaan sistem jaringan transmisi yang pada lokasiperencanaan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->