Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KONSEP MEDIS

KONSEP MEDIS

Ratings: (0)|Views: 823|Likes:

More info:

Published by: Uddhie Yusdi Neonatus on Jan 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2012

pdf

text

original

 
[
GASTRITIS
]
 
KLP 2 _S1 Kep_08_NHM
 
KONSEP MEDIS
1.
 
Definisi
Gastritis adalah inflamasi dari mukosa lambung. Gastritismerupakan suatu keadaan peradangan atau perdarahan mukosa lambung yang dapat bersifat akut, kronis, difus atau lokal (Patofisiologi, Sylvia APrice hal 422)Gastritis adalah Suatu peradangan permukaan mukosa lambung yang akut dengan kerusakan kerusakan erosi.Gastritis merupakan salah satu penyakit yang paling banyakdijumpai diklinik Penyakit Dalam ( IPD jilid II Edisi 3)Gastritis terbagi dua yaitu :Gastritis akutKelainan klinis akut yang jelas penyebabnya dengan tanda dan gejala yang khas. Biasanya ditemukan sel inflamasi akut dan neurofil. Salahsatu bentuk gastritis akut yang sering dijumpai di klinik ialahgastritis akut erosiGastritis KronisInflamasi lambung yang lama fapat disebabkan oleh ulkus benignaatau maligna dari lambung, atau oleh bakteri Helicobacter pyloryPenyebabnya tidak jelas, sering bersifat multifactor denganperjalanan klinik yang bervariasi. Kelainan ini berkaitan erat denganinfeksi H.pylor (Erfandi, 2009)
2
.
 
Etiologi
 
[
GASTRITIS
]
 
KLP 2 _S1 Kep_08_NHM
 
Penyebab dari Gastritis dapat dibedakan sesuai denganklasifikasinya:Gastritis AkutPenyebab penyakit ini, antara lain :Obat- obatan : Aspirin , obat anti inflamasi nonsteroid ( AINS )AlkoholGangguan mikrosiskulasi mukosa lambung : trauma, luka bakar, sepsis.Stress Fisis : Luka bakar, sepsis, trauma pembedahan , dll.Secara Makroskopik terdapat lesi erosi mukosa dengan lokasi berbeda.Jika ditemukan pada korpus dan fundus, biasanya disebabkan karenastress. Jika disebabkan karena obat-obatan AINS, Terutama ditemukandidaerah antrum, namun dapat juga menyeluruh. Sedangkan secaramikroskopik, terdapat erosi dengan regenerasi epitel, dan ditemukanreaksi sel inflamasi neutrofil yang minimalGastritis KronikPenyebab dan patogenesis pada umumnya belum diketahui Gastritis inimerupakan kejadian biasa pada orang tua, dan Sering dijumpai bersamadengan penyakit lain Beberapa peneliti menghubungkan dengan prosesimunologi .
3
.
 
Patofisiologi
Gastritis AkutZat iritasi yang masuk ke dalam lambung akan mengiitasi mukosa lambung.Jika mukosa lambung teriritasi ada 2 hal yang akan terjadi :
 
[
GASTRITIS
]
 
KLP 2 _S1 Kep_08_NHM
 
1
.
 
Karena terjadi iritasi mukosa lambung yang befungsi sebagaikompensasi lambung. . Maka sekresi mukosa yang berupa HCO3 akanmeningkat. Di lambung HCO3 akan berikatan dengan NaCL sehinggamenghasilkan HCI dan NaCO3.Hasil dari penyawaan tersebut akan meningkatkan asam lambung. Jikaasam lambung meningkat maka akan meningkatkan mual muntah, makaakan terjadi gangguan nutrisi cairan & elektrolit2.
 
Iritasi mukosa lambung akan menyebabkan mukosa inflamasi, jikamukus yang dihasilkan dapat melindungi mukosa lambung darikerusakan HCL maka akan terjadi hemostatis dan akhirnya akanterjadi penyembuhan tetapi jika mukus gagal melindungi mukosalambung maka akan terjadi erosi pada mukosa lambung. Jika erosi initerjadi dan sampai pada lapisan pembuluh darah maka akan terjadiperdarahan yang akan menyebabkan nyeri dan hypovolemik.Gastritis KronikGastritis kronik disebabkan oleh gastritis akut yang berulangsehingga terjadi iritasi mukosa lambung yang berulang-ulang dan terjadipenyembuhan yang tidak sempurna akibatnya akan terjadi atrhopikelenjar epitel dan hilangnya sel pariental dan sel chief. Karena selpariental dan sel chief hilang maka produksi HCL. Pepsin dan fungsiintrinsik lainnya akan menurun dan dinding lambung juga menjadi tipisserta mukosanya rata, Gastritis itu bisa sembuh dan juga bisa terjadiperdarahan serta formasi ulser.Helicobacter pylori merupakan bakteri gram negatif. Organisme inimenyerang sel permukaan gaster, memperberat timbulnya desquamasi seldan munculah respon radang kronis pada gaster yaitu : destruksi kelenjardan metaplasia. Metaplasia adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->