Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
50Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Efikasi Diri

Efikasi Diri

Ratings: (0)|Views: 1,952 |Likes:
Published by septiadhi wirawan

More info:

Published by: septiadhi wirawan on Jan 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
A.
 
DefinisiEfikasi diri merupakan sebuah istilah yang diciptakan oleh Albert Bandura berkaitandengan teori belajar sosial. Menurut bandura, efikasi diri berhubungan dengan kepercayaandiri seseorang untuk dapat mencapai apa yang diinginkannya. Oleh karena itu, efikasiberhubungan erat dengan motivasi. Individu yang mempunyai efikasi diri yang tinggi dapat memotivasi dirinya sendiri untuk dapat konsisten menjalani usaha untuk mencapai hasil yangdiinginkan.Secara definitif, menurut Bandura (1997) Self Efficacy adala keyakinan seseorang bahwa iadapat menguasai situasi dan menghasilkan luaran yang positif. Menurut Wallatey (2001)efikasi didefinisikan sebagai kapasitas untuk mendapatkan hasil atau pengaruh yangdiinginkannya, dan orang yang diinginkan. Definisi lain dari efikasi antara lain adalahkeyakinan seseorang tentang kemampuanya untuk melaksanakan suatu tingkah laku denganberhasil (Jones, dkk 1998). Secara keseluruhan, efikasi berarti kepercayaan diri terhadapkompetensi diri. Kepercayaan terhadap kompetensi ini berkaitan dengan sifat sifat yangmengantarkan seseorang untuk mencapai keberhasian, antara lain integritas, kerendahan hatikesetiaan, pengontrolan diri, keberanian, keadilan, kesabaran, kerajinan, kreatifitas dankesederhanaan.Melihat efikasi diri berarti melihat bagaimana seseorang menjalani kehidupannya (howthey live their live). Mengukur kapasitas diri berhubungan dengan seberapa jauh seseorangmengerti konsep diri nya sendiri. Konsep diri adalah sebuah pandangan yang lahir daripengalaman langsung individu selama hidup dan bagaimana orang yang berpengaruh disekitar individu memberikan penilaian kepada dirinya. Hal ini berhubungan denganbagaimana individu itu dapat menimbang perbedaan antara dirinya yang ideal dan actual.Efikasi diri juga tidak dapat disamakan dengan kepercayaan diri. Walaupun kedua hal initerkadang muncul bersamaan di hamper setiap fenomena, namun dalam kenyataannya keduahal ini merujuk kepada dua hal yang berbeda. Efikasi diri berhubungan dengan pandangan diriterhadap kapasitas dalam dirinya, sedangkan kepercayaan diri berhubungan denganpandangan diri terhadap nilai diri. Kepercayaan diri erat berkaitan dengan kebanggan,bagaimana sebuah pekerjaan yang dilakukan dapat meningkatkan kepercayaan diri, sedangkanefikasi diri berhubungan dengan bagaimana sebuah pekerjaan dengan baik dapat dicapai.
 
Efikasi berhubungan dengan pencapaian. Karena pencapaian memerlukan sebuah target maka lahirlah sebuah ekspektasi sebagai bentuk pengharapan mencapai target yangdiinginkan. Ekspektasi hasil (outcome expectation) adalah perkiraan atau estimasi diri bahwatingkah laku yang dilakuan itu akan mencapai hasil tertentu. Efikasi adalah penilaian diri,bagaimana individu menimbang setiap perbuatan yang akan dilakukan, baik dan benar, tepat atau salahnya untuk mendapatkan apa yang di ekspektasikan. Bandura (1997) mengatakanbahwa ekspektasi menentukan perilaku atau kinerja dilakukan atau tidak, oleh karena ituekspektasi sangat menentukan kontribusi pada perilaku bahkan juga menjadi penentu lamaatau tidaknya suatu perilaku dapat dipertahanka dengan masalah. Individu yang mempunyaiekspektasi yang tinggi pasti mempunyai perilaku yang mencerminkan sebuah usaha untuk mencapai hal tersebut. Dengan rendahnya ekspektasi, maka individu akan berpikir untuk memberikan kontribusi terhadap sebuah usaha, rendahnya ekspektasi akan memberikanrendahnya tingkat partisipasi individu pada suatu aksi.Ekspektansi Luaran__ +Protest GriavanceSocial ActivismMilieu ChangeProductive engagement AspirationPersonal satisficationResignationApathySelf DevaluationDespondency
Tabel 2.1 Efek dari perbedaan hubungan antara efikasi diri danekspektasi luaran pada perilaku dan sikap. Plus minus melambangkanpositip dan negatip efikasi diri dan ekspektasi luara. (Diambil dari
Self Efficacy 
, Albert Bandura 1997)
B.
 
Sumber dari Efikasi1.
 
Pengalaman KeberhasilanPengalaman keberhasilan sangat mempengaruhi efikasi, dapat diambil garis besarbahwa keberhasilan meningkatkan efikasi sedangkan kegagalan akan menurunkannya.
 
Efikasi Diri_ +
 
Semakin kepecayaan terhadap efikasi personal seseorang meningkat, maka performa nyaakan semakin baik. Namun demikian, keberhasilan dan kegagalan tidak langsungmenghasilkan kenaikan dan penurunan terhadap efikasi diri. Perubahan pada efikasidihasilkan dari perubahan proses kognitif yang didapat dari kepemahaman terhadapkapabilitas yang mereka miliki setelah keberhasilan atau kegagalan yang dialami dievaluasi.2.
 
Pengalaman orang lainKapabilitas seseorang tidak hanya dapat dipelajari melalui pengalaman-pengalamankeberhasilan yang telah dicapai. Memperbandingkan pengalaman pribadi denganpenglaaman orang lain yang memiliki kemiripan dapat membentuk efikasi diri padaindividu. Proses pengambilan model sosial ini terjadi karena terdapat kekurangankemampuan diri untuk mengasesmen secara mandiri kapabilitas yang dimiliki, oleh karenaitu proses modeling dilakukan dengan pemikiran bahwa apabila orang lain dapat melakukannya, maka individu itu pun dapat melakukannya. Oleh karena itu seberapa miripmodel dengan individu mempengaruhi tingkat efikasi yang dicapai. .3.
 
Persuasi sosialPersuasi sosial memerankan peran dalam menguatkan penilaian diri terhadapkapabilitas personal individu. Informasi yang didapat dari luar dapat meningkatkankeyakinan akan kemampuan diri seseorang. Seseorang yang diberi keyakinan dari luar akanmenunjukan usaha yang lebih besar ketimbang yang tidak dan juga dapat menghilangkanketidak percayaan terhadap kemampuan diri dan kerentanan diri ketika masalah muncul.Persuasi sosial pada diri seseorang menghasilkan performa, yang pada kelanjutannya akanmembutuhkan umpan balik kembali.C.
 
Pengembangan Efikasi sepanjang PerkembanganEfikasi dalam diri manusia berkembang sesuai dengan masa perkembangan manusia.Sesuai dengan masa perkembangannya, manusia diberikan beban tanggung jawabperkembangan yang bertahap, semakin tinggi semakin sulit. Oleh karena itu, efikasi dalam diriseseorang pun tidak akan statis, efikasi dapat berkurang maupun bertambah sesuai denganbagaimana individu melakukan evaluasi terhadap setiap fase kehidupan yang telah dijalaninya.

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Vaa Tivaa liked this
Erna Kirey added this note
tolng donk, instrument penelitian tentang efikasi diri....
Hazlin Hamizi liked this
Henny Cahyani liked this
Alek Akbar liked this
rahmad0912 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->