Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pkn_Budaya Politik

pkn_Budaya Politik

Ratings: (0)|Views: 489|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Tri Widjaya Putranto on Jan 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2012

pdf

text

original

 
Nama: Tri Widjaya PKelas: XI IPA 4PKn1. Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli
 Terdapat banyak sarjana ilmu politik yang telah mengkaji tema budayapolitik, sehingga terdapat variasi konsep tentang budaya politik yang kitaketahui. Namun bila diamati dan dikaji lebih jauh, tentang derajat perbedaankonsep tersebut tidaklah begitu besar, sehingga tetap dalam satupemahaman dan rambu-rambu yang sama. Berikut ini merupakanpengertian dari beberapa ahli ilmu politik tentang budaya politik.
a. Rusadi Sumintapura
Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu danorientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggotasuatu sistem politik.
b. Sidney Verba
Budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimanatindakan politik dilakukan.
 
c. Alan R. Ball
Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap,kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengansistem politik dan isu-isu politik.
d. Austin Ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentangpolitik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama; sebuah polaorientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.
e. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr.
Budaya politik berisikan sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yangberlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khususyang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi.
f. Walter A Rosenbaum
Walter A Rosenbaum menyebutkan, budaya politik dapat didefinisikandalam dua cara. Pertama, jika terkonsentrasi pada individu, budaya politikmerupakan fokus psikologis. Artinya bagaimana cara-cara seseorang melihatsistem politik. Apa yang dia rasakan dan ia pikir tentang simbol, lembaga
 
dan aturan yang ada dalam tatanan politik dan bagaimana pula iameresponnya. Kedua, budaya politik merujuk pada orientasi kolektif rakyatterhadap elemen-elemen dasar dalam sistem politiknya. Inilah yang disebut“pendekatan sistem”.
g. Gabriel Almond (1966)
Budaya politik adalah pola sikap dan orientasi individu terhadap politikdiantara anggota sistem politik.
h. Samuel Beer
Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emositentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apayang harus dilakukan oleh pemerintah.
i.Almond
dan
Verba
 Mendefinisikan budaya politik sebagai suatu sikap orientasi yang khaswarga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikapterhadap peranan warga negara yang ada di dalam sistem itu.
 j. Pye
Menurut Pye, indikator-indikator kebudayaan politik suatu bangsamencakup faktor-faktor seperti wawasan politik, bagaimana hubungan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->